Penyeberangan metadata "Arsip dan perpustakaan"

Di  dalam  tradisi  kearsipan terdapat  standar  metadata  yang dikenal Encoded Archival  Description (EAD) bentuk sintaksis yang mengadopsi ISAD (G) standar deskripsi arsip internasional. Sementara  di  perpustakaan, terdapat  Metadata Object Description Schema (MODS) yang  merupakan  versi  turunan MARC digunakan dalam deskripsi bibliografis (Haynes,  2018). Kedua  standar mendukung deskripsi informasi dengan ciri khas masing-masing. Adanya keragaman skema, mendorong upaya untuk interoperabilitas metadata antar-institusi yang beragam, sehingga dapat saling bertukar dan berbagi satu  sama  lain.

Artikel ini menguraikan metadata  mapping EAD  dan MODS ke Dublin Core, menunjukkan tujuan metadata untuk interoperabilitas menggunakan metode metadata crosswalks. 

Seperti apa Penyeberangan metadata "Arsip dan perpustakaan"? 

Berikut saya bagikan jurnal yang telah saya buat berdasarkan kajian literatur:

Penyeberangan metadata "Arsip dan perpustakaan"

Judul

Penyeberangan metadata: Encoded Archival Description, Metadata Object Description Schema, dan Dublin Core di persimpangan.

Abstrak

Standar  metadata  mempermudah  pekerjaan  deskripsi  dan  identifikasi  sumber,  temu  kembali informasi, manajemen sumber informasi, manajemen hak kekayaan intelektual, interoperabilitas,dan tatakelola  informasi. Dublin  Core adalah  contoh  metadata  standar  yang  digunakan  untuk keperluan  interoperabilitas dan harvesting.  Penting  memahami metadata  yang  diterapkan suatu lembaga  untuk  menggunakan  metadata  standar  dan  mendukung  interoperabilitas,  tak  terkecuali lembaga kearsipan dan perpustakaan. Standar metadata yang diterapkan seperti EAD dan MODS harus  mendukung  fungsi  ini.  

Artikel  ini  menguraikan  interoperabilitas  EAD  dan  MODS  ke Dublin  Core  menggunakan  metode  metadata crosswalks. “Penyeberangan Metadata  Standar” digunakan untuk memperlihatkan kemampuan setiap metadata sehingga dapat saling berbagi dan bertukarinformasi. Standar metadata dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan menganalisa metadata, memutuskan penerapan metadata standar,dan interoperabilitas metadata.

Kata kunci

Metadata  Corsswalks,  Metadata,  Enconded  Archival  Description,  Metadata Object Description Schema, Dublin Core

Unduh jurnal: 

Via jurnal kearsipan: Penyeberangan metadata [...]
Via Researchgate: Penyeberangan metadata [...] 
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Penyeberangan metadata "Arsip dan perpustakaan""