Strategi pengembangan perpustakaan era internet

Berikut kami bagikan makalah berjudul Strategi pengembangan perpustakaan era internet:

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat, kini manusia semakin dimudahkan dengan teknologi khususnya internet. Dengan adanya internet manusia dapat mengakses informasi secara cepat dan tepat. Internet tidak hanya digunakan oleh individu tetapi juga lembaga – lembaga seperti Perpustakaan. Perpustakaan sekarang sedang gencar – gencarnya mengembang perpustakaannya di era internet sekarang ini. Perpustakaan di era internet ini mengarah pada perpustakaan digital. Perpustakaan digital merupakan sebuah perpustakaan yang berisi koleksi digital, baik layanan di tempat maupun di website perpustakaan. Perpustakaan ini memudahkan pemustaka dalam mendapatkan sumber informasi, dengan menggunakan akses internet dirumah pemustaka bisa meminjam koleksi perpustakaan melalui website perpustakaan tersebut.

Dengan demikian mengembangkan perpustakaan di era internet (perpustakaan digital) diharapkan semakin memudahkan pemustaka dalam menemukan referensi atau bahan pustaka yang di inginkan. Strategi pengembangan perpustakaan digital ini menjadi kunci dalam mewujudkan perpustakaan digital, bagaimana dan apa yang haru dilakukan dalam strategi pengembangan perpustakaan digital.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Apa yang dimaksud dengan pengembangan perpustakaan era internet ?

2. Apa fungsi dari pengembangan perpustakaan era internet ?

3. Manfaat dari pengembangan perpustakaan era internet ?

4. Strategi pengembangan perpustakaan era internet ?

C. TUJUAN

1. Memahami makna dari perpustakaan era internet..

2. Memahami dan mengerti fungsi dari perpustakaan era internet.

3. Memahami manfaat dari pengembangan perpustakaan era internet.

4. Memahami strategi pengembangan perpustakaan era internet.

Strategi Pengembangan Perpustakaan Era Internet (Perpustakaan Digital)

BAB II PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

Pengembangan perpustakaan di era internet mengarah pada perpustakaan digital. Perputakaan digital merupakan perpustakaan yang berisi koleksi digital yang pemustakannya berasal dari berbagai daerah dalam dan luar negeri baik memiliki gedung maupun maya ( di website). Pengembangan perpustakaan digital adalah upaya yang dilakukan karena dengan memanfaatkan teknologi informasi maka pemustaka akan semakin dimudahkan dalam akses informasi, bisa akses informasi dirumah dengan menggunakan jaringan internet dalam meminjam koleksi perpustakaan.

Dalam mengembangkan perpustakaan digital ini tentu tidak lepas dari proses manajemen dalam perpustakaan. Proses manajemen ini berkaitan dengan planning, organizing, staffing, directing, dan controlling. Dengan menerapkan fungsi manajemen ini, diharapkan perpustakaan digital mampu melayani dan memudakan pemustakan dengan efektif dan efisien.

2.2 MANFAAT PERPUSTAKAAN DIGITAL

Dengan adanya perpustakaan digital maka akan memberikan kemudahan bagi kepala perpustakaan, pustakawan dan pemustaka. Berikut adalah manfaat dari pengembangan perpustakaan di era internet (Perpustakaan digital) :

1. Manfaat bagi Kepala Perpustakaan

  • Memudahkan pengarahan para Pustakawan dan staf Perpustakaan dengan bantuan teknologi computer yang telah terintegrasi internet.
  • Memudahkan pengawasan terhadap para Pustakawan dan staf Perpustakaan dengan bantuan teknologi computer yang telah terintegrasi internet.
  • Memudahkan mengukur kinerja para Pustakawan dan staf dengan bantuan teknologi komputer yang telah terintegrasi internet
  • Memudahkan mengukur mutu dari Perpustakaan yang dipimpin dengan bantuan teknologi computer yang telah terintegrasi internet.

2. Manfaat bagi Pustakawan

  • Memudahkan Pustakawan dalam mengelola Perpustakaan karena referensinya berisi koleksi digital (CD/DVD) yang tidak membutuhkan tempat yang luas.
  • Memudahakan Pustakawan dalam melayani pemustaka baik dari peminjaman dan pengembalian karena telah terintegrasi internet.
  • Memudahkan pustakawan dalam perawatan atau maintenance perpustakaan digitalnya yang berada dalam website.

3. Manfaat bagi Pemustaka

  • Koleksi berbentuk digital sehingga memudahkan pemustaka dalam membawa koleksi tersebut.
  • Pemustaka tidak perlu datang ke perpustakaan hanya cukup akses internet di rumah dan meminjam koleksi perpustakan di websitenya.
  • Memudahkan dan mempercepat pemustaka dalam mencari dan menemukan bahan pustaka secara tepat.

2.3 KOMPONEN PERPUSTAKAAN DIGITAL

Berikut komponen – komponen pengembangan perpustakaan di era internet yang mengarah pada perpustakaan digital.

  1. Selection & Acquisition: seleksi konten, digitzion, converstion
  2. Organization: pembuatan katalog (katalog subjek, judul, dan pengarang)
  3. Indexing and storage: indexing of metadata and content
  4. Repository: Document Object, metadata, indexing
  5. Search and retrival: Browse, search, retrival, view content
  6. Digital library website hompage
  7. Network Connectivity: Internet
  8. User: pemustaka

2.4 STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

Dalam mengembangkan perpustakaan digital, maka hal yang harus dilakukan adalah perancangan sistem perpustakaan digital. Perancangan sistem perpustakaan digital ini meliputi beberapa kegiatan yaitu:

a. Siklus pengembangan sistem

Hal yang harus dilakukan dalam perancangan system perpustakaan digital (digital library) adalah dengan memerikasa system berdasarkan studi kelayakan dan rencana proyek, analisis sistem seperti analisiw lingkungan dan kebutuhan user, perancangan sistem produk berupa spesifikasi kebutuhan hardware dan software, data dan sumber data yang merupakan produk dari Digital Library (DL), implementasi sistem atau uji caba dan analisis hasil uji coba, dan pemeliharaan sistem (Ongoing Proses).

b. Pemeriksanaan sistem

Pemeriksaan sistem merupakan suatu kegiatan memeriksa apakah sistem yang ada dalam perpustakaan telah siap mengembangkaan perpustakaanya. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan kelayakan organisasi (apakah telah siap menjalankan perpustakaan digital),pemeriksaan kelayakan ekonomis, pemeriksaan kelayakan teknis meliputi performa program apakah telah siap,dan pemeriksaan kelayakan operasional apakah diterima oleh pemustaka.

c. Analisa sistem

Analisa sistem ini mengacu pada kebutuhan dari perpustakaan, analisa apakah sistem yang diterapkan telah sesuai denga kebutuhan pemustaka.

d. Rancangan Sistem

Rancangan sistem ini mengarah pada rancanga antar muka (mudah, menarik) , rancangan data berupa database dokumen, database user, sistem backup, dan sistem mirroring, rancangan proses seperti sistem logika, rancangan sistem fisik, spesifikasi sistem, penyebaran ,dynamic sistem, rancangan sistem logika meliputi input, proses, output, backup dan rancangan sistem fisik meliputi perangkat keras, jaringan dan penyebaran

e. Keterlibatan unsur pengembangan sistem

Keterlibatan unsur pengembangan sistem ini melibatkan tenaga luar atau pemustaka dalam mengembangkan sistem dari perpustakaan digital

f. Langkah pengembangan sistem informasi perpustakaan

Langkah pengembangan sistem informasi perpustakaan ini meliputi beberapa kegiatan yaitu

  • Mengumpulkan data setiap bagian
  • Analisis sistem
  • Menyusun struktur data
  • Mengkaji rangkaian sistem
  • Menyusun peranglat lunak
  • Melakukan uji coba
  • Menyusn buku manual
  • Pelaksanaan bimbingan dan pelatihan

g. Perancangan pengembangan

Perancangan pengembangan perpustakaan digital ini dapat dilakukan dengan cara menyusun renstra atau anggaran berdasarkan GBHU (Garis Besar Haluan Universitas) yang telah diatur, menyusun rencana program tahunan, memperbarui kebijakan perpustakaan, monitoring dan evaluasi kinerja perpustakaan, dan juga menerima masukan atau saran dari pemustaka.

BAB III PENUTUP

A. KESIMPULAN

Pengembangan perpustakaan di era internet yang mengarah ke perpustakaan digital adalah hal yang harus dilaksanakan karena selain menghemat tempat (koleksi digital) perpustakaan digital juga memberikan banyak manfaat bagi pemustaka seperti kemudahan akses informasi tanpa harus berkunjung ke perpustakaan. Untuk dapat mengembangkan perpustakaan digital maka hal yang harus diperhatikan adalah memenuhi komponen – komponen perpustakaan digital yaitu Selection & Acquisition, Organization, Indexing and storage, Repository, Search and retrival, Digital library website, Network Connectivity, dan User. Srategi pengembangan perpustakaan digital dibuat untuk dapat mewujudkan perpustakaan digital. strategi ini meliputi perancangan sistem seperti siklus pengembangan sistem,pemeriksanaan sistem, analisa sistem,rancangan sistem, keterlibatan unsur pengembangan sistem, langkah pengembangan sistem informasi perpustakaan, dan perancangan pengembangan .

B. SARAN

Bagi Lembaga Perpustakaan :Sebelum mengembangkan perpustakaan dari yang konvensional ke perpustakaa digital sebaiknya dilihat dulu situasi dan kondisi yang ada dalam perpustakaan, seperti kebutuhan akan SDM (sumber daya manusia) apakah sudah memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola perpustakaan digital.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Strategi pengembangan perpustakaan era internet "