Gagal lolos jalur SNMPTN? Sama, Ikut SBMPTN saja

SNMPTN telah diumumkan Selasa, 29 Maret 2022 lalu. Banyak yang lolos, dan tidak sedikit pula yang gagal. Beberapa tidak beruntung memilih melanjutkan seleksi UTBK SBMPTN, dan sebagian lainnya memutuskan mengikuti jalur mandiri perguruan tinggi swasta. 

Apapun pilihan setelah gagal lolos SNMPTN, kamu tetap memiliki banyak opsi untuk melanjutkan studi Sarjana atau Diploma. Baik menggunakan biaya mandiri ataupun jalur beasiswa seperti KIP Kuliah. KIP kuliah sekarang ini memungkinkan kamu memilih beragam perguruan tinggi yang terdaftar pada https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Lalu, seperti apa strategi yang dapat kamu lakukan setelah gagal lolos SNMPTN?

  1. Mendaftar UTBK jalur SBMPTN
  2. Memilih program studi dan perguruan tinggi tujuan dengan passing grade yang tepat
  3. Persiapan dan latihan soal UBTK (Sainteks / Soshum)
  4. Belajar magang atau bekerja sembari menunggu hasil SBMPTN
  5. Penutup: Sedikit cerita saya, "sama saya juga tidak lolos SNMPTN"
Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu tempuh setelah gagal lolos SNMPTN:

1. Daftar SBMPTN

ikut sbmptn ketika gagal snmptn

Tentu kamu tetap bisa mencoba SBMPTN. Kamu akan mengikuti tes UTBK sesuai minat Saintek/Soshum dan skornya akan dipakai untuk mendaftar SBMPTN. Berikut rangkaian dan tahapan seleksi SBMPTN tahun 2022:

  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret - 15 April 2022
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 - 23 Mei 2022
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei - 03 Juni 2022
  • Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni - 31 Juli 2022

Selengkapnya mengenai prasyarat SBMPTN, cek melalui tautan https://ltmpt.ac.id/?mid=33.

Kamu juga bisa ikutkan kembali KIP Kuliah di SBMPTN, dengan melakukan update data perguruan tinggi dan prodi untuk jalur SBMPTN. 

2. Pilih Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Visibel

pilih jurusan tepat ikut sbmptn

Kamu bisa memilih jurusan dan perguruan tinggi sesuai dengan kemampuan mu. Tidak usah fokus pada jurusan passing grade tinggi karena memiliki tingkat persaingan dan penerimaan yang ketat pula. Visibel disini berarti kamu yakin bahwa kamu akan diterima di jurusan tersebut. 

Passing grade adalah sebuah acuan nilai yang memungkinkan kamu lolos jurusan di suatu perguruan tinggi. Nilai bisa berarti skor UTBK, daya tampung, dan jumlah peminat.

3. Latihan soal UBTK (Sainteks / Soshum)

daftar UBTK 2022 setelah gagal snmptn

Pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi UTBK. Persiapan jasmani, dan rohani sangat dibutuhkan. Terkait soal-soal UTBK, kamu bisa cari di Google menggunakan kata kunci "soal utbk soshum filetype:pdf" atau "soal utbk saintek filetype:pdf". Maka hasil pencarian akan secara otomatis memfilter soal ujian format PDF. 

Contoh soal UTBK Soshum dan saintek:

Belajar sesuai dengan metode yang kamu terapkan selama ini, apakah menggunakan model latihan soal, belajar materi menggunakan mind mapping (peta konsep) atau lainnya.

4. Belajar magang atau Bekerja

ikut prakerja setelah gagal snmptn

Ada jeda waktu ketika menunggu hasil SBMPTN sekitar 1-2 bulan yang dapat kamu manfaatkan. Kamu bisa belajar bekerja (magang) atau meningkatkan softskill. Contohnya kamu dapat mengikuti sidejob (part time) atau belajar online seperti desain grafis, editing video, dll. Skill ini nantinya akan tetap diperlukan ketika kamu kuliah nanti. Kamu juga bisa mendaftar Program Kartu Prakerja, untuk meningkatkan kemampuanmu. 

Kamu bisa juga persiapkan jalur mandiri, apabila kemungkinan terburuk kamu tidak diterima di jalur SBMPTN. Kamu bisa mendaftar jalur mandiri di perguruan tinggi Swasta, menggunakan dana pribadi atau beasiswa KIP Kuliah.

Penutup

Pilihan apapun yang kamu setelah gagal SNMPTN adalah yang terbaik untukmu. 

Ketika saya memilih SNMPTN Bidikmisi(KIP Kuliah) tahun 2014, saya mengalami hal serupa tidak lolos. Saya memilih 3 jurusan antara lain, jurusan Kehutanan UGM, Pariwisata UGM, dan teknologi Pendidikan UM. Ketiganya saya tidak lolos, sehingga saya memutuskan untuk mendaftar SBMPTN. 

Saya memilih mendaftar SBMPTN Bidikmisi dan diterima di Jurusan Ilmu Perpustakaan FIA UB sebagai pilihan kedua saya. Pilihan pertama yaitu teknologi hasil Pertanian UB, dan ketiga yaitu teknologi pendidikan UM. 

Kegagalan SNMPTN telah mengantarkan saya ke jenjang lolos SBMPTN. Jadi bagi kamu yang tidak lolos SNMPTN jangan khawathir, masih ada banyak jalan. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Gagal lolos jalur SNMPTN? Sama, Ikut SBMPTN saja"