Pemilihan template blogger bagi para pemula

Pemilihan template blogger bagi para pemula

Ganipramudyo.web.id - Memilih template blogger yang tepat memudahkan penggunaan, modifikasi dan mengembangkan template. Terdapat banyak template yang tersedia secara gratis dan berbayar (premium). Sering mengganti template akan membuat page rank (peringkat laman) blog menjadi turun, bahkan tidak terindeks di sistem pencarian (search enggine) Google. Memilih template yang tepat, akan memudahkan Google mengindeks blog yang dibuat, mempercantik user interface (antar muka) hingga pembaca lebih betah membaca konten yang kita sajikan.

Mekanisme pemilihan template (perangkat lunak) pada dasarnya disesuaikan dengan kebutuhan, memiliki izin pemakaian, dukungan teknis, pelatihan, dokumentasi yang relevan serta pemeliharaan dan memiliki fitur-fitur yang memudahkan (Pramudyo,  2018).

Adapun pemilihan template dapat dilakukan melalui metode berikut:

Berdasarkan kebutuhan 

Pemilihan tempate blogger disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dengan  menetapkan tujuan blog dibuat. Contohnya untuk kepentingan personal, maka dapat memilih template yang mencerminkan CV atau keahlian yang dimiliki, tema-tema travel atau fotografi juga bisa dijadikan alternatif. Hasil pengalaman ahli blogger dan/atau template yang banyak dipakai dapat dijadikan sebagai dasar untuk memilih template karena banyak dukungan atau komunitas pengguna template. Mengunduh dan menggunakan template gratis (free) yang lebih praktis dan tanpa biaya dapat dijadikan alternatif. 

Izin pemakaian

Izin pemakaian template ini disebut sebagai lisensi. Lisensi ini menentukan kebebasan pengguna untuk menggunakan, menyalin, meningkatkan, dan mendistribusikan template. Lisensi template dibagi dua yaitu penggunaan personal dan bisnis. Lisensi ini bisanya berguna untuk membatasi modifikasi yang dilakukan pemula seperti tidak boleh menghapus kontribur pembuatan template. Penggunaan diluar lisensi “null” atau versi bajakan akan menurunkan perfoma blog dan page rank.

Dukungan teknis, pelatihan, dokumentasi yang relevan serta pemeliharaan

Dukungan teknis, pelatihan, dokumentasi yang relevan serta pemeliharaan pada template harus menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan. Dukungan dapat berupa pendampingan secara langsung ataupun sesi tanya jawab di forum. Selain itu, dukungan update untuk keberlanjutan template, panduan dan dokumentasi source code template harus disediakan oleh penyedia template.

Fitur template

Fitur template yang memadai dapat mempermudah pemula untuk memanfaatkan template, memodifikasi hingga mengembangkan. Beberapa fitur –fitur utama yang wajib template miliki seperti:

Seo Friendly

Template wajib mendukung search engine optimization (SEO) atau optimisasi mesin pencari. SEO berfungsi agar artikel yang kita terbitkan menempati peringkat atas sistem pencarian (Google). Artikel menempati peringkat teratas akan mendatangkan trafik/pengunjung blog. Melakukan pengecekan SEO template blog, dapat dilakukan dengan menginstal add ons Google Lighthouse pada web browser (Chrome) melalui tautan lighthouseAdapun langkah setelah instal add ons yaitu klik addons lighthouse pada tautan/URL homepage (laman utama) blog yang sudah terbuka, klik GENERATE REPORT, klik presentasi SEO Blog.

User friendly 

Template menyediakan desain simple, elegan dan nyaman untuk pembaca. Selain itu, navigasi yang baik akan memudahkan pembaca mengakses setiap artikel, halaman dan konten dari blog yang dibuat. Memerhatikan aspek user friendly dan kemudahan akses akan membuat pembaca berlama-lama diblog, meningkatkan jumlah view, hingga mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan. Beberapa navigasi dan menu yang disediakan seperti tentang, kontak, disclaimer, privacy policy, sitemap, dan daftar isi untuk menunjang pula dalam pendaftaran iklan blog. 

Mobile friendly

Sebagian pembaca mengakses blog melalui mobile smartphone, sehingga template harus responsif dengan tampilan mobile. Template responsif ini menyesuaikan perangkat (device) yang digunakan, baik Personal Computer (PC), tablet ataupun mobile. Mengecek mobile friendly dapat dilakukan melalui tautan https://search.google.com/test/mobile-friendly. Adapun langkahnya yaitu masukan tautan/URL homepage (laman utama) blog di kotak pencarian URL, lalu klik UJI URL.

Fast loading

Loading template harus cepat. Pembaca tidak suka menunggu blog menampilkan konten yang lama. Perlu diperhatikan penggunaan gambar, atribut lainnya agar sesuai dengan kecepatan tampil blog. Mengecek seberapa cepat konten blog ditampilkan dapat dilakukan melalui tautan https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Adapun langkahnya yaitu masukan tautan/URL homepage (laman utama) blog di kotak Web page URL, lalu klik ANALYZE.

Data terstruktur 

Template yang dipilih harus memiliki struktur data yang baik untuk mempermudah Google melacak dan mengindek blog yang dibuat. Mengecek struktur data blog dapat dilakukan melalui https://search.google.com/structured-data/testing-tool Adapun langkahnya yaitu masukan tautan/URL homepage (laman utama) blog di kotak Ambil URL, lalu klik JALANKAN PENGUJIAN.

Beberapa fitur lain yang dapat dipertimbangkan dalam memilih template seperti :

  1. Auto readmore
  2. Pop-up Search Form
  3. Numbered Page Navigation
  4. Custom error page
  5. Tanpa link credit
  6. Table of content
  7. Mode gelap/terang
  8. Layout versi 3 (bisa show/hide widget melalui tata letak)
  9. Tombol order via WhatsApp 
  10. Slider gambar postingan produk dan jasa
  11. Related Posts di bawah artikel
  12. Breadcrumbs
  13. Tombol Share media sosial
  14. Widget iklan otomatis di tengah artikel
  15. Menu Navigasi Sticky
  16. Navigasi halaman dengan mode load more
  17. Smooth Scroll
  18. Tombol Back to Top
  19. Sidebar sticky
  20. Related posts di tengah artikel
  21. Icon Menggunakan Font Awesome

Kesimpulan

Pemilihan template blogger menjadi bagian penting yang wajib dilakukan oleh pemula. Pemilihan tepat akan memberikan dampak positif bagi pengindeksan google, page rank, page view dan kemudahan pembaca dala mengakses dan berlama-lama dalam sebuah blog. Pemula harus dapat menentukan template mana yang harus dipilih. 

Penulis merekomendasikan template Evomagz untuk blogger pemula seperti yang digunakan dalam blog ini "ganipramudyo.web.id". Pemilihan Evomagz dalam blog ini akan dibahas dalam artikel terpisah. Apabila ingin membeli template Evomagz seperti ini, pembaca dapat mengakses tautan DISINI atau template Mas Sugeng

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Referensi

Ardy, Beny (2018) "5 Tips Memilih Template Sesuai Kebutuhan Blogspot Kamu" dalam https://review.bukalapak.com/techno/5-tips-memilih-template-sesuai-kebutuhan-blogspot-kamu-71544, diakses pada 3 juli 2021 pukul 14.07 WIB

Pramudyo, G. N., & Hendrawan, M. R. (2018). Pemilihan Perangkat Lunak Repositori Institusi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Kota Malang (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Brawijaya, Perpustakaan Universitas Negeri Malang, dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang). Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 161-177.

Sebastian, Gani.(n.d)"Tips & Cara Memilih Template Blog Yang Bagus Dan Benar" dalam https://www.klikmania.net/tips-cara-memilih-template-blog-yang-bagus-dan-benar/ diakses pada 3 juli 2021 pukul 14.17 WIB

Sugeng (2021). "Template Blogger Premium Terbaik dari Sugeng.id" dalam https://sugeng.id/ diakses pada 3 juli 2021 pukul 14.10 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.

Posting Komentar untuk "Pemilihan template blogger bagi para pemula"