+3 Cara mendapatkan uang dari internet dengan afiliasi

Menjual produk dari orang lain tanpa memiliki barang / jasa adalah salah satu konsep dari affiliate marketing (pemasaran afiliasi). Ketika kamu berhasil menjual produk, kamu akan mendapatkan komisi dari owner toko. Komisi ini sesuai yang diberikan oleh pemilik produk, misalnya 3%-20% dari harga jual produk. 

Melalui internet, kamu bisa dengan mudah memasarkan produk jasa orang lain. Contohnya promosi melalui blog, website, youtube, instagram, tiktok dan media sosial lainnya. 

Ada beragam produk yang kamu tawarkan, contohnya program affiliate dari toko online (Shopee), toko domain dan hosting (Domanesia), dan Toko template blog (Sugeng.id). Selain itu ada pula komisi ketika mendaftarkan anggota melalui referal yang kita punya seperti situs perpendek url (Safelinku). 

Mereka menawarkan komisi setiap ada pelanggan yang membeli atau mendaftar dari link yang telah kita buat (tautan/ link referal). Link referal merupakan tautan unik yang kita buat secara otomatis dari penyedia afiliasi. Penyedia afiliasi akan memproses setiap unik klik dari tautan kita. 

Agar mempermudah penjelasan mengenai program afiliasi, ada baiknya saya berikan contoh di bawah ini:

3 cara mendapatkan uang dari afiliasi online

Daftar situs afiliasi online yang bisa kamu manfaatkan: 

1. Sugeng.id

Sugeng.id merupakan penyedia template premium untuk para blogger pemula hingga profesional. Syarat bergabung afiliasi mas sugeng adalah pengguna sudah pernah membeli template. Setelah itu kamu bisa buat link referal template. 

Kamu akan mendapatkan komisi sekitar 20%, ketika berhasil menjual template melalui link yang dibuat. Kamu juga bisa melihat statistik pengguna yang klik tautan referalmu.

Saat ini saya telah mendapatkan komisi dari mas sugeng Rp. 126.670. Total kunjungan yaitu 244 klik, rate konversi 1.64%. Komisi ini akan di transfer secara otomatis ke rekening yang kita daftarkan melalui menu paengaturan. Adapun pembayaran dilakukan secara manual tiap awal bulan atau tanggal 1-5.

Hal ini tentu merupakan peluang bagi kamu yang memiliki jejaring sosial atau blog untuk menjualkan template melalui program afiliasi ini. 

Bukti afiliasi mas sugeng membayar

2. Domanesia

Domainesia merupakan provider hosting dan domain yang mempunyai program affiliate produknya. Mereka menawarkan komisi bagi para afiliator yang menjualkan produk hostingnya, melalui link referal, dan banner iklan. 

Kamu bisa melakukan tracking statistik klik dari referal yang kamu bagikan melalui menu affiliates. Total visitor ke link afiliasi saya yaitu 3 click. 

3. Safelinku

Safelinku merupakan situs perpendek url yang membayar kamu setiap pengguna klik iklan. Jika kamu memiliki URL download konten, sebelum mengarah ke drive baiknya singkat dulu ke safelinku. Selain membayar setiap klik redirect URL, safelinku juga membayar kamu ketika ada bergabung melalui url unik afiliasi. 

Daftar afiliate safelinku

4. Shopee

Shopee menawarkan program shopee affiliate yang bisa kamu ikuti. Caranya cukup mudah, silakan buka tautan Daftar Sekarang: https://shp.ee/fspm49x masukan Kode Tim:PB2USTV. Maka secara otomatis kamu akan terdaftar sebagai member affiliate. 

Jika sudah terdaftar kamu tinggal pasarkan produk di shopee ke media sosial ata blog yang kamu miliki dengan menyalin url bagikan shopee. Misal kamu ingin menjual baju, maka kamu tinggal salin link produk shopee dan bagikan (https://shope.ee/9egkM7HeiH). Link tersebut merupakan link referal, kamu akan memperoleh komisi dari penjual shopee mulai dari 3%-15%. Semakin mahal harga produknya, biasanya semakin banyak komisi yang kamu dapatkan. 

Pencairan komisi shopee biasanya dilakukan 2 minggu sekali, otomatis di transfer ke shopee pay dan bisa kamu tarik ke rekeningmu. Kamu juga bisa pantau statistik klik produk affiliate di program shopee. Total saya telah memperoleh komisi Rp. 25.870 dari link yang saya bagikan. 

Affiliate shopee terbukti membayar

Itulah tadi penjelasan mengenai cara mendapatkan uang dari afiliasi online yang bisa kamu lakukan di rumah. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu ikuti semua, termasuk shopee, sugeng.id, domainesia, dan safelinku. Kamu bisa mencobanya, apabila ada afiliate program lain yang belum tercantum di artikel ini atau mau bagikan pengalamanmu terkait afiliasi, silakan tulis di kolom komentar. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.