Penilaian rekod di lembaga arsip, universitas, dan warisan budaya

Proyek artikel mata kuliah "Manajemen retensi arsip" dengan memilih topik penilaian rekod di lembaga arsip, universitas dan warisan budaya. Seperti apa penilaian rekod di lembaga arsip, universitas, dan warisan budaya? Berikut saya bagikan jurnal yang telah saya buat berdasarkan kajian literatur:

Judul

Review Literatur Penilaian Rekod di Lembaga Arsip, Universitas, dan Warisan Budaya.

Penilaian rekod di lembaga arsip, universitas, dan warisan budaya

Abstrak

Penilaian berurusan dengan proses memilah dan memberikan nilai kepada rekod serta akuisisi  dengan menambah dan menyimpan rekod secara permanen. Terdapat berbagai jenis metodologi penilaian yang dapat diterapkan oleh lembaga seperti pendekatan berbasis nilai, analisis fungsional dan model penilaian makro serta hibridisasi. Penilaian telah mendefinisikan peran dalam fungsi manajemen rekod dan informasi terkini selain penggunaannya untuk memilih bahan untuk pemeliharaan jangka panjang. Penilaian terjadi dalam konteks, bisa sederhana atau kompleks dan mungkin memiliki kekhasan yang berbeda dari satu lembaga. 

Penelitian ini bertujuan membahas kajian penilaian rekod di lembaga arsip, universitas dan warisan budaya dengan mereview literatur secara mendalam. Penilaian di lembaga berbeda menunjukkan keragaman lokus dan fokus penilaian. Penilaian dapat berfokus pada medium rekod, seperti kertas atau elektronik. Penelitian ke depan dapat membahas penilaian rekod dalam konteks kelembagaan swasta (private sector) dan dapat berfokus pada contoh rekod dan medium yang digunakan. Penggunaan sistem penilaian rekod, implementasi kebijakan dan aspek sosio teknis penilaian rekod.

Kata kunci

Penilaian rekod; rekod; rekod elektronik; lembaga arsip;record appraisal; record; electronic record; archival institution

Unduh jurnal: 

Via Jurnal Diplomatika: Review Literatur Penilaian Rekod  [...] (Article in press)
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Penilaian rekod di lembaga arsip, universitas, dan warisan budaya"