3 Cara cek penghasilan adsense website atau blog orang lain

Ketika kamu berkunjung di blog orang lain mendapati banyak iklan Google Adsense, dan secara tidak sengaja klik iklan maka blog tersebut akan mendapatkan rupiah dari Google. Semakin sering klik iklan maka semakin banyak penghasilan yang didapat oleh blogger tersebut.

Faktor jumlah pengunjung atau visitor juga memengaruhi penghasilan dari suatu website. Semakin banyak konten, maka otomatis menarik minat kunjung visitor dan membaca artikel lain dalam blog. Biasanya Google akan melakukan indexing / crawl tiap hari, sehingga apabila kamu memiliki artikel sebanyak 130 postingan, maka kamu bisa mendapatkan trafik sebesar itu pula. 

Para pemain blogger biasanya memiliki ribuan artikel untuk tujuan adsense. Mereka biasanya membuat sendiri/ membeli artikel SEO. Tidak jarang mereka menawarkan jasa atau produk lainnya. Lantas bagaimana kita bisa mengetahui kisaran para blogger pemula ataupun profesional?

3 Cara cek penghasilan adsense website atau blog orang lain

3 Situs untuk mengecek kisaran penghasilan para blogger

Ada 3 situs untuk mengecek kisaran penghasilan para blogger yang menggunakan adsense/ atau reveneu serupa. Merujuk mikaylabinar.com, 3 situs yang dapat digunakan untuk cek adsense orang lain yaitu statshow.com, siteprice.org, dan worthofweb.com. Adapun penjelasannya sebagai berikut. 

1. Statshow.com

Dikutip dari StatShow.com, Statshow digunakan sebagai alat analisis situs web yang menyediakan informasi penting dan perkiraan data situs web seperti nilai Situs web, pendapatan iklan berdasarkan Niche dan kategori serta lalu lintas seperti pengunjung dan tampilan halaman. 

Selain mengecek penghasilan tertaksir dari sebuah web, statshow dapat digunakan untuk cek value / nilai dari sebuah blog meskipun tidak memiliki adsense. Berikut cara melakukan cek di situs statshow. 

  1. Buka tautan https://www.statshow.com/
  2. Masukan URL website yang ingin dicek nilai / penghasilannya ke kotak Enter a Website or Keyword: 
  3. Klik icon cari untuk melakukan proses analisis
  4. Hasil berupa report akan keluar secara otomatis

Hasil report akan menampilkan nilai (kurs dollar) sebuah website. Mereka juga menampilkan pendapatan harian, bulanan dan tahunan blog yang dicek. Selain itu mereka juga menyediakan data statisk lain seperti rerata visitor, peringkat situs (alexa ranking), dns record dan server blog, dan indexing situs (Google, Bing, &Yahoo). 

statshow penghasilan blog mas gani
Contoh penghasilan blog mas gani dinilai stashow

Gambar di atas adalah contoh hasil pengecekan penghasilan blog mas gani dari sisi statshow dengan niche general. Rerata per hari bisa menghasilkan Rp. 19.045/hari. Tentu hasil ini bisa berbeda dengan aslinya karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti trafik, jumlah konten, dan niche blog. 

Terkait niche blog, ketika kita klik category/niche statshow maka hasilnya bisa berubah. Contoh kita bisa pilih niche education/pendidikan, hasilnya sebagai berikut. 

penghasilan niche adsense pendidikan mas gani
Blog mas gani jika niche pendidikan

2. Siteprice.org

Dikutip dari siteprice.org, Siteprice digunakan untuk menilai situs web, trafik dan peringkat secara gratis. Siteprice.org memperkirakan harga situs web bukan harga bisnis.

Selain mengecek nilai kisaran domain /situs, siteprice dapat digunakan untuk cek info website, trafik, penghasilan iklan, backlink, dan kompetitor. Berikut langkah cek nilai domain di siteprice. 

  1. Buka tautan https://www.siteprice.org/
  2. Masukan URL website yang ingin dicek nilai/ penghasilannya ke kotak websites calculated. 
  3. Klik Calculate untuk melakukan proses analisis
  4. Hasil berupa report akan keluar secara otomatis

Hasil report akan menampilkan nilai (kurs dollar) sebuah website. Mereka juga menampilkan info website, trafik, dan penghasilan. Selain itu juga menampilkan banyaknya backlink, site ranking, site visibility, dan competitor.

Nilai Siteprice dari blog mas gani
Nilai blog mas gani dari siteprice

Gambar di atas adalah contoh hasil pengecekan penghasilan blog mas gani dari sisi siteprice dengan nilai $128 atau Rp 1,8 juta. Tentu hasil ini bisa berbeda dengan aslinya karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti trafik, jumlah konten, dan niche blog. 

Kamu bisa tampilkan banner nilai website dari siteprice dengan menyalin source code html yang secara otomatis tersedia. Taruh code tersebut di blog kamu, agar pengunjung tau nilai website mu. 

Berbeda dari Statshow, Siteprice hanya memperkirakan harga suatu domain/website. Beberapa fitur lainya seperti website info, trafik, dan penghasilan iklan tidak tampil. Beberapa opsi lainya menampilkan backlink, site ranking, site visibility, dan competitor belum berjalan.

penghasilan iklan Siteprice dari blog mas gani
Nilai iklan blog mas gani

3. Worthofweb.com

Dikutip dari worthofweb.com, worthofweb digunakan untuk menilai situs web, pendapatan harian, bulanan, dan tahunan dari sebuah iklan yang ditampilkan. 

Selain mengecek penghasilan tertaksir dari sebuah web, worthofweb dapat digunakan untuk , perkiraan kunjungan & tampilan halaman, peringkat & grafik Lalu Lintas Alexa, dan Peringkat WOW. Berikut cara melakukan cek di situs worthofweb. 

  1. Buka tautan https://www.worthofweb.com/calculator/
  2. Masukan URL website yang ingin dicek nilai / penghasilannya ke kotak Start your website analysis here: 
  3. Klik analyze untuk melakukan proses analisis
  4. Hasil berupa report akan keluar secara otomatis

Hasil report akan menampilkan perkiraan nilai (kurs dollar) sebuah website. Mereka juga menampilkan pendapatan iklan harian, bulanan dan tahunan blog yang dicek. Selain itu mereka juga menyediakan data statisk lain seperti rerata trafik visitor, dan alexa ranking

Nilai web mas gani dari sisi worthofweb

Gambar di atas adalah contoh hasil pengecekan penghasilan blog mas gani dari sisi worthofweb. Rerata per hari bisa menghasilkan $ 6.2 atau Rp. 91,527. Tentu hasil ini bisa berbeda dengan aslinya karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti trafik, jumlah konten, dan niche blog. 

KESIMPULAN

Kita telah membahas cara mengecek penghasilan blog milik orang lain. Lalu apa manfaat yang didapat jika mengetahuinya? Jika kamu ingin menjadi blogger, dan baru saja terjun kedalam dunia blog maka kamu bisa baca terlebih dahulu Hari ke-7 pendapatan adsense blogger tahun 2021. Artikel tersebut menjelaskan bahwa untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah Google Adsense butuh proses dan tidak bisa secara instan dilakukan. 

Sebagai perbandingan, kita bisa lihat penghasilan salah blogger profesional seperti mastimon.com. Kita bisa melihar penghasilnya di Statshow.com, ternyata sehari penghasilan blog mastimon per hari sekitar $11.55 atau Rp. 170,506 . Tentu mastimon telah memiliki ribuan artikel dan trafik yang banyak. 

Menjadi blogger dengan penghasilan utama dari Google Adsense, maka kita harus memilih niche yang memiliki klik iklan tinggi, ribuan konten, dan trafik tinggi. Selain itu, kamu juga bisa buat blog bule dengan klik iklan tinggi, sehingga sedikit trafik pun memiliki penghasilan google adsense yang tinggi. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.