Cara mencari Vector di situs Freepik

Freepik PNG, Freepik Vektor - Apakah kamu sering membuat desain poster, infografis, dan feed instagram?

Jika Ya, maka kamu dapat memanfaatkan situs Freepik, sebuah situs yang menyediakan beragam koleksi vektor, gambar, dan grafis yang dapat di unduh secara gratis.

Apa itu Freepik?

Freepik adalah mesin pencari bagi komunitas desainer grafis, menyediakan sumber grafis berupa vektor, PSD dan foto (Visitklaten, 2019). Sumber Freepik dapat digunakan kebutuhan poster, cover, layout, IG feed, logo, banner, dan web. 

Freepik paling bermanfaat sebagai sumber inspirasi dalam mendesain karena menyediakan sumber  (raw file), dan memberikan banyak contoh desain.

unduh vektor, psd dan foto gratis di freepik

Sejarah Freepik

Freepik didirikan pada tahun 2010 oleh Alejandro dan Pablo Blanes, bersama dengan Joaquín Cuenca, pendiri Panoramio (diakuisisi oleh Google). Sejak itu, berkembang tanpa henti, menciptakan dua proyek baru: Flaticon (mesin pencari icon) dan Slidesgo (mesin pencari template/desain slide powerpoint). 

Total tayang laman Freepikyaitu 50 juta/bulan, dengan total download 100 juta/bulan dan menyediakan total 4,5 juta sumber grafis (Freepik, 2021). 

Cara akses Freepik

Anda dapat membuka tautan freepik.com, ketik kata kunci pada kotak pencarian. 

beranda website freepix mesin pencari sumber grafis

Terdapat beberapa filter untuk membatasi dan mempersempit pencarian, seperti jenis grafis (vektor, psd, foto), gratis (free) dan premium (akun berbayar). 

filter pencarian pada freepix

Terdapat banyak hasil sumber grafis yang tersedia, pilih sumber dan klik unduh free atau premium. 

proses unduh sumber grafis freepix

Lisensi Freepik 

Lisensi Freepik untuk sumber free maka desainer wajib mencantumkan “design by Freepik” untuk desain yang menggunakan sumber Freepik. 

Apabila lisensi premium, maka bebas menggunakan sumber premium. Selengkapnya terkait lisensi dapat mengakses tautan freepik.com/terms_of_use

Cara pakai Freepik 

Sumber grafis yang diunduh dapat diolah menggunakan aplikasi CorelDraw, Adobe Illustrator, atau pengolah grafis lainnya. Hasil unduhan sumber vektor berupa .rar yang terdiri dari sumber jpeg, .ai, psd dan lisensi teks. 

Penggunaan sumber di CorelDraw dapat jalankan dengan memilih sumber .ai, lalu drag ke lembar kerja CorelDraw. 

Apabila saat menggunakan CorelDraw mengalami masalah, gunakan alternatif  memakai Adobe Illustrator. Pakai aplikasi pengolah grafis terbaru, penulis merekomendasikan memakai CorelDraw X7 atau Adobe Illustrator CS6.

Selain Freepik

Terdapat beragam situs penyedia vektor gratis selain Freepik. Dikutip dari Arvina (2021) situs penyedia vektor selain freepik yaitu Flaticon, Pixabay, Vectorstock, Vecteezy, dan vector.me. 

Kelima situs tersebut dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan vektor dan desain yang kamu rancang. 

Referensi

Arvina (2021). "Manfaatkan 6 Situs Vector Gratis Ini untuk Melengkapi Keperluan Desainmu" dalam https://glints.com/id/lowongan/situs-vector-gratis/ iakses pada 12 Oktober 2021

Freepik (2021) "Get to know us" dalam https://www.freepikcompany.com/about_us diakses pada 1 Agustus 2021

Visitklaten (2019) "Mengenal Freepik: Download Vektor, Foto, dan PSD Gratis" dalam https://teknologi.visitklaten.com/internet/mengenal-freepik-download-vektor-foto-dan-psd-gratis/ diakses pada 1 Agustus 2021

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

Post a Comment for "Cara mencari Vector di situs Freepik"