Merayakan Blog dan AdSense di Bulan Juli

Hampir 5 tahun blog ganipramudyo.web.id terbit menjadi wadah bagi saya membuat dan membagikan karya. Mengangkat tema "Merayakan", artikel ini akan memberikan gambaran umum mengenai blog ini, manfaat blog, dan memulai membuat blog.

Gambaran Umum

Tulisan awal pertama kali dibuat yaitu pada 19 November 2016, dengan kategori resensi membahas Resensi Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Saat ini total tulisan yang telah terbit sebanyak 223 postingan dan 10 halaman. Total keseluruhan pengunjung dari berbagai tulisan sebanyak 611.370 tayangan. 

Konten dalam blog ini membahas beberapa minat, sebagai berikut:

  1. Keilmuan berisi kajian kearsipan, kajian kebudayaan, ilmu perpustakaan dan kajian administrasi publik. Materi yang diperoleh dibangku kuliah dibagikan disini. Tentu ini menjadi salah sumber tulisan yang dibagikan 
  2. Beasiswa LPDP, secara khusus membagikan pengalaman saya dalam mendapatkan beasiswa LPDP. Mulai dari tahapan seleksi, persiapan keberangkatan termasuk pelatihan bahasa, hingga di bangku perkuliahan
  3. Rubrik pilihan terdiri dari artikel populer, resensi buku, panduan praktis dan tips blogger. Dapat dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi bagi pembaca.
  4. Kerjasama, mengajak siapun untuk bekerjasa dalam bentuk penulisan, penelitian, riview, pelatihan, atau kebutuhan narasumber
Kedepannya, penulis berharap tulisan blog akan berkembang sehingga bermanfaat bagi pembaca.

Manfaat blog

Membuat blog tidak melulu berurusan dengan menghasilkan uang (daftar adsense) sebagai tujuan utamanya. Membuat blog ini, dapat memperoleh banyak manfaat seperti:

Blog sebagai Karya

Blog sebagai karya yang dibuat oleh penulis. Demikian, dapat digunakan dengan berbagai cara termasuk sebagai sebuah personal branding penulis, karya-karya apa saja yang dibuatnya atau secara khusus membahas topik tertentu. Sebagai karya, Blog ini berupaya menghadirkan manfaat untuk menginspirasi orang lain, memberikan wawasan yang dapat diakses secara terbuka secara gratis oleh siapa saja yang memiliki perangkat baca (perangkat mobile smartphone, tablet, pc dan koneksi internet) dan tentunya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Hal berkesan dengan adanya blog ini (tulisan/karya) yaitu sebagai bahan pertimbangan interviewer saat wawancara LPDP. Waktu seleksi wawancara, salah satu interviewer memberikan apresiasi atas tulisan saya, blog saya yang dapat memberikan manfaat bagi pembaca. 

Selain itu, penulis juga sempat diajak kerjasama untuk menjadi Pustakawan disalah satu Institut swasta di Bogor. Rekruter tertarik dengan beberapa tulisan saya, sehingga menawari kerjsama berupa pemberian lowongan. Namun, karena masih menyelesaikan berstatus sebagai mahasiswa dan memiliki tanggung jawab di asosiasi profesi, belum memungkinkan  saya untuk menerima tawaran tersebut. 

Oleh karena itu, saya mengajak pembaca untuk terus bekarya melalui tulisan sederhan yang dimuat dalam personal blog. 

"Blog adalah karya yang dimiliki oleh seseorang. Blog merepresentasikan orang itu, apa saja yang dilakukannya dengan tulisan. Blog serupa buku, berisi beragam tulisan yang dapat dibaca oleh siapa saya yang memegangnya."

Blog sebagai Jejaring

Membuat blog meningkatkan jejaring yang dimiliki di dunia. Pembaca dapat berinteraksi dengan saya di blog. Pembaca dapat juga memberikan apresiasi kepada penulis atas karya yang dibuatnya. Terdapat banyak tanggapan dan pertanyaan yang diajukan pembaca pada setiap artikel tertentu yang dipublikasikan dalam blog ini termasuk pertanyaan-pertanyaan terkait teori dan konsep, seputar beasiswa lpdp, kuliah perpustakaan kerja apa, dan beragam pertanyaan lain yang di arsipkan dalam blog ini. Blog ini juga telah menyediakan formulir kontak melalui email, Instagram dan tawk.to sebagai sarana komunikasi antar pembaca dan penulis agar lebih mudah dan berinteraksi. 

Blog sebagai Sumber penghasilan

Menghasilkan uang dari blog merupakan impian bagi para blogger pemula. Saya sempat menganggap bahwa sumber penghasilan dari blog adalah Google Adsense. Setelah saya renungi dan telaah kembali dengan membaca beberapa referensi, penghasilan dari blog ini utamanya yaitu:

1. Kerjasama

Laman kerjasama wajib dimiliki oleh blogger. Laman ini paling bermanfaat untuk menghubungkan pembaca dan penulis melakukan kerjasama. Ada banyak mekanisme kerjasama seperti kolaborasi penulisan, penelitian, riviewer, pelatihan, narasumber, dll. 

Kerjasama yang saya lakukan utamanya sebagai narasumber berbagai event, seperti narasumber Sahabat Beasiswa Chapter Tangerang pada 26 September 2020. Rangkaian acara Schoworkfest "Prepare Now, Get Scholarship and Study Abroad Next", dengan tema Curriculum Vitae Workshop. (Baca disini), Narasumber EKM FP UB pada 25 Oktober 2020 dengan tema Getting Scholarship or build your business (Baca disini), Narasumber Sharing IG Live Doors 2 Heart pada 20 Juni 2021, dengan tema Bluebox Sharing - Beasiswa Bagaimana Cara Mendapatkannya?  (Baca disini)

Acara yang akan saya hadiri seperti Narasumber Webinar perpustakaan online untuk siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Demak yang diselenggarakan oleh Studi Klub Sejarah Universitas Indonesia. Acara akan diselenggarakan pada Sabtu, 28 Agustus 2021 pukul 09.00 WIB.

2. Ikut Afiliasi

Saya saat ini mengikuti afiliasi dengan Mas Sugeng. Afiliasi dilakukan dengan menjual template blogger premium melalui tautan yang saya sediakan menggunakan kode referal. Apabila, pembaca membelit template melalui tautan ini, maka saya akan mendapatkan komisi 20%. Tautan template Mas sugeng Klik Disini. Saat ini saya baru menyelesaikan 1 penjualan template dengan total 92 kunjungan, mendapatkan total Rp. 38.270,-. (Lihat gambar di bawah). Pendapatan ini akan langsung ditranfer pada tiap bulan tanpa ada minimum pembayaran. 

Berafiliasi dengan menjual template mas sugeng

2. Adsense

Setelah menerbitkan tulisan pendapatan Google Adsense (GA) pada Hari ke-7, total pendapatan GA Bulan Juli ini sebesar Rp. 41.926. Per hari, blog ini menghasilkan uang sebesar Rp. 1.352,- dengan total 682 tampilan/hari, 1.852 tanyangan/hari, dan 3 klik iklan/hari. Klik iklan di blog ini menjadi penghasilan utama (lihat gambar di bawah).

Mulai membuat blog

Menetapkan tujuan, untuk siapa blog dibuat dan memilih platform menulis blog harus dipertimbangan sedari awal. Platform blog untuk menulis paling populer yaitu Blogspot.com, Wordpress.com, CMS Wordpress.org. Ada kelebihan dan kekurangan. Penulis menyarankan untuk pembelajaran awal, menggunakan Blogspot karena gratis, dan tersedia beragam template. 

Memulai dari blogspot, tahapannya sebagai berikut: 

1. Memilih template premium

Upayakan beli template blogger premium, selain sudah SEO blog akan mudah untuk dikostum. Hal ini karena sudah ada dokumentasi dan panduan penggunaan template. Setalah template diinstal, atur tataletak, menu navigasinya, dan widget yang tersedia. 

2. Membuat halaman

Buat halaman (page) yang wajib seperti tentang, kontak, disclaimer, privacy policy. Halaman ini sebagai informasi penting bagi blog dan sebagai aspek untuk menunjang pendaftaran adsense. 

3. Membuat postingan

Pelajari SEO, cara menulis artikel di blog berbeda dengan artikel ilmiah ataupun lainnya. Secara umum, penulisan artikel memerhatikan tag heading/judul 1 2 3 4, semakin banyak isi kontennya (teks) semakin bagus dalam sudut pandang Google. Penggunaan gambar dapat menggunakan resolusi standar. Buat minimal 10 artikel dahulu sebagai awal.

4. Membeli domain

Redirect atau arahkan domain blogspot.com ke TLD seperti .com, web.id, dll. Harga domain pertahun, paling murah yaitu my.id seharga 22ribu. Penulis membeli domain web.id di rumah web karena sudah terindeks olah Pandi (Registrar domain di Indonesia).

5. Tips

Tips yang saya berikan seperti, apabila blog sudah memiliki kunjungan atau view 1000/hari, bisa mulai mendaftarkan di adsense. Selain itu, promosi tulisan melalui media sosial dapat menarik minat kunjungan. Penghasilan dari blog tidak hanya melalui iklan, tapi juga melalui kerjasama dan afiliasi.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.