Makalah Ekonomi - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Senin, 31 Desember 2012

Makalah Ekonomi

BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
Pemerintah adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Seperti halnya rumah tangga keluarga dan perusahaan, pemerintah juga sebagai pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi.
Pemerintahan mencangkup semua lembaga atau badan pemerintahan yang memiliki wewenang dan tugas mengatur ekonomi. Dan pemerintah terjun langsung dalam kegiatan ekonomi melalui perusahaan negara (BUMN/BUMD).
Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi memang sangat penting, salah satunya sebagai pengatur kegiatan ekonomi.
Peran pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi berarti pemerintah melakukan kegiatan konsumsi, produksi,dan distribusi.

2.      RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan data di atas saya akan menjelaskan tentang perananan pemerintah sebagai palaku dan pengatur kegiatan ekonomi baik sebagai konsumen maupun produsen.

3.   TUJUAN
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Ekonomi

4.   MANFAAT
Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu kita dapat mengetahui perananan pemerintah sebagai palaku dan pengatur kegiatan ekonomi baik sebagai konsumen maupun produsen.



BAB II
ISI

1.      Peran Pemerintah Sebagi Pengatur Kegiatan Ekonomi
Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi memang sangat penting, salah satunya sebagai pengatur kegiatan ekonomi. Berikut ini merupakan penjelasan peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian.
a.      Mengatur kegiatan ekonomi.
Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah bertugas untuk mengarahkan, mengatur, dan mengendalikan kegiatan ekonomi melalui berbagai kebijakan, peraturan perundang-undangan dan tindakan langsung di lapangan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesempatan kerja, mengendalikan harga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan menstabilkan neraca pembayaran luar negeri. Semua kegiatan ekonomi itu dilakukan untuk menciptakan suatu masyarakat yang adil dan makmur.
b.      Berperan Sebagai Konsumen.
Peran pemerintah sebagai konsumen dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan dalam tugas penyelenggaraan negara. Oleh karena itu, pemerintah membutuhkan barang dan jasa, misalnya mobil operasional, seragam pejabat, alat tulis, kertas, dan jasa perbankan. Barang dan jasa tersebut dibeli oleh pemerintah dari perusahaan atau masyarakat luar negeri.
c.       Berperan Sebagai Produsen.
Pemerintah sebagai produsen berarti berperan dalam menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa yang dihasilkan pemerintah merupakan hasil produksi yang menguasai hajat hidup masyarakat luas dan merupakan kegiatan ekonomi yang mungkin kurang menguntungkan tetapi hasil produksinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Sebagai produsen, pemerintah juga membutuhkan faktor-faktor produksi dari rumah tangga maupun dari masyarakat luar negeri.
Pemerintah dalam mengatur  kegiatan ekonomi juga berperan dalam merencanakan, membimbing, dan mengarahkan terhadap jalannya roda perekonomian demi tercapainya tujuan pembangunan nasional. Dalam rangka melaksanakan peranannya tersebut pemerintah menempuh kebijaksanaan-kebijaksanaan berikut ini.
1 ) Kebijaksanaan dalam dunia usaha
Usaha untuk mendorong dan memajukan dunia usaha, pemerintah melakukan kebijaksanaan-kebijaksanaan berikut ini.
a)   Pemerintah mengeluarkan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.
b)   Pemerintah mengeluarkan UU No. 7 Tahun 1992 mengatur tentang Usaha Perbankan.
c)   Pemerintah mengubah beberapa bentuk perusahaan negara agar tidak   menderita kerugian, seperti Perum Pos dan Giro diubah menjadi PT Pos Indonesia, Perjan Pegadaian diubah menjadi Perum Pegadaian.
2 ) Kebijaksanaan di bidang perdagangan
Di bidang perdagangan, pemerintah mengeluarkan kebijaksanaan berupa kebijaksanaan ekspor dan kebijaksanaan impor. Pemerintah menetapkan kebijakan ekspor dengan tujuan untuk memperluas pasar di luar negeri dan meningkatkan daya saing terhadap barang-barang luar negeri. Adapun kebijakan impor dimaksudkan untuk menyediakan barang-barang yang tidak bisa diproduksi dalam negeri, pengendalian impor, dan meningkatkan daya saing.
3 ) Kebijaksanaan dalam mendorong kegiatan masyarakat
a) Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana umum.
b) Kebijaksanaan menyalurkan kredit kepada pengusaha kecil dan petani.
c) Kebijaksanaan untuk memperlancar distribusi hasil produksi.


2.      Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

a. Kegiatan Konsumsi Pemerintah
Pemerintah dalam menjalankan tugasnya membutuhkan barang dan jasa. Kegiatan konsumsi pemerintah dapat berupa kegiatan membeli alat-alat tulis kantor, membeli alat-alat kedokteran, membeli peralatan yang menunjang pendidikan, menggunakan tenaga kerja untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah, dan sebagainya.

b . Kegiatan Produksi Pemerintah
Pemerintah ikut berperan dalam menghasilkan barang dan atau jasa yang diperlukan dalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Hal ini sesuai dengan UUD 1945 Pasal 33 ayat (2), yang berbunyi: “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. Pelaksanaan peran pemerintah dalam kegiatan produksi diwujudkan dalam kegiatan usaha hampir di seluruh sektor perekonomian. 
Sebagai pelaksana kegiatan produksi pemerintah mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berikut ini maksud dan tujuan pendirian BUMN berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2003.
1)      Memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya.
2)      Mencari keuntungan.
3)      Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi orang banyak.
4)      Menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi.
5)      Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat. Perhatikan pada Tabel 8.1 mengenai peran pemerintah dalam kegiatan produksi.
Pemerintah dalam menjalankan perannya sebagai pelaku ekonomi, juga  mendirikan perusahaan negara atau sering dikenal dengan sebutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Secara umum, peran BUMN dapat dilihat pada hal-hal berikut ini.
a)   Mengelola cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak.
b)   Sebagai pengelola bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya secara efektif dan efisien.
c) Sebagai alat bagi pemerintah untuk menunjang kebijaksanaan di bidang ekonomi.
d)   Menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

c . Kegiatan Distribusi Pemerintah
Selain melakukan kegiatan konsumsi, pemerintah juga berperan dalam kegiatan distribusi. Berikut ini kegiatan-kegiatan distribusi yang dilakukan pemerintah.
1)      Menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu kegiatan operasional yang ada di sekolah. Misalnya mengenai penyediaan buku-buku pelajaran, dan sebagainya.
2)      Memberi bantuan kepada rakyat miskin berupa penyaluran raskin (beras rakyat miskin) melalui BULOG. 

BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi memang sangat penting, baik sebagai pengatur kegiatan ekonomi maupun sebagai pelaku kegiatan ekonomi.
  1. Saran
Kita sebagai siswa smala kita wajib tahu tentang peran pemerintah dalam mengatur dan menjadi pelaku ekonomi.
Perbanyak membaca agar ilmu pngetahuan dan wawasan kita bertambah banyak.


MAKALAH EKONOMI










Disusun oleh
GANI NUR PRAMUDYO

KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah ini yang berjudul “ Makalah Ekonomi ” dapat kami selesaikan.
            Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Ekonomi kelas X semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012.
            Dalam penyusunan makalah ini banyak pihak yang telah membantu kami baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami tersebut baik yang secara langsung maupun tidak langsung.
            Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Kami pun menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan maupun kesalahan, seperti kata pepatah “ tak ada gading yang tak retak “ karena kami hanya manusia biasa yang masih perlu banyak belajar. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk penyusunan makalah di masa depan yang lebih baik lagi.



Kediri,      Oktober 2011
Penyusun
                       
                                                                                                                       


DAFTAR ISI

Halaman Depan....................................................................................................... i
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar Isi................................................................................................................ iii
BAB I    PENDAHULUAN.................................................................................. 1
1.      Latar Belakang.................................................................................... 1
2.      Rumusan Masalah............................................................................... 1
3.      Tujuan................................................................................................. 1
4.      Manfaat............................................................................................... 1
BAB II   ISI............................................................................................................. 2
1.      Peran Pemerintah Sebagi Pengatur Kegiatan Ekonomi...................... 2
2.      Peran Pemerintah Sebagi Pelaku Kegiatan Ekonomi.......................... 3
BAB III PENUTUP..................................................................................... 4
1.      Kesimpulan......................................................................................... 4
2.      Saran............................................................................................ ....... 4
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 5
 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done