3 Tips blog agar diterima Google Adsense

Tepat hari ini, Rabu 29 Juni 2022 salah satu blog saya (Baca: Blog Cuan) diterima oleh Google Adsense. Saya submit Blog Cuan sebanyak 9 kali ke Google Adsense, akhirnya di approve. 

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa blog ditolak adsense. Sesuai wpidn.com, 10 alasan blog ditolak Google Adsense antara lain: konten bermasalah (duplikat, plagiasi, sedikit posting), usia website, akun di bawah umur, duplicate akun adsense, website down, trafik belum banyak, dan kode adsense yang belum dipasang secara betul.

Berdasarkan pengalaman dan kasus Blog Cuan, Penolakan oleh Google Adsense yang sering saya dapatkan yaitu low value content, dan konten melanggar kebijakan. 

  1. Low value content (konten tidak berkualitas). Artikel yang ada belum mencukupi ketentuan Google. Upayakan lebih dari 30 artikel unik, dan memiliki trafik diatas 100 visitor per hari. 
  2. Melanggar kebijakan.  Ada beberapa konten duplikat dalam sebuah blog. Hal ini dapat dilihat melalui situs https://www.siteliner.com/. Selain mengecek konten duplikat, dapat juga melihat tautan rusak (broken link).

Niche konten Blog Cuan pada kasus ini seputar penulisan dan riset ilmiah. Selain niche tersebut, saya juga menjual layanan asistensi penulis. Sehingga penghasilan utama blog tersebut yaitu menyediakan layanan bagi penulis. 

3 Tips blog agar diterima Google Adsense

3 Tips agar blog cepat diterima adsense

Template SEO

Jika kamu telah membuat blog dari blogspot + custom domain atau memakai CMS Wordpress, pastikan kamu memilih template website yang sesuai. Selain itu, perhatikan navigasi jelas dan buat laman wajib. sesuai pedoman blogger. Upayakan memilih tema yang fast loading karena lebih disukai Google. 

Buat halaman privacy policy, sitemap, disclaimer, contact us dan about us. Kamu bisa buat secara otomatis melalui laman privacy generator untuk laman privasi, dan disclaimer. Laman contact untuk blogspot dapat menggunakan script laman statis form kontak

contoh laman kontak untuk blogger

Navigasi jelas biasanya terdiri dari 4 - 5 menu tanpa sub menu (opsional). Menu tersebut terdiri dari beberapa laman (page, bukan postingan artikel). Jika ingin menambahkan kategori (label), cukup tambahkan 1 menu (lihat contoh). 

Menu blog seo + responsif untuk adsense

Bikin konten 

Konten tidak harus spesifik atau berdasarkan niche tertentu. Niche marketing, kesehatan dan resep masakan biasanya memiliki nilai Cost per click tinggi untuk setiap klik iklan. Konten apapun yang dimuat blog harus dapat dipertanggung jawabkan. 

Dilansir pada laman romelteamedia.com, jumlah artikel minimal agar diterima adsense yaitu di atas 10 artikel, dengan catatan blog sudah ada banyak pengunjung dan navigasi bagus. Ia juga menyebutkan panjang setiap postingan minimal 500-600 kata. Setiap kategori/tag berisi minimal 3-4 postingan. 

Selain jumlah artikel, usia blog minimal 3 bulan. Semakin lama usia dan jumlah artikel, peluang lolos adsense sangat terbuka. 

Kamu harus melakukan mini riset di Google untuk membuat konten artikel SEO. Biasanya memakai kotak pencarian Google, people also ask, dan related searches. Ketikan kata kunci, maka akan muncul beberapa saran, gunakan kata kunci sebagai judul 

Bagikan konten

Kamu perlu melakukan optimasi SEO on page dan off page agar blogmu dikenal pembaca secara luas.  Dikutip dari Adieb (2021), Seo on page dilakukan dengan mengisi deskripsi blog, url, alt text gambar, tag title, internal link dan memperkecil size laman. Sedangkan seo off page dilakukan dengan menambahkan link internal, link eksternal dan backlink

Setelah dilakukan optimasi, bagikan konten artikel ke berbagai medsos yang kamu punya. Kenalkan blogmu melalui Facebook, Instagram, dan Whatssapp untuk menaikan trafik secara non organik. Kamu juga bisa menulis guest post di blog orang lain dan menambahkan link agar menuju laman blog mu. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.