Mengembangkan Program Bedah Buku di Perpustakaan - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Selasa, 23 Juli 2019

Mengembangkan Program Bedah Buku di Perpustakaan

Berikut Igan bagikan pedoman untuk mengembangkan program bedah buku di perpustakaan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca, literasi dan brand image perpustakaan :
Bedah Buku di Perpustakaan
a.    Deskripsi
Bedah buku merupakan program PERPUSTAKAAN yang bertujuan mengupas atau meriview buku hasil karya sivitas atau buku yang ada di PERPUSTAKAAN. Bedah buku ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang buku yang dibedah, kelebihan dan kekurangan serta untuk memberikan motivasi bagi pengguna untuk menulis buku kedepannya
b.    Tujuan
1.   Mengupas atau meriview Koleksi Buku PERPUSTAKAAN
2.   Memberikan wawasan dan pengetahuan kepada pemakai terkait buku yang dibedah
3.   Meningkatkan literasi informasi pemakai
c.    Strategi Realisasi
1.      Membentuk panitia (Ketua pantia, Sie Acara, Sie Perlengkapan, Sie PDD, Sie Konsumsi)
2.      Mendeskripsikan tema yang diangkat, pemateri dan susunan acara
a)      Januari : Travelling
b)      Februari : Novel: Romance, perjalanan
c)      Maret : Buku Pendidikan
d)      April : Biografi
e)      Mei : Sejarah
f)       Juni : Motivasi
g)      Juli : Bebas
h)      Tema lain
3.      Membuat daftar perlengkapan yang dibutuhkan
a)      LCD Proyektor, layar LCD, Pointer LCD*
b)      Papan tulis, spidol, penghapus*
c)      Mic (pengeras suara)
d)      Speaker
e)      Kamera
4.      Membuat kemas ulang informasi dan sertifikat
a)      Artikel, riview, sinopsis buku
b)      Poster
c)      Video
d)      Sertifikat untuk pemateri, panitia*
5.      Membuat dokumen (kuisioner, daftar hadir), mendesain tempat dan desain live streaming.
6.      Mengakumulasi kebutuhan konsumsi untuk pemateri dan panitia
d.    Realisasi
1. Menetapkan Ketua pantia, Sie Acara, Sie Perlengkapan, Sie PDD, Sie Konsumsi
2. Menetapkan tema yang diangkat, pemateri dan susunan acara
3. Menyiapkan  daftar perlengkapan yang dibutuhkan
4. Mempromosikan kemas ulang informasi:
a)Media sosial PERPUSTAKAAN: Facebook, Instagram, Website PERPUSTAKAAN
b)Media partner PERPUSTAKAAN : Line HMPIP, Line BEM, Line RSC, Line DIANNS
c)Papan pengumuman
d)Door to door (masuk kelas)
5.  Membuat sertifikat untuk pemateri dan panitia*.
6.  Membuat dokumen (kuisioner, daftar hadir), menyiapkan tempat, menyiapkan perlengkapan, menyiapkan live streaming, notulensi
7.  Menyiapkan konsumsi untuk pemateri dan panitia
8.Melakukan simulasi, memulai acara bedah buku
e.    Dokumentasi dan Publikasi
1. Dokumentasi sebelum, saat dan setelah bedah buku berupa foto, video, livestreaming, dokumen (daftar hadir, kuisioner)
2. Publikasi  sebelum, saat dan setelah bedah buku melalui media sosial PERPUSTAKAAN, media partner
f.     Evaluasi
Evaluasi dilaksanakan setelah bedah buku dilaksanakan. Tujuannya untuk mengevaluasi program agar kedepannya lebih baik. Evaluasi dilakukan oleh TIM PERPUSTAKAAN, dan perwakilan oleh pemakai. Hasil setelah evaluasi di dokumentasikan ke dalam PERPUSTAKAAN Program.
g.    Pengembangan
Pengembangan dan inovasi dapat dilakukan oleh TIM PERPUSTAKAAN, dengan cara menyampaikannya pada saat rapat PERPUSTAKAAN, tertulis langsung disampaikan kepada Pembimbing.  

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done