Resensi Metode Penelitian:Suatu Pendekatan Proposal

Dalam Pembuatan sebuah proposal penelitian, tentu kita akan dituntun untuk dapat membuat sebuah kerangka atau pola pikir yang ada dalam penelitian yang kita buat. 

Dalam buku metode penelitan ini, penulis berusaha untuk memberikan pemaparan tentang kerangka berpikir ilmiah, macam- macam penelitian, prosedur penyusunan ulasan penelitian, pendekatan data penelitian, macam-macam sampling, sampai pada analisis data yang dikemas secara sederhana, ringkas dan menggunanakan bahasa mudah dipahami. 

Buku ini sangat cocok bagi mahasiswa, peniliti dan masarakat pada umumnya untuk lebih mengenal metode penilitian, bagi mahasiswa tentu buku ini cocok untuk membuat proposal magang untuk sebuah instansi atau lembaga maupun sedang mengerjakan skripsi.

Buku metode penelitian ini terdiri dari 4 (empat) bab utama yaitu; 

  1. Bab I Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang metodologi penelitian, kerangkapikir ilmiah, metode penelitian dan macam – macam penelitian. 
  2. Bab II Prosedur penyusunan usulan penelitian, yang membahas tentang kerangka usulan penelitan atau proposal, judul penelitian, latar belakang masalah penelitian, masalah penelitian, kerangka teori, kerangka konsep, kerangka pikir, dan penyusunan hipotesa. 
  3. Bab III Pendekatan data penelitian yang membahas populasi penelitian, sampling penelitian,menetapkan dan menyusun instrumen, dan mengumpulkan data.
  4.  Bab IV analisis data, yang berisi lanngkah- langkah analisa data tabulasi data, analisis data suatu pendekatan, dan penyusunan jadwal dan biaya penilitian. Selain itu terdapat lampiran yang berisi pedoman pembimbing dan ujian skripsi program S1 yang diambil dari pedoman FPIS-IKIP Jakarta. 

Dalam buku, ini dijelaskan juga sosok penulis Drs. Mardalis merupakan Dosen Ikip Jakarta, yang banyak melakukan kegiatan penelitian seperti ketua penelitia studi pendapat mahasiswa, kelemahan mahasiswa dlaam PBM, pendapat Dosen dan mahasiswa, serta publikasi ilmiah sepert Metode penelitian sosial, metode penelitian suatu pendekatan proposal, proses masyarakat pancasila, dan masih banyak karya beliau. 

Mengutip kalimat dalam buku metode penelitian ini,“Jika menulis proposal dengan baik saja sudah menemui kesulitan, bagaimana pula jika telah melaksanakan penelitiannya, dapat dibanyangkan ??” Menulis proposal dengan baik sesuai dengan persyaratannya, akan mempermudah dalam pelaksanaan penelitian.

Metode Penelitian

Resensi Metode Penelitian:Suatu Pendekatan Proposal

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Resensi Metode Penelitian:Suatu Pendekatan Proposal"