Blogging untuk Menjadi Pebisnis Online - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Kamis, 21 Maret 2013

Blogging untuk Menjadi Pebisnis Online

Bisnis Online merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam mengembangkan usaha dan menghasilkan uang lewat media internet. Untuk dapat menghasilkan uang lewat internet  kita dapat Memanfaatkan facebook, twitter dan Blogging (menjadi Blogger) sebagai wadah kita dalam melakukan bisnis online.
Kali ini kita menggangkat Topik “Blogging untuk Menjadi Pebisnis Online”  mungkin kita sering atau jarang mendengar istilah blogging. Blogging merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang  dalam membuat atau mengelola sebuah blog dengan topik tertentu. Lalu bagaimana caranya kita dapat menjadi pebisnis online dengan membuat blog. Untuk dapat menghasilkan uang lewat blog kita harus melakukan langkah – langkah atau cara – cara berikut ini agar berhasil :
1.      Niat
Niat merupakan kunci utama kesuksesan seseorang. Dengan kita niat semua yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin karena niat merupakan dasar seseorang dalam melakukan segala tindakan baik itu bersifat positif maupun negatif. Jadi intinya kita niat terlebih dahulu sebelum membuat blog agar bisa bermanfaat dan menghasilkan.
2.      Melakukan Usaha
Usaha dilakukan atas dasar niat, dengan kita melakukan usaha berarti kita selangkah menuju kesuksesan. Lalu usaha apa yang dilakukan sebelum membuat blog tersebut ? tentunya dalam membuat blog yang perlu diperhatikan adalah
a.       Judul blog
Judul merupakan ide gagasan topik yang kita bahas, untuk dapat memilih judul kita harus memperhatikan apa yang digemari atau biasa di cari orang saat berinternet, misalnya kita membuat blog tentang Sumber Materi Presentasi.
b.      Isi blog
Setelah judul kita membuat isi blog tersebut. Isinya harus terkait dengan judul blog yang telah kita buat dan isinya usahakan membuat sendiri karena hasilnya jauh lebih baik. Misalnya kita membuat blog tentang Sumber Materi Presentasi. Lalu apa isinya? Isinya yaitu materi presentasi pelajaran, motivasi, artikel, dll.
c.       Setelah kita membuat blog lalu bagaimana agar blog kita dapat mengahasilkan uang?
I.                   Memasang Iklan
Kita dapat menghasilkan uang di blog dengan cara memasang iklan di blog kita. Yang perlu diperhatikan adalah memasang iklan secukupnya agar tidak menggangu kenyamanan pengunjug blog kita. Lalu Iklan apa yang dapat kita pasang? Kita dapat memasang iklan google, mengikuti program PPC (Pay Per Click) seperti IDBlognetwork, KlikSaya, KumpulBlogger dll. Setelah kita mendaftar di salah satu program tersebut maka kita akan mendapatkan script untuk dipasang diblog kita.
II.                Ikut Program Affiliasi
Program afiliasi merupakan program dimana kamu akan mendapatkan komisi penjualan jika kita bisa menjual produk orang biasanya komisi yang diberikan adalah 50% dari nilai jual namun bisa lebih bahkan kurang dari itu tergantung program yang kita pilih. Untuk mendapatkan penjualan Kita bisa mereview produk Afiliasi yang kita jual di blog kamu serta bisa memasng baner baner produk Afilasi di Blog. Berikut contoh-contoh program affiliasi seperti Google Affiliate, Amazon Associates, ClickBank, Commission Junction, Affiliate Fuel dll.
III.             Mengikuti program pemendekan url
Caranya yaitu kita tinggal mendaftar di situs shortener url seperti Adf, Kita akan dibayar oleh Adf apabila url yang kita pendekan dikunjungi oleh orang lain.
IV.             Upload file
Merupakan kegiatan memasukkan data ke internet, caranya yaitu kita tinggal mendaftar di situs upload file yang apabila kita upload file dan di download kita dibayar seperti Ziddu, 4shared dll
V.                Menjual Produk Sendiri
Dengan membuat produk sendiri maka kita bebas menjual produk tersebut, misalnya kita membuat ebook, jika ebook kita dibeli maka otomatis kita mendapat penghasilan.
3.      Berdoa
Dengan kita berdoa maka usaha yang kita lakukan dapat mendatangkan Rejeki, melancarkan usaha yang kita kerjakan, menangkal hal – hal yang tidak diinginkan, mendapat pahala dari Tuhan Yang Maha Esa.
Setelah kita menerapkan langkah – langkah atau cara – cara di atas maka Insyaallah kita bisa menjadi pebisnis online sukses dengan cara blogging. Lalu apa tips dan trik tambahan agar sukses sebagai pebisnis online ? tips dan triknya sama seperti yang di atas dan juga ada sedikit lagi yaitu
1.      Melakukan sesuai minat dan bakat yang kita miliki misalkan berminat membuat blog yang isinya tentang sastra, yang harus kita lakukan buat blog tersebut.
2.      Jangan menunda apa yang ingin kita buat segera kita lakukan agar cepat menghasilkan.
3.      Melakukan dengan cara step by step atau langkah demi langkah satu demi satu jangan langsung selesai begitu saja.
4.      Berani Mengambil Resiko, jika tidak berani mengambil resiko maka usaha yang kita lakukan tidak akan berkembang
5.      Fokus terhadap usaha yang kita lakukan, hindari godaan – godaan.
6.      Jangan mudah bosan dalam melakukan usaha, dengan kita senang maka usaha yang kita lakukan juga menyenangkan orang lain
Menjadi pebisnis online sebenarya mudah dilakukan oleh setiap orang tergantung pada kemauan dan cara pandang kita. Jika kita mau pasti berusaha maka kita dapat melakukannya

Sekian ......
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua amin......

Share with your friends

Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done