Resensi buku Rahasia di Balik Kata-kata : Ucapan-Ucapan Anda Mencerminkan Kekuatan Hidup Anda

Di era globalisasi, teknologi informasi seolah menjadi ‘raja’ dalam ragam aktifitas kita, bahasa yang kita pakai pun menjadi semakin inferior. Fungsi bahasa disini, tak hanya lebih sebagai alat komunikasi yang miskin makna. Bahkan tak jarang bahasa digantikan oleh kecanggihan ‘mesin’ sehingga tak perlu menggunakan kata-kata yang terikat struktur gramatikal maupun semantik, karena dinilai primitif. Bahasa kian terpojok dari riuhnya kehidupan modern. Akibatnya, bahasa yang kita pakai menjadi kehilangan makna semantis, estetis, serta sosiolinguistiknya.

Asal usul bahasa lahir karena keinginan manusia untuk berkomunikasi dengan kelompoknya dan karena dorongan individu (faktor psikologis). Bahasa mencerminkan perilaku manusia, dengan bahasa akan terlihat seseorang itu beradab, beretika-tidak beretika, sopan-tidak sopan. Bahasa merupakan bagian integral materi yang dipergunakan manusia untuk menilai manusia lain.

rahasia dibalik kata-kata

Buku ini merupakan buku dengan genre motivasi yang memberikan makna tentang kuatnya bahasa dalam memberikan pengaruh terhadap diri sendiri maupun orang lain, mengajarkan tentang drama kehidupan manusia dan memberikan motivasi diri. Buku setebal 240 halaman ini terbagi menjadi beberapa 5 (lima) bab. Dimulai dengan pendahuluan, sejarah peradaban bahasa, drama kehidupan manusia, motivasi diri dan penutup. Di dalam drama kehidupan manusia, untuk hidup ‘sukses’ anda hanya membutuhkan usaha dan sedikit keberuntungan. Sementara untuk menggapai arti hidup yang benar-benar utuh, anda memerlukan karakter dan cara pandang mendasar atas hidup dan kehidupan. Hal lain yang harus anda terapkan ialah membiasakan diri untuk senantiasa bersyukur. Ini perlu anda terapkan sebagi penyeimbang ketika anda merasa tidak maksimal. Tanpa motivasi apapun akan terasa sulit menggapai apa yang anda cita-citakan. Motivasi diri perlu dibangun, dengan cara memperluas wawasan, mengembangkan gambar diri yang sehat,menemukan kekuatan dibalik pikiran dan perkataan, lepaskan masalalu-biarkanlah ia pergi, menemukan kekuatan didalam keadaan yang paling buruk sekalipun, yakinkanlah dengan keyakinan anda dan memilih untuk berbahagia hari ini.

Dengan membaca buku ini, banyak hal yang diperoleh seperti wawasan mengenai sejarah peradaban bahasa yang meliputi asal usul bahasa, perkembangan bahasa, fungsi bahasa, pengaruh bahasa keindahan dan kekuatan bahasa dan bagaimana implementasinya dalam kehidupan manusia. Penggunaan kata yang digunakan oleh penulis menggunakan bahasa yang terstruktur sehingga perlu dibaca pelan, secara pelan-pelan, bahkan perlu diulang untuk kemudian dicerna dan untuk direnungkan. Secara keseluruhan buku ini memberikan motivasi kepada pembaca, sehingga setelah pembaca membaca buku ini tentu akan memberikan wawasan yang harus dipahami dan direnungkan pembaca.

Buku ini sangat cocok dibaca untuk mereka yang ingin mengetahui rahasia dibalik kata-kata;ucapan anda mencerminkan kekuatan hidup anda dan motivasi-motivasi hidup dan pengaruhnya terhadap diri sendiri dan orang lain. Cocok juga dibaca bagi para motivator dan pecinta buku motivasi. Bagi masyarakat umum, juga bisa menumbuhkan dan menambah motivasi hidup, menggunakan kata-kata dengan bijak untuk membangkitkan motivasi diri dan orang lain. Mengutip kata-kata bermakna yang diambil dari buku ini “Hari ini Anda adalah orang yang sama dengan lima tahun mendatang, kecuali dua hal : orang-orang di sekeliling Anda dan buku-buku yang Anda baca.”- Charles Jones-

GANI NUR PRAMUDYO- MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FIA UB

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts