Jejaring kerjasama perpustakaan di bidang kesehatan dan kedokteran

Tidak  semua  kebutuhan  pengguna  tersedia  di  perpustakaan,  perpustakaan  pasti  memiliki keterbatasan.    Mengatasi    persoalan    ini,    perpustakaan  dapat mengembangkan  kerjasama untuk  memenuhi  kebutuhan  pengguna  dan meningkatkan layanan. Dengan kerjasama, perpustakaan dapat saling bertukar dan memanfaatkan informasi secara bersama-sama. Kerjasama memberikan akses  lebih  luas terhadap koleksi, memperbaiki  layanan pengguna dan teknis,  serta meningkatkan aktivitas berbagi sumber daya.  Kerjasama  demikian  menjadi  penting,  oleh  karena  itu  perpustakaan  wajib melaksanakannya. 

Riset ini  menganalisis penerapan dan  bentuk kerjasama yang  dilaksanakan HeLLIS Indonesia dan Indonesia Onesearch dalam menyediakan sumber informasi bidang kedokteran dan kesehatan.  Penelitian  dilakukan dengan mengkaji literatur secara mendalam. 

Seperti apa Jejaring kerjasama perpustakaan di bidang kesehatan dan kedokteran? 

Berikut saya bagikan jurnal yang telah saya buat berdasarkan kajian literatur:

Jejaring kerjasama perpustakaan di bidang kesehatan dan kedokteran

Judul

Kerjasama HeLLIS Indonesia dan Indonesia Onesearch dalam Menyediakan Sumber informasi Kesehatan dan Kedokteran : Sebuah Kajian Literatur.

Abstrak

Perpustakaan harus mampu untuk mengikuti perubahan dan perkembangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Mengatasi persoalan ini, perpustakaan dapat melakukan kerjasama. Kerjasama memberikan akses ke sumber daya lebih luas, meningkatkan jasa dan berbagi sumber daya. 

Penelitian ini bertujuan menganalisis kerjasama HeLLIS Indonesia dan Indonesia Onesearch untuk memudahkan pencarian sumber informasi kesehatan dan kedokteran. Pendekatan kualitatif dengan mengkaji literatur secara mendalam digunakan untuk membahas penerapan kerjasama yang dilakukan HeLLIS Indonesia dan Indonesia Onesearch. 

Temuan menunjukkan kerjasama HeLLIS Indonesia telah dilaksanakan sejak tahun 1971 melalui JIDIKK selanjutnya berkembang ke HeLLIS Indonesia. Pengembangan kerjasama dapat dilakukan dengan mengembangkan kebijakan informasi, mengembangkan sumber informasi dan layanan pengguna. Kerjasama HeLLIS Indonesia dan Indonesia Onesearch melahirkan HeLLIS Onesearch sebagai portal satu pintu dan menyediakan deskripsi bibliografis sumber informasi kesehatan dan kedokteran Indonesia. 

Identifikasi sumber informasi HeLLIS Onesearch menghasilkan deskripsi bibiliografis yang terhubung ke anggota HeLLIS Indonesia. Pengelompokan sumber yang tersedia di HeLLIS Onesearch meliputi afiliasi, institusi, koleksi, format, pengarang, bahasa, tahun, penerbit, dan topik sumber informasi. Penyebaran sumber informasi HeLLIS Onesearch difasilitasi oleh fitur-fitur HeLLIS Onesearch.

Kata kunci

kerjasama perpustakaan; kolaborasi perpustakaan; hellis indonesia; indonesia onesearch;library network; library cooperation; hellis indonesia; indonesia onesearch

Unduh jurnal: 

Via Jurnal lentera pustaka: Kerjasama HeLLIS Indonesia dan Indonesia Onesearch [...]
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Jejaring kerjasama perpustakaan di bidang kesehatan dan kedokteran"