Persamaan Template VioToko dan Kutoko

Platform blogger dapat dimanfaatkan untuk membuat toko online serupa E-Commerse Wordpress. Membuat toko online dengan blogger dapat dilakukan dengan memilih template toko online. 

Ada banyak template toko online untuk para blogger, diantaranya VioToko dan KuToko yang merupakan karya Mas Sugeng. Duo template toko online ini paling populer dan banyak dimanfaatkan. 

VioToko pertama kali diperkenalkan 19 April 2018 atau sudah berusia 4 tahun. Sedangkan KuToko baru release pada 26 Februari 2022 atau telah genap 2 bulan. Keduanya akan menerima update berkala dari Mas Sugeng. 

Baik VioToko dan Kutoko, kamu dapat berjualan produk atau jasa sesuai yang ditawarkan. Keduanya telah mendukung optimasi toko online serta order dengan Via telepon, SMS, Whatsapp dan Market place (Shopee, tokopedia, lazada,dll). 

Beberapa pengguna template ini seperti: https://store.munaji.com/ pengguna Kutoko dan https://toko.kreasindo.id/ pengguna VioToko. Kedua blog tersebut menjadi bahan diskusi dan pembahasan persamaan template. 

Berikut ini persamaan VioToko dan KuToko:

  1. Kebutuhan toko online
  2. Izin pemakaian 
  3. Dukungan teknis 
  4. Fitur template 
  5. Penilaian template 
  6. Kesimpulan dan rekomendasi
ini dia persamaan viotoko dan kutoko

Persamaan template VioToko atau Kutoko

1. Kebutuhan toko online

VioToko dan KuToko dikhususkan untuk platform blogger toko online. Keduanya secara struktur dan sintaksis mendukung untuk optimasi produk dan jasa, tidak didesain untuk optimasi artikel blog. Meskipun keduanya dapat digunakan untuk postingan artikel, namun pembuat template menyarankan hanya digunakan untuk kebutuhan produk. 

Store Munaji memanfaatkan KuToko untuk kebutuhan jual produk seperti handmade, pakaian, sepatu,dll. Sementara Toko Kreasindo digunakan untuk menjual Beragam Jasa dan Produk seperti etalase, gerobak, pintu teralis, dsb. 

Kedua toko yang direview hanya memanfaatkan KuToko dan VioToko untuk menjual produk. Alih-alih membuat konten artikel pada template yang sudah dipakai VioToko, Toko Kreasindo lebih memilih membuat konten pada domain utama dengan template standar untuk postingan artikel (kreasindo.id). Hal ini serupa dengan Toko Munaji, memanfaatkan template KuToko hanya untuk jual produk. Sedangkan untuk penulisan artikel lebih memilih template Linkmagz, yang dipasang di domain utama (munaji.com). 

Produk toko munaji dengan template KuToko
Produk KuToko di toko munaji 

Toko online dengan VioToko by kreasindo.id
Produk VioToko di kreasindo.id

2. Izin pemakaian (Lisensi)

Menggunakan VioToko atau KuToko, pengguna wajib membeli lisensi resmi template sekali seumur hidup untuk penggunaan personal. Kamu wajib memertahankan identitas dan deskripsi template karya mas sugeng sebagai bentuk apresiasi. Selain apreasiasi, item deskripsi juga menjadi syarat agar kamu menerima support dari mas sugeng.

Template VioToko bisa kamu dapatkan dengan membeli seharga Rp. 195.000,-. Kamu bisa masukan kode "SPESIAL15" untuk mendapatkan diskon 15%. Dengan diskon ini kamu bisa dapatkan viotoko seharga Rp. 165.750,- lebih hemat Rp. 29.250,-.

Beli template VioToko

Template KuToko bisa kamu beli dengan harga Rp. 195.000,-. Kamu bisa pakai kode diskon "SPESIAL15" agar mendapatkan diskon 15%, sehingga pembelian menjadi Rp. 165.750. Jika kamu member template mas sugeng, maka kamu bisa dapat potongan 25%, sehingga kamu Rp. 146.00,-

Beli template KuToko

3. Dukungan teknis 

Tidak semua pemula blog paham mengenai instalasi, proses setup dan optimasi template blog. Baik KuToko dan VioToko akan menerima support dan pembaruan template.Selain itu, Keduanya menyediakan panduan khusus termasuk cara instalasi, setting awal, cara posting di homepage berdasarkan kategori, menambahkan navigasi menu, widget, dll.

Selain panduan, kamu dapat dukungan prioritas melalui email selam 6 bulan pertama. Kamu dapat bertanya, keluh kesah mengenai kendala pemasangan template. Kamu secara otomatis akan masuk pada komunitas telegram mas sugeng untuk mendapatkan update dan informasi terbaru seputar template. 

Update template VioMagz disediakan pada laman member area di web mas sugeng. Kamu hanya perlu login dan download template yang telah kamu beli. 

Berikut ini perkembangan template VioToko dan KuToko:

Perkembangan Template VioToko

NoTanggal RilisVersi
119 April 2018v.1.0
207 Juli 2018v.1.2
331 Agustus 2018v.1.3
415 September 2018v.1.4
513 Januari 2020v.1.6
623 Juni 2020v.2.0.0
v.2.1.0
810 Oktober 2021v.2.3.0

Perkembangan Template KuToko

NoTanggal RilisVersi
126 Februari 2022v.1.0
202 April 2022v.1.1.0

4. Fitur 

Berikut ini adalah perbandingan fitur-fitur Template VioToko dan KuToko: 

Komparasi fitur template kutoko dan viotoko
Komparasi fitur template kutoko dan viotoko

Template KuToko sedikit lebih unggul dibandingkan dengan VioToko. Hal ini karena KuToko sudah memiliki fitur slider, tombol darkmode dan form order via chat. Fitur ini secara default sudah include dalam pembelian, sehingga tidak perlu menambahkan koding.

Disisi lain, VioToko jauh lebih senior dari KuToko. Hal ini nampaknya juga dapat menjadi pertimbangan bahwa template VioToko lebih stable dengan adanya bug yang sudah menerima pembaruan dari versi ke versi. 

5. Penilaian 

Penilaian template Vio Toko dan KuTOko dalam pembahasan ini akan dinilai berdasarkan 3 aspek template SEO yaitu: 1) Lighouse (performance, aksebilitas, best practice, SEO); 2) Mobile friendly; 3) dan 3) Skema markup. 

Sebagai contoh, penilaian dijalankan di blog Kreasindo (VioToko) dan Munaji (Kutoko). Berikut hasil lengkap asesmen template:

Aspek Lighthouse

Penilaian template VioToko dan KuToko berdasarkan Lighthouse diperoleh hasil sebagai berikut: 

Lighthouse VioToko di Kreasindo
Skor VioToko

Lighthouse KuToko di Store Munaji
Skor KuToko

Score performance VioToko (79), lebih unggul dari KuToko (69). Disisi lain, skor aksebilitas, best praktis, dan SEO KuToko lebih baik. Hasil ini tentu dapat berbeda, karena dipengaruhi beberapa faktor termasuk penggunaan resource gambar (besar), script adsense, dan source code tambahan yang telah dimodifikasi pengguna. 

Aspek Mobile friendly

Penilaian VioToko dan KuToko berdasarkan aspek mobile friendly dihasilkan sebagai berikut: 

Mobile Friendly VioToko

Mobile Friendly KuToko

Hasil uji mobile friendly kedua template yaitu Mobile Friendly. Hal ini menunjukan seberapa mudah pengunjung dapat menggunakan blog ini ketika diakses di perangkat seluler (mobile).

Indikator Skema markup

Penilaian VioToko dan KuToko berdasarkan aspek cek struktur data, sebagai berikut:

Uji skema markup Atribut "Produk" VioToko
Uji Atribut "Produk" VioToko

Uji skema markup kutoko
Uji Skema Markup KuToko

Hasil uji struktur data tidak mengalami kesalahan di kedua template. Type menunjukan atribut "Product" berarti postingan tersebut berisi produk. Berbeda dengan atribut "Blogposting" yang berarti menunjukan postingan artikel. Selain itu, terdapat cuplikan ulasan dengan atribut "Review" menunjukan postingan testimoni. 

6. Kesimpulan dan rekomendasi

Memilih template VioToko atau KuToko adalah sudah tepat digunakan untuk blog toko online. Segala aspek mulai dari kebutuhan, lisensi, dukungan teknis, dan fitur template blog sudah mumpuni. 

Hasil penilaian 3 aspek (lighthouse, mobile friendly dan struktur data) menunjukan bahwa VioToko dan KuToko sudah baik. Adanya skema markup produk, ulasan, dan review menunjukkan bahwa template ini diperuntukan untuk template Blog Toko online. 

Bagi para blogger pemula yang tidak ingin ribet memilih template toko, dan memodifikasi disarankan menggunakan template VioToko atau KuToko. Beli sekarang, klik gambar di bawah ini:

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Post a Comment for "Persamaan Template VioToko dan Kutoko"