3 Ide Konten Blog bagi Blogger Pemula

Kegiatan ngeblog bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Aktivitas ini dilakukan untuk menuangkan gagasan, perilaku dan materi ke dalam tulisan yang dipublikasikan melalui blog atau website. 

Tidak hanya sakadar menulis, konten blog yang dibuat dapat menghasilkan beragam manfaat sebagai berikut.

  1. Personal branding. Menulis di blog mendatangkan trafik, sehingga apabila banyak dibaca orang kita akan dikenal oleh masyarakat luas. 
  2. Portofolio. Tulisan yang disajikan dapat dijadikan portofolio kegiatan apa saja yang dilakukan. 
  3. Mendapatkan penghasilan. Penghasilan blog didapatkan melalui adsense (iklan), afiliasi, kerjasama, dan layanan yang kita tawarkan. 
  4. Arsip dunia internet. Penulis meninggalkan karya besar mereka, tidak akan hilang dan dapat digunakan sebagai jejak digital. Bahkan Internet Archive merekamnya dalam kurun waktu tertentu. 
  5. Warisan. Blog yang telah menghasilkan cuan dapat diwariskan ke anak cucu kita. Ini serupa dengan uang pensiunan, apabila ditekuni dapat dijadikan sebagai pekerjaan tetap. 

Agar memeroleh manfaat yang dijelaskan di atas, menulis blog butuh ketekunan dan banyak membaca. Membaca membuka wawasan kita terkait blog yang terus dikembangkan, karena algoritma mesin pencari terus berkembang. Ketekunan dibutuhkan agar kita tetap update tulisan kita minimal seminggu sekali posting. 

Hal ini sesuai penjelasan Febri (2019), sebagai blogger pemula banyak yang harus dipelajari. Contohnya pemilihan tema blogger yang tepat, nama blog yang mudah diingat, pelajari sedikit SEO, jangan plagiat, perhatikan indexing dan url, dan isilan blog dengan konsisten 1 minggu 1 cerita.  

Lalu, apa saja ide terbaik apa yang dapat kita tuangkan dalam sebuah blog yang kita buat untuk para pemula blogger?

Dikutip dari Janto (2020), ia menjabarkan 10 Ide Konten Blog yang Bisa Menarik Pengunjung Website. Ide tersebut antara lain: Tips dan Trik Travelling, Do It Yourself (DIY), Review Produk, Resep Makanan, Tips dan Tutorial Makeup, Rekomendasi dan Review Film, Pengalaman Pribadi, Giveaway, Business Guides, dan Opini mengenai Kasus. Ada banyak ide yang dapat kamu pakai dan bisa kamu sesuaikan dengan preferensi mu. Tidak harus semua ide dipakai, cukup pilih satu agar konten blog menjadi spesifik

Artikel ini akan mencoba menjelaskan 3 ide konten blog yang paling populer, tentunya telah diolah penulis, termasuk konten tentang pengalaman pribadi, tugas kuliah, tips dan tutorial serta hobi sebagai berikut. 

3 Ide Konten Blog bagi Blogger Pemula

1. Pengalaman pribadi

ide konten website bersumber pengalaman pribadi
Via thebalancesmb

Pengalaman pribadi yang kita miliki dapat kita tuangkan menjadi sebuah blog yang kita buat. Contohnya pengalaman ketika masuk perguruan tinggi dengan beasiswa, mengikuti pengabdian masyarakat, lomba, konferensi internasional, dsb. 

Pengalaman ini terkadang dicari oleh orang lain, bahkan bisa menginspirasi dan memberikan motivasi bagi pembaca agar tergerak.

2. Materi dan tugas sekolah/kuliah

ide menulis blog dari tugas kuliah
via theconversation

Kamu bisa sharing materi yang kamu pelajari di bangku sekolah ataupun kuliah. Selain itu, tugas yang telah dikumpulkan dan dinilai dapat kamu upload di blog. Ini disebut menabung tulisan, apabila sudah banyak materi dan tugas yang diupload kamu bisa daftarkan adsense agar memeroleh cuan kemudian. 

Konten materi atau tugas sekolah banyak dicari, apalagi ketika masuk tahun ajaran baru atau sedang UAS, pasti trafiknya akan naik. 

3. Tips dan tutorial

ide menulis blog
via britishcouncil

Konten blog tips dan tutorial dapat kamu buat ketika kamu mengalami kesulitan dan menelusur sumber untuk memecahkan masalah. Solusi ini kemudian kamu buat lagi tutorialnya, dan bisa kamu tambahkan pengalaman dan wawasan baru untuk pembaca. 

Contohnya cara mendaftarkan blog di google adsense. Kamu bisa bikin tutorial, cara agar diterima minimal memiliki 15 artikel namun setelah kamu lakukan harus mempunyai 150 artikel. 

4. Hobi

ide konten web dari hobi jalan-jalan
via widetraveldeals

Hobi yang kamu miliki dapat kamu bagikan ke pembaca. Contohnya hobi jalan-jalan, makan-makan, olahraga, fotografi dsb dapat kamu tuangkan menjadi tulisan dalam sebuah blog. Hobi traveling, maka kamu dapat menulis wisata yang pernah kamu kunjungi, tunjukan informasi, pengalaman, foto dan wawasan baru kepada pembaca. 

Penutup

Ternyata ada banyak sekali gagasan yang dapat kamu tuangkan dalam sebuah blog. Niche atau tema blog spesifik biasanya akan bernilai dimata google dibandingkan dengan konten blog gado-gado (campur-campur). Akan tetapi, blog gado-gado nyatanya banyak dimanfaatkan oleh blogger pemula untuk membangun sebuah blog.

Ide konten apapun yang kamu pakai buat nge-blog, berusahalah agar konten tersebut bermanfaat bagi diri sendiri, serta orang lain. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.