Blogger pemula pilih Blogspot.com atau Wordpres.org?

Sebagai seorang blogger pemula pasti kamu terkadang ragu memilih platform yang kamu gunakan sebagai rumah untuk menulis, entah itu Blogger (blogspot) atau Wordpress. Kedua platform ini banyak digunakan oleh para blogger pemula hingga profesional. 

Kelebihan blogspot yakni gratis dan unlimited posting, sedangkan wordpress berbayar dan limited sesuai budget yang kamu miliki. 

Blogger.com adalah platform menulis secara gratis yang disediakan oleh Google. Memakai blogger, maka kamu bebas posting artikel tanpa batasan ruang, dan trafik. Platform blogger banyak dipakai oleh pemula. Disisi lain, kamu harus taat pada pedoman komunitas di blogger, seperti tidak menulis posting sara, dan konten negatif. Konten negatif apabila dilaporkan ke google, akan mendapatkan blacklist sehingga artikel tidak visible. 

Disisi lain, Wordpress adalah platform Content Management System (CMS) yang diperuntukan untuk menulis. Memakai wordpress membutuhkan hosting (rumah) dan domain (alamat rumah) agar bisa terbit secara online. Kamu perlu menyewa hosting dan domain, sehingga layanan tidak gratis dan sesuai provider yang kamu pilih. 

Blogger pemula pilih Blogspot.com atau Wordpres.org?

Alasan memilih blogger atau wordpress

Mengapa memilih Blogger.com

https://www.wpbeginner.com/beginners-guide/self-hosted-wordpress-org-vs-free-wordpress-com-infograph/

Blogger biasanya banyak digunakan oleh pemula yang baru belajar blog. Mereka kebanyakan menggunakan blog untuk menghasilkan uang dari blog dengan modal yang minim (Sugeng, 2022). Meskipun seperti itu, banyak blogger profesional menggunakan blogger.com. Berikut beberapa kelebihan blogger. 

  1. Platform gratis, bisa dicustom domain (.com, .id, .web.id). 
  2. Tidak ada batasan posting artikel, trafik dan space
  3. Anak Google
  4. User friendly, dan mudah digunakan
  5. Terintergasi Google Adsense
  6. 1 Akun bisa bikin 100 blogspot
Contoh pengguna blogger.com seperti https://www.erickunto.com/https://www.mediapustaka.id/ 

Mengapa memakai Wordpress.org?

alasan memilih wordpress.org

Memakai wordpress (Wordpress.org Asli) membutuhkan modal untuk sewa hosting + domain (Balki, 2022). Apa yang telah kita sewa menjadi milik kita sendiri (bebas). Banyak blogger profesional, digital marketer, dan perusahaan  memakai platform wordpress. Beberapa keunggulan wordpress sebagai berikut. 

  1. Open source dan populer
  2. Fitur sangat lengkap
  3. Tersedia banyak plugin
  4. Pilihan template sangat banyak

Contoh pengguna wordpress seperti http://panduanim.com,  https://penerbitdeepublish.com/.

Belajar Blogger atau Wordpress dulu?

alasan memilih wordpress.com

Jika kamu ingin belajar menulis di blog, kamu bisa coba pakai Wordpress.com. Wordpress.com dapat dipakai secara gratis, berbeda dengan Wordpress.org yang berbayar. Meskipun fiturnya minim, interface serupa dengan wordpress.org. Perbedaanya kita tidak bisa menambahkan plugin, theme dan monitize blog. 

Jika kamu sudah mulai terbiasa dengan Wordpress.com, kamu bisa mulai beralih ke Blogger.com. Kamu bisa mulai buat konten, menjual layanan dan menautkan blog dengan Google Adsense untuk memeroleh penghasilan. 

Jika kamu telah selesai atau serasa cukup belajar blogger, kamu bisa beralih ke website profesional menggunakan wordpress.org. Ada banyak fitur yang bisa kamu gali lebih lanjut dan manfaatkan.

Referensi

  • Balki, S. (2022). "WordPress.com vs WordPress.org – Which is Better? (Comparison Chart)" dalam https://www.wpbeginner.com/beginners-guide/self-hosted-wordpress-org-vs-free-wordpress-com-infograph/ diakses pada 23 Juni 2022 pukul 06.00 WIB
  • Sugeng. (2022). "Pilih Blogger.com, WordPress.com, atau WordPress.org?" dalam https://sugeng.id/pilih-blogger-com-wordpress-com-atau-wordpress-org/  diakses pada 23 Juni 2022 pukul 06.15 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.