Mengembangkan Program Bincang Santai di Perpustakaan - Gani Nur Pramudyo
News Update
Loading...

Rabu, 24 Juli 2019

Mengembangkan Program Bincang Santai di Perpustakaan

Kali ini Igan bagikan bagaimana cara mengembangkan program bincang santai di Perpustakaan. Program ini dikembangkan guna untuk meningkatkan literasi dan pengunjung perpustakaan. 
Program Bincang Santai di Perpustakaan
a.    Deskripsi
Bincang santai merupakan program A yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pemakai terkait isu atau topik terkini sesuai dengan keilmuan yang sedang diampu di bangku perkuliahan.
b.      Tujuan
1.   Memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pemakai terkait isu atau topik terkini
2.   Meningkatkan literasi informasi pemakai
c.    Strategi Realisasi
1.      Membentuk panitia (Ketua pantia, Sie Acara, Sie Perlengkapan, Sie PDD, Sie Konsumsi)
2.      Mendeskripsikan tema yang diangkat, pemateri dan susunan acara
a)      Isu atau topik terkini
b)      Tema lain
3.      Membuat daftar perlengkapan yang dibutuhkan
a)      LCD Proyektor, layar LCD, Pointer LCD*
b)      Papan tulis, spidol, penghapus*
c)      Mic (pengeras suara)
d)      Speaker
e)      Kamera
4.      Membuat kemas ulang informasi dan sertifikat
a)      Artikel, riview, sinopsis buku
b)      Poster
c)      Video
d)      Sertifikat untuk pemateri, panitia*
5.      Membuat dokumen (kuisioner, daftar hadir), mendesain tempat dan desain live streaming.
6.      Mengakumulasi kebutuhan konsumsi untuk pemateri dan panitia
d.    Realisasi
1.      Menetapkan Ketua pantia, Sie Acara, Sie Perlengkapan, Sie PDD, Sie Konsumsi
2.      Menetapkan tema yang diangkat dan susunan acara
3.      Menyiapkan  daftar perlengkapan yang dibutuhkan
4.      Mempromosikan kemas ulang informasi:
a)      Media sosial A: Facebook, Instagram, Website A
b)      Media partner A
c)      Door to door (masuk kelas)
5.      Membuat sertifikat untuk pemateri dan panitia*.
6.      Membuat dokumen (kuisioner, daftar hadir), menyiapkan tempat, menyiapkan perlengkapan, menyiapkan live streaming, notulensi
7.      Menyiapkan konsumsi untuk pemateri dan panitia
8.      Melakukan simulasi, memulai acara bincang santai
e.    Dokumentasi dan Publikasi
1.        Dokumentasi sebelum, saat dan setelah bedah buku berupa foto, video, livestreaming, dokumen (daftar hadir, kuisioner)
2.        Publikasi  sebelum, saat dan setelah bedah buku melalui media sosial A, media partner
f.     Evaluasi
Evaluasi dilaksanakan setelah bincang santai dilaksanakan. Tujuannya untuk mengevaluasi program agar kedepannya lebih baik. Evaluasi dilakukan oleh TIM A, dan perwakilan oleh pemakai. Hasil setelah evaluasi di dokumentasikan ke dalam A Program.
g.    Pengembangan
Pengembangan dan inovasi dapat dilakukan oleh TIM A, dengan cara menyampaikannya pada saat rapat A, tertulis langsung disampaikan kepada Pembimbing. 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Gani Nur Pramudyo merupakan Awardee LPDP dan saat ini akan menempuh studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia 2019. Apabila Anda berminat untuk mengundang saya sebagai narasumber, pemateri, atau pembicara di institusi Anda, dengan senang hati saya akan berusaha menyanggupinya. Silakan kontak via email ke gani_nurp@yahoo.com atau DM via Instagram gani_igan. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.
Done