Laporan Penelitian tentang Pengaruh Air Terhadap Pertumbuhan Tanaman - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Rabu, 15 Maret 2017

Laporan Penelitian tentang Pengaruh Air Terhadap Pertumbuhan Tanaman

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Tumbuhan adalah makhluk hidup yang mempunyai ciri sebagaimana makhluk hidup lainnya.Salah satu ciri tumbuhan adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada tanaman dapat dilihat dari makin besarnya suatu tanaman yang disebabkan oleh jumlah sel yang bertambah banyak dan bertambah besar dan bersifat  tidak dapat balik (irreversible). Selain tumbuh, tanaman juga mengalami perkembangan. Perkembangan adalah peristiwa biologis menuju kedewasaan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan.
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, salah satunya, yaitu Air. air  merupakan petunjuk utama yang membuat benih dapat tumbuh dan berkembang.
Dari keadaan tersebut, kami  melakukan penelitian terhadap pertumbuhan biji kacang hijau  yang diberi air berbeda yaitu air biasa dan air kelapa. Biji yang mana yang cepat  tumbuh, diberi air biasa atau air kelapa. Untuk itu kami membuktikannya dengan melakukan penelitian seperti yang tercantum pada laporan ini.
B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah jenis air (air biasa/air kelapa) mempengaruhi pertumbuhan biji kacang hijau ?
2.      Adakah perbedaan pertumbuhan biji kacang hijau diberi air biasa dan air kelapa ?
3.      Faktor apa sajakah yang mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau selain jenis air ?
C.    Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukannya praktikum ini adalah sebagai berikut.
1.      Mengetahui pengaruh jenis air terhadap pertumbuhan biji kacang hijau
2.      Mengetahui perbedaan pertumbuhan biji kacang hijau yang diberi jenis air berbeda (air biasa dan air kelapa)
D.    Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari penelitian yaitu sebagai berikut.
·         Bagi siswa → Manfaat bagi siswa dengan adanya penelitian ini yaitu pengetahuan siswa tentang faktor airdalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman khususnya kacang hijau.
·         Bagi guru → Manfaat bagi guru melalui penelitianini yaitu guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa yang akan cara melakukan ujipraktek dalam hal ini mengenai pertumbuhan biji kacang hijau.

BAB II

LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS

A. Landasan Teori
Ada 2 teori yang menjadi landasan dalam praktikum, yakni :
1.       Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Sedangkan Perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaanm tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan.
Pada proses pertumbuhan selalu terjadi peningkatan volume dan bobot tubuh peningkatan jumlah sel dan protoplasma. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan bukan merupakan besaran sehingga tidak dapat diukur.Perkembangan pada tumbuhan diawalai sejak terjadi fertilisasi. Calon Tumbuhan akan berubah bentuk dari sebuah telur yang dibuahi menjadi zigot, embrio, dan akhirnya menjadi sebatang pohon. Proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diawali dengan aktivitas sintetis bahan mentah (bahan baku) berupa molekul sederhana dan molekul kompleks. Tahapan yang dilalui selama melangsungkan proses tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Tahap pembelahan sel, yaitu sel induk membelah menjadi beberapa sel anak.
b.      Tahap pembentangan, yaitu pembesaran atau peningkatan volume sel anak. Pada sel tumbuhan, peningkatan tersebut biasanya disebabkanoleh penyerapan air kedalam vakuola.
c.       Tahap pematangan, yaitu perkembangan sel anak yang telah mencapai ukuran tertentu menjadi bentuk khusus (terspesialisasi) melalui proses diferensiasi. Pada akhirnya terbentuk jaringan, organ, dan individu.
                                                                                           
2.         Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
 Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman :
a.        Faktor Internal
·           Gen
Setiap jenis tumbuhan membawa gen untuk sifat-sifat tertentu, seperti berbatang tinggi atau berbatang rendah. Tumbuhan yang mengandung gen ‘baik’ dan didukung oleh lingkungan yang sesuai akan.memperlihatkan pertumbuhan yang baik.


·           Hormon
Hormon pada tumbuhan juga memegang peranan penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan.
Auksin               : untuk membantu perpanjangan sel
Giberelin            : untuk pemanjangan dan pembelahan sel
Sitokinin            : untuk menggiatkan pembelahan sel
Etilen                 : untuk mempercepat buah menjadi matang
Asam traumalin : Merangsang pemebelahan sel di bagian tumbuhan yang luka
Kalin                  : Merangsang pembentukan organ tumbuhan sbb :
-       Rizokalin    : Untuk pembentukan akar
-       Aulokalin    : Untuk pembentukan batang
-       Filokalin      : Untuk pembentukan daun
-       Antokalin    : Untuk pembentukan bunga
b.      Faktor Eksternal
·         Air
Fungsi air antara lain :
-      Untuk Fotosintesis
-      Mengaktifkan reaksi-reaksi enzim
-      Membantu proses perkecambahan biji
-      Menjaga (mempertahankan) kelembapan
-      Untuk transpirasi
-      Meningkatkan tekanan turgor sehingga merangsang pemebelahan sel
-      Menghilangkan asam asbisat
·         Suhu / Temperatur Lingkungan
Tinggi rendah suhu menjadi salah satu faktor yang menentukan tumbuh kembang, reproduksi dan kelangsungan hidup dari tanaman.Suhu yang baik bagi tumbuhan adalah antara 22°C-37°C.Temperatur yang lebih atau kurang dari batas normal tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan yang lambat atau berhenti.
·         Kelembaban Udara
Kadar air dalam udara dapat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan. Tempat yang lembab menguntungkan bagi tumbuhan di mana tumbuhan dapat mendapatkan air lebih mudah serta berkurangnya penguapan yang akan berdampak pada pembentukan sel yang lebih cepat.


·         Cahaya Matahari
Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat melakukan fotosintesis (khususnya tumbuhan hijau).Jika suatu tanaman kekurangan cahaya matahari, maka tanaman itu bisa tampak pucat dan warna tanaman itu kekuning-kuningan (etiolasi). Pada kecambah, justru sinar matahari dapat menghambat proses pertumbuhan.
·         Nutrisi
Tumbuhan memerlukan nutrien untuk kelangsungan hidupnya.Nutrien yang dibutuhkan dalam jumlah banyak disebut unsur makro (makronutrien).Unsur makro misalnya karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen, sulfur, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium.Sedangkan nutrien yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah sedikit disebut unsur mikro (Mikronutrien).Contoh unsur mikro adalah klor, besi, boron, mangan, seng, tembaga, dan molibdenum.
Kekurangan untrien di tanah atau media tempat tumbuhan hidup menyebabakan tumbuhan mengalami defisiensi.Defisiensi mengakibatkan tumbuhan menjadi tumbuh dan berkembang dengan tidak sempurna.
·         Kelembapan
Kelembapan ada kaitannya dengan laju transpirasi melalui daun, karena transpirasi akan terkait dengan laju pengangkutan air dan unsur hara terlarut. Jika kondisi lembap dapat dipertahankan, akan banyak air yang diserap dan lebih sedikit yang diuapkan. Kondisi ini mendukung aktivitas pemanjangan sel sehingga sel-sel lebih cepat mencapai ukuran maksimum dan tumbuhan membesar.

B. Hipotesis
Biji kacang hijau kemungkinan dapat tumbuh dengan baik dan optimal apabila diberi air biasa yang cukup, dan kemungkinan tanaman kacang hijau dapat tumbuh lebih subur daripada yang diberi air kelapa.




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi  penelitian dilakukan dengan cara eksperimen, antara lain

A.    Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang diperlukan dalam percobaan tersebut adalah sebagai berikut :
Alat
1.      4 gelas plastik bekas air mineral/gelas kimi 20cc
2.      4 gumpal kapas dengan berat yang sama (2gram)
3.      Pipet tetes
4.      Penggaris
5.      Spidol
6.      Kamera
Bahan
1.      Biji kacang hijau secukupnya
2.      Air bersih
3.      Air Kelapa secukupnya

B.     Cara Kerja
Dalam melaksanakan percobaan, ikuti langkah – langkah atau urutan kerja berikut ini :
1.      Rendamlah biji kacang hijau dengan air bersih selama 1 jam
2.      Sediakan 4 gelas bekas air mineral/gelas kimia
3.      Masukkan segumpal kapas
4.      Beri label A untuk 2 gelas dan label B untuk yang dua gelas
5.      Letakan 4 butir biji kacang hijau pada setiap gelas
6.      Beri 5 tetes air biasa untuk label A1 dan beri 15 tetes air biasa untuk label A2
7.      Beri 5 tetes air kelapa untuk label B1 dan beri 15 tetes air kelapa untuk label B2
8.      Sirami biji tersebut setiap hari dengan petunjuk nomor 6 dan 7 setiap gelas secara merata
9.      Amati dan catat pertumbuhan (pertambahan panjangnya) setiap hari, usahakan pada waktu yang sama


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.      Tabel Hasil Penelitian
·         Data hasil penelitian pertumbuhan biji kacang hijau yang diberi air
Wadah
Hari ke-
Keterangan
1
2
3
4
5
6

1






**
2






*
Rata-rata







·           Data hasil penelitian pertumbuhan biji kacang hijau diberi air kelapa
Wadah
Hari ke-
Keterangan
1
2
3
4
5
6

1
-
-
-
-
-
#
**
2
-
-
-
-
#
#
**
Rata-rata
















Keterangan pengamatan:
** Diberi 10 tetes ( air/air kelapa )
* Diberi 5 tetes ( air/air kelapa )
# Tumbuh jamur pada  biji kacang hijau
·         Pada hari pertama penelitian, tumbuhan mulai berkecambah.
·         Hari kedua akar dan batang mulai bertambah panjang.
·         Hari ketiga daun mulai menunjukkan wujudnya.
·         Hari keempat-terakhir (6) kacang hijau sudah menjadi tumbuhan yang utuh.
B.        Pembahasan
Jika dilihat tabel hasil pengamatan pada penelitian ini di dapatkan hasil yaitu :
1.      Apakah jenis air (air biasa/air kelapa) mempengaruhi pertumbuhan biji kacang hijau ?
Air sangat mempengaruhi pertumbuhan karena Air berfungsi Untuk Fotosintesis, Mengaktifkan reaksi-reaksi enzim , Membantu proses perkecambahan biji, Menjaga (mempertahankan) kelembapan, Untuk transpirasi, Meningkatkan tekanan turgor sehingga merangsang pemebelahan sel, Menghilangkan asam asbisat

2.      Adakah perbedaan pertumbuhan biji kacang hijau diberi air biasa dan air kelapa ?
Ada perbedaan yaitu Tanaman satu dengan tanaman lainnya di dalam pemberian air dan kadar air jelas  ada perbedaan yaitu ada yang pertumbuhannya lebih cepat dan ada yang lambat. Ini dikarenakan adanya pemberian air dan kadar air berbeda pada setiap label misalnya label A1 diberi 5 tetes air dan label A2 diberi 10 tetes air biasa, label A2 lebih cepat tumbuh daripada label A1 karena faktor pemberian kadar (air biasa). Sedangkan label B1 dan B2 kami amati tidak ada pertumbuhan hal ini dikarenakan banyak faktor yaitu air kelapa yang terkena bakteri sehingga biji kacang hijau ada jamurnya. Selain itu kompetisi antara tanaman kacang hijau satu dengan yang lainnya yang disebabkan karena peletakkan biji satu yang berdekatan dengan biji lainnya pada saat penanaman. Faktor gen juga sangat mempengaruhi hal tersebut, karena tidak semua biji membawa gen yang ‘baik’ sehingga ada tanaman yang lebih cepat pertumbuhannya dan ada juga yang lambat.

3.      Faktor apa sajakah yang mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau selain air ?
Faktor Internal
·         Gen
·         Hormon
Faktor Eksternal
·         Air
·         Kelembaban Udara
·         Cahaya Matahari
·         Nutrisi
·         Kelembapan


BAB V
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari praktikum yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan yaitu sebagai berikut.
Tumbuhan kacang hijau yang diberi air lebih cepat tumbuh  daripada diberi air kelapa karena air kelapa dapat menyebakan biji kacang hijau terkena jamur sehingga tidak tumbuh.
B.      Saran
·         Dalam melakukan suatu penelitian lebih baik melakukan percobaan di lab. Biologi, sehingga percobaan akan aman dan berhasil.
·         Dalam mengukur tinggi kecambah, harus dilakukan secara teliti.
·         Dalam melakukan penelitian, hendaknya memperhatikan kualitas kacang hijau yang akan ditanam dan memperhatikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan apa yang ingin diteliti sehingga hasil percobaan itu baik dan valid.



DAFTAR PUSTAKA

·         Srikini, Suharno, dkk. 2006. BIOLOGIuntuk SMA Kelas XII. Jakarta. Penerbit Erlangga
·         Diah, Ayulina, dkk. 2011.  BIOLOGY 3A for Senior High School Grade II Semester 1. Jakarta. Esis


LAMPIRAN

a
LAPORAN PENELITIAN
BIOLOGI
 
Disusun oleh :
1.      Gani Nur P.
2.      Enggal Fadli P.
3.      Fraya Aditya P.
4.      Heikal Syah Alam.
5.      Riski Hiodayat S.P
6.      Riza Prasetyo P.
7.      Galih Tri Cahyono
XII IPA 1
SMAN 5 KEDIRI

HALAMAN PENGESAHAN
   Karya tulis ini dibuat untuk memenuhi tugas Biologi oleh Kelompok 4 XII IPA 1, SMA Negeri 5 Kediri, tahun ajaran 2013/2014.
Judul Laporan Penelitian
Pengaruh Air Terhadap Pertumbuhan Tanaman
Ketua Kelompok                     :  Gani Nur Pramudyo
Anggota kelompok :
1.      Enggal Fadli P.
2.      Fraya Aditya P.
3.      Heikal Syah Alam.
4.      Riza Prasetyo P.
5.      Riski Hiodayat S.P
6.      Galih Tri Cahyono
Guru Pembimbing
Nama Lengkap            : Eva Nurdia Nusi Ferawati, S.Si
NIP                             :
Kediri,   September 2013
Guru Pembimbing,
EVA NURDIA NUSI FERAWATI, S.SI
Ketua Kelompok,
GANI NUR PRAMUDYO
Menyetujui,
Kepala SMAN 5 Kediri,
Drs. H. Sony Tataq Setya Swasono, M.Pd.
NIP: 19630110 198903 01 016
 
KATA PENGANTAR
Puji syukur  kami ucapkan ke hadhirat Allah S.W.T yang telah memberikan keluasan waktu dan kesehatan kepada penulis untuk dapat menyelesaikan tugas mata pelajaran “Biologi yang diberikan oleh Ibu Eva Nurdia Nusi Ferawati, S.Si. Jenis tugas yang diberikan adalah pengamatan tentang Pertumbuhan dan Perkembangan tanaman.Metode penugasan yang diberikan adalah menyusun Laporan Penelitian Tentang Pengaruh Air Terhadap
Pertumbuhan Tanaman. 
Melalui penugasan ini diharapkan para siswadapat memahami tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman yang pada gilirannya dapat diimplementasikan  dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu manfaat  yang dapat dirasakan  adalah meningkatnya kompetensi pembelajaranpara siswa yang  sebagian besar merupakan siswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Semoga Laporan ini dapat menjadikan frame of think (kerangka pikir) dalam mengambil suatu putusan pembelajaran, pisau pemilah dalam pemecahan masalah, dan bahkan sebagai bagian hidup yang integratif Kritik dan saran perbaikan sangat kami harapkan demi kelengkapan dan penyempurnaan  tugas kelompok ini.
Kediri,     September  2013
Penyusun
KELOMPOK 4

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHANi
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISIv
BAB I  PENDAHULUAN1
A. Latar Belakang1
B. Rumusan Masalah1
C. Tujuan Penelitian1
D. Manfaat penelitian1
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS2
A. Landasan Teori 2
B. Hipotesis 5
BAB III METODOLOGI PENELITIAN..................................................... .......................6
A. Alat dan Bahan ............................................................................................................. 6
B. Cara Kerja ................................................ .....................................................................9
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN........... .........................................9

A. Tabel Pengamatan
D. Pembahasan.................................................................................................................15
BAB V PENUTUP................................................................................................................18
A. Kesimpulan ..................................................................................................................18
B. Saran
Daftar Pustaka.......................................................................................................................19
LAMPIRAN
                                              

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done