Hari ke-7 pendapatan adsense blogger tahun 2021

Adsense blogger blog ini baru disetujui oleh Google Adsense (GA) pada 27 Juni 2021, setelah beberapa kali mengalami kegagalan karena beberapa faktor. Sebelum disetujui oleh GA, saya telah melakukan beberapa perbaikan cukup signifikan termasuk mengganti template.

Pergantian template dijalankan agar terlihat lebih simpel dan elegan, dan memudahkan navigasi. Saya mengajukan ulang blog ini ke adsense, dan akhirnya diterima untuk mengikuti program GA. Setelah hari ke-7 pendapatan blog ini meningkat daripada tidak didaftarkan sama sekali.

Beberapa perubahan yang saya kerjakan sebelum diterima GA dan selama saya diterima GA, sebagai berikut:

pendapatan adsense blogger tahun 2021

Perbaikan sebelum diterima GA

Mengganti Template 

Awalnya, saya hanya memiliki keinginan untuk mengganti tema dan kategori blog ini. Blog ini sebelumnya menggunakan template LinkMagz berganti menjadi EvoMagz

Evomagz saya pilih karena beberapa alasan termasuk desain elegan dan simpel sesuai karakteristik blog dan sesuai beberapa aspek pemilihan template blogger. Setelah saya membeli dan menggunakan template EvoMagz, saya merapikan navigasi termasuk menu-menu yang tersedia dilaman utama, widget, dan beberapa penyesuaian tataletak blog. 

Pengaturan template Evomagz dapat dilakukan secara mandiri dengan melihat panduan yang telah tersedia dalam pembelian. 

Memperbaiki Taksonomi (kategori)

Setelah selesai dengan template, saya beralih merapikan kategori blog saya. Mulanya saya mencontoh dan mengadaptasi blog peneliti yaitu David Lankes. Setelah berjalannya waktu, blog ini saya kategorikan ulang sesuai karakteristik blog ini yaitu "Blog personal masa kini, berisi catatan ilmu perpustakaan dan informasi, Beasiswa LPDP dan hasil karya". 

Saya mencoba untuk mengkategorikan sesuai konten yang telah ada sebelumnya dan menghapus beberapa kategori yang tidak relevan, mengulang kategori (kategori sama dengan penamaan berbeda). 

Banyak kategori yang telah saya hapus, seperti publikasi, presentasi, riview tempat wisata, puisi dan artikel SMA. Akhirnya saya telah menetapkan beberapa kategori sesuai dengan karakteristik blog dan akan diperbarui kembali lihat gambar dibawah.

Menghapus konten yang tidak relevan

Beberapa konten yang tidak relevan dalam blog ini saya hapus, seperti puisi, riview tempat wisata, makalah SMA yang pernah saya buat dan beberapa konten lain. Konten ini sengaja saya hapus (dari blog) karena view terlalu sedikit, konten kurang relevan dan agar lebih memiliki ciri khas berbeda dengan blog lain. 

Ciri khas ini memudahkan pembaca untuk melihat apa saja isi dari blog ini (Lihat daftar isi). Memilih konten yang ditulis dan dipublikasikan blog membuat pembaca dapat mengenali karakteri blog (penulis), bidang apa yang ditekuni dan keahlian yang dimiliki melalui representasi blog yang ditulis.

Tips blogger

Memperbarui struktur postingan

Postingan pertama blog ini yaitu tanggal 19 November 2016 menjadi langkah awal saya menulis blog ini. Total saat ini terdapat 186 postingan yang telah terbit dengan berbagai ragam kategori. 

Pada saat menulis blog, waktu itu saya belum banyak membaca dan paham terkait struktur postingan blog. Alhasil, postingan lama ketika itu memakai live writer, copy paste (copas) dari Microsoft Office Word (word), pengubahan font dan heading yang tidak konsisten menyebabkan stuktur tulisan dalam postingan menjadi kacau. 

Beberapa tulisan tidak memiliki jarak antar paragraf dan representasi HTML menjadi kacau sehingga terlihat kurang rapi ketika dibaca dan merugikan peringkat SEO Google. Setelah saya mempelajari cara membuat postingan SEO Blog, menulis postingan yang benar adalah menggunakan lembar postingan blog yang tersedia atau menggunakan office word caranya di konversi ke notepad (Copas artikel word ke notepad lalu pindah ke blog) agar struktur yang sudah ada dalam blog tidak kacau.

Perbaikan yang lakukan di atas ternyata berdampak pada penerimaan blog ini di GA. Beberapa proes saya jalani sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Tidak lantas selesai setelah mengikuti GA, blog ini terus diperbaiki, hingga sekarang (baca juga: perjalanan blog ini)

Perbaikan selama diterima GA

Penataan tata letak dan Iklan

Setelah GA diterima oleh pihak Google, trial dan error saya lakukan termasuk penempatan kode iklan manual dan otomatis. Saya otak-atik, apakah menggunakan keduanya atau hanya satu jenis iklan saja. Kemudian saya putuskan untuk memilih keduanya. 

Awalnya iklan otomatis terlihat sangat kaca di blog, harusnya iklan setelah paragraf bisa secara otomatis ditaruh ditempat didalam artikel. Tidak hanya 2-3 iklan dalam artikel melainkan bisa lebih dari 5. Oleh karena, saya mencoba melakukan pembatasan iklan, dengan memilih metode manual. 

Selain itu, iklan yang ditampilkan juga ada beberapa yang mengandung konten sensitif sehingga saya blokir dan berikan iklan yang sesuai dengan karakteristik bloh. Meskipun iklan yang tidak relevan mungkin bisa muncul, maka saya akan lakukan perbaikan-perbaikan dengan memblokir iklan melalui tautan. 

Gambar postingan

Beberapa gambar postingan ini memiliki ukuran yang tidak teratur dan bahkan memiliki size yang cukup besar sehingga kurang baik dalam performa blog. Ukuran standar unggah gambar dalam postingan sebaiknya 600*320 pixel sehingga menghasilkan size (kb) kecil sesuai saran dan panduan gambar blog secara umum. Perbaikan gambar postingan ini akan menjadi prioritas seiiring berjalannya waktu. 

Penambahan halaman

Beberapa penambahan halaman dalam blog ini yaitu privacy policy dan terms & conditions. Syarat utama blog didaftarkan adsense yaitu memiliki laman kontak, tentang, disclaimer, privacy policy. 

Meskipun dalam praktiknya, blog ini tidak memiliki privacy policy namun bisa lolos mengikuti GA. Akan tetapi saya juga tambahkan pula, laman yang belum ada. Penambahan laman dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan https://www.privacypolicyonline.com/, laman generator membuat disclaimer, privacy policy dan  terms & conditions. 

Pendapatan adsense hari ke-7

Pendapatan GA setelah hari ke-7 total telah mencapai Rp. 9.382,89 naik >999% dari sebelumnya tidak pernah mengikuti GA. Rata-rata perhari telah menghasilkan uang Rp. 1.000,- untuk konten yang telah saya buat di blog. 

Pendapatan yang belum stabil ini tentu akan meningkat seiring ketekunan dan konsistensi menulis artikel-artikel berkualitas. Merujuk penjabaran tufifudin "AdSense Indonesia mensyaratkan minimum penghasilan 1.300.000 baru kemudian saldo akan masuk ke rekening. 

Apabila blog telah mencapai 1000 view per hari, maka  akan menghasilkan 230.000. Sehingga, perlu waktu sekitar 6 bulan untuk saldo cair". Ia menganjurkan agar trafik blog terus terjaga dan mengusahakan terus meningkat.

Kesimpulan

Beberapa langkah perbaikan dapat dijalankan agar blog diterima oleh GA sehingga nantinya akan menghasilkan pendapatan tambahan. Beberapa pendapatan atau sumber penghasilan selain GA, seperti menjual jasa dan produk di blog, promosi di blog, mengikuti afiliasi, dan honor sebagai pembicara atau narasumber yang akan dibahas di dalam artikel terpisah dapat menjadi solusi dan alternatif yang dapat digunakan atau bahan dikombinasikan. 

Akhirnya, artikel ini masih banyak kekurangan sehingga perlu dibenahi dan dikembangkan sehingga bermanfaat dan menginspirasi pembaca. Kritik dan saran yang membangun tentu akan senang hati diterima penulis. 

Kesalahan atau kekurangan dalam penulisan artikel ini, tentu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Menulis blog adalah salah satu cara agar penulis dapat terus eksis dan menginspirasi pembaca. - Pramudyo -

Referensi

Tufiddin.2020 "Berapa Pendapatan AdSense Blog 1000 View Per Hari?" dalam https://tufiddin.com/berapa-pendapatan-adsense-1000-view-per-hari/ diakses pada 6 Juli 2021 pukul 14.36 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

8 komentar untuk "Hari ke-7 pendapatan adsense blogger tahun 2021"

  1. Menarik jalan cerita suatu pengubahsuaian dalam blog yang boleh di jadikan pantuan buat kita semua untuk memantapkan lagi seo blog dan juga meningkatkan lagi pendapatan adsense..terima kasih tuan...byk.inpirasi yang sy dpt dari sini..sekoga tuan sukses selalu..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru kali ini saya mendapati blogger yang ditolak adsense sampai 42x. Saya sendiri punya pengalaman sekitar 5x ditolak saat pertama kali dulu bikin blog. Setelah ditolak 5x, kode iklan tidak saya hapus. Saya biarkan dan tetap terus ngeblog. Lama-lama iklan muncul sediri juga. Terus saya bikin akun adsense lagi untuk adsense tipe bisnis. 3 blog langsung saya daftarkan ke adsense bisnis. 2 Blog ditolak (jumlah artikel baru 20 dan pendek-pendek) dan 1 blog langsung diterima kurang dari 24 jam iklan muncul. Padahal blog yang diterima tersebut banyak memiliki error di google console, berisi 2 artikel dan yang lain ada ratusan posting jualan yang hanya berisi foto produk dan harga saja. navigasi blog juga payah. Ini yang bikin saya penasaran, koq bisa seperti itu ya....

      Hapus
  3. Apa lagi blog saya sangat tidak memingkinkan..
    Optimis ja agam iseng iseng curhat di blog

    BalasHapus
  4. Bang Gani boleh saya minta kontak-nya, atau WA ke saya di 0813-1173-2074. Mau Konsul mslh adsense, respon ya bang, thx.

    BalasHapus
  5. Nama saya Kang Nurdin
    Asal daerah dari Bandung

    Keren mas artikelnya. Bahasanya enak dibaca.
    Simple dan mudah di pahami.

    Sukses terus mas, mudah-mudahan lancar dan berkah.

    BalasHapus
  6. Sangat menarik, mengingatkan saya akan perjuangan zaman dulu daftar adsense...semoga sukse saudara

    BalasHapus
  7. Keren mas, Semoga bisa menginspirasi dan jadi pembelajaran seperti saya para blogger pemula.

    Kalau boleh minta pendapat atau masukkan atas blog saya, terimakasih.
    https://www.joeyadriantoyt.my.id/

    BalasHapus

Untuk pembaca blog Ganipramudyo.web.id, Feel free to ask!