Preservasi warisan musik

Artikel membahas preservasi rekod dengan mengambil fokus preservasi rekod di bidang seni (Art), sehinga mengambil tema "preservasi warisan musik". Riset dilakukan dengan meninjau secara sistematis literatur terdahulu dengan kriteria sesuai panduan dan metode. 

Preservasi musik belum berjalan optimal. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus permasalahan preservasi seperti: 

  • Musik (dokumen) born digital cenderung lebih cepat usang karena ketergantungan teknologi. Hal ini menyebabkan hilangnya dokumen atau tidak lagi memiliki akses ke konten. 
  • Human error dan staf yang tidak terlatih, menyebabkan metode dan pengambilan keputusan untuk tindakan preservasi yang belum tepat. 
  • Kesalahan identifikasi objek digital menyebabkan resiko keaslian dan keandalan material digital yang dipertanyakan. Standar metadata deskriptif yang belum ditetapkan, menyebabkan beragam-nya skema metadata dan isi konten skema khususnya untuk musik. 
  • Isu biaya preservasi yang mahal serta undang-undang kearsipan yang tidak memadai. Setelah musik tidak dapat diakses, barulah kebutuhan preservasi muncul.

Seperti apa preservasi warisan musik? 

Berikut saya bagikan jurnal yang telah saya buat berdasarkan kajian literatur:

Judul

Tinjauan sistematis tentang preservasi warisan musik

Preservasi warisan musik

Abstrak

Pendahuluan. Adanya kesadaran pentingnya warisan musik memunculkan upaya preservasi yang dilakukan oleh komposer, musisi, pemain musik, arsiparis, konservator, masyarakat lokal, arsip komunitas dan pemerintah. 

Metode penelitian. Metode tinjauan sistematis dengan pendekatan kualitatif digunakan. Tinjauan dilakukan terhadap literatur yang tersedia di database Taylor & Francis terkait tindakan preservasi warisan musik. Proses eksklusi multi-tahap menghasilkan 9 artikel jurnal untuk ditinjau. 

Data analisis. Kisi atau bagan analitik digunakan untuk mensistematisasikan informasi paling relevan. Perumpamaan pohon (akar, batang, dan daun) digunakan untuk mewakili ide-ide utama yang diusulkan dalam artikel yang ditinjau. 

Hasil dan Pembahasan. Meningkatkan kesadaran pentingnya warisan dapat dilakukan dengan menciptakan karya musik, mempromosikannya melalui pariwisata, hingga pengemasan ulang. Kerangka teoritis dan metode preservasi warisan musik seperti: 1) pemahaman integritas media dan jejak asli, 2) metode gabungan preskriptif dan deskriptif, dan 3) metode pengemasan ulang karya musik dan 4) penggunaan perangkat Art Glove. 

Kesimpulan dan Saran. Sintesis proposal dirancang untuk memberikan ilustrasi yang mewakili ide-ide utama preservasi warisan musik yang diusulkan dalam artikel yang ditinjau. Sebagai tambahan, penelitian ini juga memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam literatur, memberikan ide-ide tentang penelitian masa depan yang diperlukan.

Kata kunci

Preservasi musik; metode preservasi musik; musik; preserving music; methods of preserving music; music

Unduh jurnal: 

Via Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Tinjauan sistematis tentang preservasi [...] 
Via Researchgate: Tinjauan sistematis tentang preservasi  [...]
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.