Resensi buku: Living Wealth

PIC_17-05-23_19-35-14

Buku berjudul “Living Wealth: Temukan bagaimana 12 bagian kehidupan anda dalam keseimbangan dan keselarasan” merupakan karya Roz townsend. Ros Townsend merupakan mediator berasal dari Australia, dalam sesi pelatihan mediasi dan konflik, Roz Townsend membantu orang untuk berkomunikasi dengan kemurahan hati, tanggung jawab dan integritas. Selain itu Roz Townsend juga seorang penulis 10 buku laris internasional yang diterjemahkan dan tersedia di India, Yunani, Turki, Rumania, Slovenia, China, Kroasia, Spanyol, Indonesia, Amerika Serikat dan tentu saja Australia dan Selandia Baru. Beberapa bukunya seperti Learning Wealth: Mencintai Belajar dari A-Z, Reading Wealth: Cara memperbaiki kemampuan baca dan pemahaman dalam enam langkah mudah dan buku dalam seri selanjutnya health wealth.

Setiap orang memiliki definisi sendiri mengenai kata “sukses”, sukses yang berarti kekayaan materiil atau kekayaan non materiil atau bahkan keduanya. Definisi sukses berbeda satu dengan lainnya, hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan pemaknaan masing-masing orang. Pertanyaan yang harus terjawab adalah apa sukses terbesar dalam hidupmu?. Setiap orang tentunya punya jawaban yang beragam. Namun, disini tentunya setiap orang memiliki pandangan tentang tokoh atau seseorang yang sukses dimasa ini yang dapat dijadikan acuan atau contoh orang sukses.
Dalam meraih kesuksesan terdapat bagian – bagian yang harus dikelola, disembangkan dan diselaraskan yaitu :
1. Hubungan
Hubungan merupakan sumber yang paling berharga yang dimiliki oleh seseorang. Hubungan seperti keluarga keluarga, diri sendiri dan spiritual harus selaras dengan tindakan. Penilaian terhadap suatu hubungan memiliki nilai – nilai tersendiri, setiap orang harus dapat menyeimbangkan hubungan tersebut.
2. Kesejahteraan pribadi
Kesejahteraan pribadi dapat diperoleh dari kesehatan, keuangan, kebugaran fisik dan pendidikan. Orang yang sehat, memiliki sumber finansial yang mencukupi, sehat fisik dan memiliki wawasan luas adalah hal ideal bagi setiap orang. Namun kita harus dapat memberikan prioritas terhadap apa yang kita jalani agar tidak terjadi ketidakseimbangan.
3. Bekerja dengan tujuan
Setiap orang bekerja tentu memiliki tujuan yang hendak dicapai dan diwujudkan. Namun beberapa pekerjaan tidak semuanya dapat dengan watak yang kita miliki, kita harus benar-benar menentukan apa yang cocok dengan watak yang kita miliki. Setelah bekerja dan tujuan kita tercapai, sudah tentu kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar (masyarakat) apa yang sudah kita berikan kepada masyarakat.

PIC_17-05-23_19-36-14

Memang hidup kaya adalah suatu hal yang banyak diinginkan orang, namun sudah semestinya kita juga harus memperhatikan sesama. Dalam buku ini banyak dikisahkan pengalaman pribadi penulis tentang beberapa kejadian yang dialaminya serta fenomena yang ada dimasyarakat. Dalam memberikan penjelasannya selalu terdapat contoh permasalahan yang relevan dengan kehidupan sekaligus dengan solusi yang dapat membantu. Terdapat juga beberapa ilustrasi pendukung yang ada dalam beberapa halaman di buku ini. Selain itu hal yang penting dalam buku adalah catatan jurnal anda:berisi tentang pertanyaan yang harus pembaca jawab dan renungkan untuk dapat lebih memahami makna dalam buku ini. Di akhir buku ini memberikan kesimpulan sekaligus pertanyaan tentang bagaimana anda menginkan kehidupan anda :
  • 20 tahun ke depan
  • 10 tahun ke depan
  • 5 tahun ke depan
  • 1 tahun ke depan
  • 6 bulan ke depan
  • 3 bulan kedepan
  • 1 minggu
  • Besok

Buku ini tersedia di : Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya

12

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts