Perjuangan bukan penderitaan

Motivasi – kita hidup pasti memiliki sebuah citacita atau sebuah tujuan hidup yang hendak diwujudkan dan kelak akan tercapai. lalu bagaimana dengan tujuan hidup anda ? apakah tujuan anda sudah  tercapai ? apa rencana anda untuk mewujudkan tujuan anda tersebut ? ataukah anda tidak memiliki tujuan yang jelas?

Tiga pertanyaan di atas merupakan pertanyaan dasar, tentang bagaimana manusia untuk memiliki tujuan. Lalu apakah yang dimaksud tujuan ?, tujuan merupakan hal sederhana berkaitan dengan haluan, yang dituju, atau sebuah tuntutan. Untuk mewujudkan tujuan, hal yang lazim dilakukan adalah dengan berjuang untuk mencapai tujuan. Berjuang ? thats right, berjuang /perjuangan adalah hal yang wajib anda lakukan untuk mencapai tujuan. kemudia  bagaimana cara berjuang untuk mencapai tujuan ? setiap anda memiliki cara berjuang masing-masing, akan tetapi hal dasar untuk dapat segera meraih tujuan adalah dengan menetapkan planning(rencana) jangka pendek, menengah dan panjang. Memang rencana adalah hal yang sudah sering anda  dengar, akan tetapi rencana tersebut , harus anda implementasikan. ingat “rencana hanya akan menjadi arsip, apabila tidak di implementasikan”,

DSC02475

Implemenntasi rencana penting, disini saya tidak akan membahas tentang bagaimana tips membuat rencana dan mengimplementasikan rencana tersebut, akan tetapi saya akan lebih menekankan pada sudah sejauh mana anda berada di lingkungan anda ? berapa  usia anda sekarang 20 tahun ? atau  40 tahun ? pertanyaannya adalah ketika anda masih di usia 20 tahun, tentu anda sudah mulai untuk meniti karir dan mempersiapkan untuk mewujudkan tujuan anda, lalu bagaimana dengan usia  anda saat ini yang sudah 40 tahun atau lebih dari 40 tahun ? ketika saat ini anda sudah berusia 40 tahun atau lebih akan tetapi tujuan anda belum tercapai dan anda masih berjuang keras untuk dapat mencapai tujuan anda, apakah itu yang disebut perjuangan ? lalu kemanakah anda selama ini  ketika anda masih berusia  20 tahun ?

Perjuangan memang kadang tak adil, tinggal bagaimana anda menilai perjuangan tersebut. Ketika anda terus berjuang, dan berjuang dengan sekuat tenaga 99 kali (pepatah lama), akan tetapi perjuangan anda tidak membuahkan hasil,berhentilah, tanyakan pada diri anda sendiri apa yang membuat tujuan anda belum tercapai. Mintalah pendapat orang lain (Seorang yang Ahli dibidangnya) untuk dapat membantu permasalah anda.

Benar, hidup anda penuh perjuangan , akan tetapi jangan salah mengartikan bahwa anda masih terus berjuang ketika usia anda memasuki senja(tua) , bukankah itu yang disebut penderitaan. Hidup penuh penderitaan ?

 

oleh : Pramudyo, Gani Nur

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts