Tips penggunaan Template Jurnal LaTeX

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. Kode harus di-compile agar memproduksi dokumen yang nantinya akan berbentuk PDF LaTeX digunakan untuk keperluan penulisan ilmiah (scientific writing). 

Beberapa konferensi internasional bidang computing, kebanyakan menyarankan author jurnal untuk memakai template Latex yang telah disediakan. Selain hasil output latex lebih bagus, juga sebagai standar agar template jurnal konsisten.

Kamu bisa manfaatkan Latex untuk mengedit jurnal agar sesuai author guidilen, mengembangkan template jurnal latex, membuat rumus matematika, dll. LaTeX lebih superior untuk menangani rumus matematika dibanding Office word.

Tips penggunaan template LaTex

Tips penggunaan template LaTex

Contoh tag

tag '\begin{abstract}' menandakan dimulainya penulisan bagian abstrak, yang diakhiri '\end{abstract}\

'\footnotesize' dan '\small' menandakan ukuran huruf dalam kalimat. '\footnote' memberikan catatan kaki pada tulisan tersebut

Alasan memakai Latex

Beberapa alasan mengapa kamu harus memilih LaTex sebagai berikut:
  1. Output TeX selalu yang terbaik: tulisan, gambar, rumus, format, tanpa bergantung pada peralatan tambahan
  2. Stabil, luwes dan cepat maengirit ruang dan memori komputer
  3. Berjalan di sistem operasi apa saja (input berbasis text)
  4. LaTeX gratis
  5. Banyak penerbit ilmiah menggunakan LaTeX sebagai standar

Cara penggunaan TeXstudio 

Instalasi

TeX studio mendukung instalasi di Vista/7/8/10. Silakan tautan unduh https://www.texstudio.org/ versi terbaru ( 3.0.4). Untuk Instal > klik dobel file installer (.exe) lalu klik Next sampai Finish.

Cara edit template jurnal LaTex

  • Buka file template jurnal LaTeX di TeX studio
  • Edit mulai dari judul, penulis, identitas, abstrak, pendahuluan, hingga daftar pustaka secara manual (Copy paste dari Word ke TeX Studio)
  • Klik Compile(F6) atau icon > untuk melihat hasil dalam format PDF
  • Klik save as PDF untuk hasil outputnya dan Save untuk Format latex
Demikianlah tips penggunaan latex untuk menyunting jurnal agar sesuai template latex yang telah disediakan dan mengikuti aturan author guideline. Silakan bagikan artikel ini jika bermafaat.

Sumber: 

Mediapustaka (2022). "Panduan Edit Jurnal di LaTeX" dalam https://www.mediapustaka.id/2022/03/cara-edit-template-jurnal-latex.html diakses pada 29 Juli 2022 Pukul 02.09

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.