Resensi Teknik-teknik memori yang sukses

Teknik-teknik Memori yang Sukses-500x500Memori adalah inti dari segala kegiatan seseorang. Melatih memori membantu keseluruhan otak seseorang untuk bekerja lebih baik. Selain itu rasa percaya diri seseorang akan muncul ketika menghadapi berbagai tantangan, di kampus, di kantor dan di rumah karena mampu menyimpan informasi penting dan mengaksesnya dengan mudah sehingga dapat menghemat waktu dan meraih lebih banyak hal. Sejumlah teknik dapat membantu untuk menata pikiran, meningkatkan kreativitas, dan mempercepat proses berpikir seseorang.
Kemampuan otak, pola pikir negatif, dan sikap mental postif merupakan bagian awal dari bagaimana cara kerja otak. Berbagai informasi baru membanjiri kita:nama, teknik, prosedur, peraturan, fakta, ide-ide yang baru. Dengan tingkat stress yang tinggi, kebutuhan untuk berkomunikasi dengan cepat berikir secara kreatif pun meningkat pesat-namun tidak banyak orang yang merasa siap secara mental untuk mengahadapi semua itu. Pola pikir negatif tak terhindarkan seperti anda mempersipkan diri anda untuk gagal, bahkan sebelum anda mencoba sesuatu;ketakutan atau kegagalan terus menjebak anda dalam “zona nyaman’ yang sudah anda kenali-namun mengendalikan anda.
“Saat kau berpikir kau bisa atau tidk bisa melakuknnya, kau benar!”. Henry Ford
Kebiasaan, manusia adalah makhluk dengan tindakan dan pikiran yang sudah dibiasakan. Kita menyukain rutinitas, melakukan berbagai hal dengan cara yang terbaik, melainkan hanya dengan cara yang biasa kita lakukan. Biasanya kita bahkan tidak menyadari bahwa kita bekerja dengan cara yang sudah dibiasakan, yang menjauhkan kita dari pilihan-pilihan yang dapat meningkatkan kesuksesan kita secara dramatis. Sikap mental positif sangat diperlukan untuk mengembangkan cara berpikir anda.
Teknik-teknik memori yang sukses ini dapat diterapkan dalam seminggu, mulai dari minggu: yang membahas kerangkan berpikir yang benar, senin: membahas otak anda yang luar biasa, Selasa: membahas berpikirlah seperti seorang genius, Rabu bagaimana mengingat segalanya, kamis: membahas belajar untuk mempelajari, jumat: membahas kemampuan bersama orang lain, dan sabtu membahas proses belajar seumur hidup: rencana personal pengembangan memori anda. Akan tetapi apabila pemustaka tidak mengikuti prosedur untuk menerapkan teknik-teknik memori yang sukses yang digunakan, tentu akan menyebabkan teknik tersebut tidak efektif.
Buku ini memberikan pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat bagi pemustaka tentang teknik-teknik memori yang sukses dalam seminggu yang dapat dimplementasikan di kehidupan sehari – hari , seperti di kantor, di kampus, dan dirumah.
“ Kemampuan mengingat membatu anda untuk bekerja secara efisien, beradaptasi dengan perubahan, dan tetap tenang di bawah tekanan yang dihadapi.”
Judul : Teknik-teknik memori yang sukses
Pengarang : Jonathan Hancock dan Cheryl Buggy
Tahun Terbit : 2014
Penerbit : Indeks
Resensi Oleh : Gani Nur Pramudyo
Buku ini tersedia di : Perpustakaan Universitas Brawijaya

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts