Apa kelebihan Template Viomagz?

Apakah kamu sedang mencari template SEO dan Modern minimalis? Jika Ya, maka kamu berada pada bacaan tepat karena artikel mengupas kelebihan template Viomagz.  

Viomagz merupakan salah satu template terbaik karya Mas Sugeng, lainnya seperti Evomagz, Linkmagz, KuToko dan Viotoko. Viomagz release pertama kali 4 Maret 2018, atau sekarang telah berulang tahun ke-4.

Template Viomagz dalam perkembangannya terus mengalami pembaruan. Template ini terakhir telah di update 28 Januari 2022. Adanya pembaruan dan dukungan teknis membuat template ini banyak digemari dan dipakai oleh para blogger profesional. Salah pengguna setia template ini yaitu Mastimon.om - blogger profesional. 


Lalu apa kelebihan template Viomagz dan mengapa kamu wajib memilih dan menggunakannya? Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum pakai Viomagz:

  1. Alasan memilih Viomagz
  2. Izin pemakaian Viomagz
  3. Dukungan teknis Viomagz
  4. Fitur template Viomagz
  5. Penilaian template Viomagz
  6. Kesimpulan dan rekomendasi
Begini penjelasan kelebihan Template Viomagz

Pemilihan template Viomagz untuk kegiatan nge-blog

1. Alasan memilih template blog Viomagz

Viomagz mendukung optimasi iklan (ads optimized), dan mobile friendly. Layaknya template terbaru saat ini, Viomagz telah menyediakan fitur lazyload untuk mempercepat loading blog baik gambar, video, dan iklan ads. 

Viomagz sesuai untuk para bloggger pemula dan profesional, untuk kebutuhan menulis blog dan, informasi tutorial.

Fitur tak kalah penting yaitu tata letak template rapih, dan mudah diatur sesuai kebutuhan. 

2. Izin pemakaian (Lisensi)

Menggunakan Viomagz, pengguna wajib membayar lisensi template "Resmi" sekali seumur hidup dan bisa dipakai untuk template blog yang dimiliki (pribadi) secara tak terbatas. Kamu juga perlu menghargai karya pembuat template dengan tidak menghapus deskripsi template dan pencipta. Alasan ini juga menjadi salah satu syarat kamu mendapatkan klaim dukungan teknis dari pembuat. 

Template Viomagz bisa kamu beli dengan harga Rp. 220.000,-. Kamu bisa pakai kode diskon "SPESIAL15" agar mendapatkan diskon 15%, sehingga pembelian menjadi  Rp. 187.000.

3. Dukungan teknis dan update 

Dukungan teknis sangat penting konfigurasi dan keberlanjutan template blogger. Tidak semua pemula blog paham mengenai instalasi, proses setup dan optimasi template blog. 

Template VioMagz menyediakan panduan khusus template: instalasi, setting awal, cara posting di homepage berdasarkan kategori, menambahkan navigasi menu, widget, dll. (Lihat panduan di bawah).

Selain panduan, kamu dapat dukungan prioritas melalui email selam 6 bulan pertama. Kamu dapat bertanya, keluh kesah mengenai kendala pemasangan template. Kamu secara otomatis akan masuk pada komunitas telegram mas sugeng untuk mendapatkan update dan informasi terbaru seputar template. 

Update template VioMagz disediakan pada laman member area di web mas sugeng. Kamu hanya perlu login dan download template yang telah kamu beli. Pada packaging template, kamu akan menerima riwayat pembaruan template, lihat di bawah:

Viomagz Versi 4.7.0 terakhir update pada 10 Oktober 2021

  • Perbaikan thumbnail related post blur
  • Perbaikan tombol hapus komentar muncul selain admin
  • Pembaruan gambar thumbnail related post menggunakan format webp
  • Penambahan tombol share telegram
  • dan beberapa perbaikan-perbaikan lainnya

Viomagz Versi 4.8.0 terakhir update pada 28 Januari 2022

  • Perbaikan missing URL author artikel pada schema markup
  • dan beberapa perbaikan minor lainnya

4. Fitur template

Berikut ini adalah fitur-fitur bawaan Template VioMagz: 

  1. Navihgasi Breadcrumbs: menampilkan navigasi label (kategori) dan judul blog di setiap postingan
  2. Auto readmore: memotong teks paragraf otomatis ketika tampil di laman homepage.
  3. Pop up Search form: Fitur pencarian konten pop up di blog.
  4. Sticky Widget : widget melayang / mengikuti scroll ketika membaca postingan
  5. Tombol Share: untuk membagikan postingan melalui WA, pinterest, Twitter, Telegram, dan Facebook.
  6. Navigasi halaman (numeric): berguna menampilkan postingan laman selanjutnya 
  7. Related Posts: menampilkan postingan terkait sesuai kategori yang telah kita buat di setiap postingan
  8. Widget iklan otomatis: Terletak beranda, feed, artikel atas, tengah, bawah, sidebar, dan related post yang dapat diaktifkan secara manual/otomatis
  9. Back to Top: berguna untuk scrool otomatis langsung ke atas

5. Penilaian template VioMagz

Penilaian template VioMagz dalam pembahasan ini akan dinilai berdasarkan 4 aspek template SEO yaitu: 1) Lighouse (performance, aksebilitas, best practice, SEO); 2) Mobile friendly; 3) Pagespeed insight; dan 4) Skema markup. 

Sebagai contoh, saya akan menilai blog Mas Timon yang menggunakan template VioMagz yaitu Mastimon.com. Berikut hasil lengkap assesmen template VioMagz yang berjalan pada blog personal Mastimon.com:

Aspek Lighthouse

Penilaian template VioMagz berdasarkan Lighthouse diperoleh hasil sebagai berikut: 

Score performance memperoleh nilai 37 karena saat pengujian dilakukan blog mastimon yang telah menggunakan script adsense. Hasil di atas tentu berbeda dengan penilaian Lighthouse pada situs demo template Viomagz yang memiliki Nilai diatas 91 (lihat gambar).

Hasil lighthouse demo viomagz mas sugeng

Aspek Mobile friendly

Penilaian VioMagz berdasarkan aspek mobile friendly dihasilkan sebagai berikut: 

hasil Penilaian VioMagz mobile friendly

Uji mobile friendly di atas menentukan seberapa mudah pengunjung dapat menggunakan blog ini ketika diakses di perangkat seluler (mobile).

Aspek pagespeed

Penilaian Viomagz berdasarkan aspek performance (pagespeed insight), menghasilkan data berikut:

hasil uji pagespeed insight di Viomagz

Hasil uji didapat performance dengan skor desktop 93, sedangkan untuk skor mobile: 67. Hasil ini menujukan seberapa baik situs dan template ketika diakses dalam laman desktop/seluler. Semakin tinggi nilai performance, semakin baik.

Indikator Skema markup

Penilaian Viomagz berdasarkan aspek cek struktur data, sebagai berikut:

Hasil uiji cek struktur data viomagz

Hasil uji struktur data tidak mengalami kesalahan, memiliki atribut terstruktur. 6 item valid terdeteksi di laman homepage yang berisi 6 postingan artikel. 

6. Kesimpulan dan rekomendasi

Memilih template VioMagz cocok untuk setiap kalangan pemula / profesional adalah pilihan yang tepat. Segala aspek mulai dari kebutuhan, lisensi, dukungan teknis, dan fitur template blog sudah mumpuni. Template ini juga banyak dipakai oleh para blogger yang fokus pada adsense, afiliasi, backlink dan jasa lainnya.

Hasil penilaian 4 aspek, menunjukan masalah performance yang perlu di atasi oleh para blogger. Utamnya ketika menyandingkan template VioMagz dengan script Google Adsense. Solusi script yang mengurangi nilai performance dapat di atasi menggunakan Script lazyload

Bagi para blogger pemula yang tidak ingin ribet memilih template, dan memodifikasi secara berlibahan tentu disarankan menggunakan template VioMagz. Beli sekarang, klik gambar di bawah ini:

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.