5 Website untuk menerbitkan naskah secara gratis

Menerbitkan naskah secara online akan menjangkau banyak pembaca, apalagi jika naskah yang submit bisa langsung terbit. Kamu juga akan mendapatkan benefit berupa backup data naskah dan apreasiasi dari pembaca. Naskah yang dapat kamu terbitkan langsung seperti kumpulan tugas, artikel pre-print, powerpoint presentasi makalah, dsb.

Kamu dapat terbitkan (publish) segala bentuk naskah dengan beragam format seperti PDF, DOC, PPT. Menerbitkan naskah secara online kamu dapat manfaatkan scribd, academia, issu, slideshare, researchgate, dan zenodo

Beberapa situs tersebut ada menyediakan DOI untuk naskah sehingga menjadi unik. Selain itu, visibilitas dokumen, berbagi, backup data, dan mendapatkan backlink dari situs adalah salah satu manfaat yang paling utama.

Beberapa naskah yang dapat kamu submit dan terbitkan, antara lain:

  1. Artikel / jurnal : re-upload sesuai lisensi
  2. Ebook: buku karya sendiri
  3. Slide ppt - materi seminar, kuliah
  4. Portofolio - hasil karya
  5. Format: pdf, txt, doc, ppt, xls, docx
5 Website untuk menerbitkan naskah secara gratis

5 Website untuk publikasi naskah

Daftar situs publikasi akan dijelaskan dengan rincian: nama situs, URL, deskripsi ringkas, jenis format dokumen, total pengunjung, domain authority dan gambar pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan tinjauan literatur, Statistik visitor dari Indonesia dilihat dari adds ons Keyword suffer Google Chrome, pengecekan Domain Authority (DA) dijalankan memakai tools MOZ.

1. Scribd 

Kamu dapat melakukan publikasi presentasi, riset, dan dokumen di Scribd. Scrib sudah mendukung format pdf, txt, doc, ppt, xls, docx, dan lainnya. Scribd memiliki basis komunitas terbesar dan memiliki pengunjung 1,895,708/bulan.

Manfaat lain ketika upload dokumen di scribd yaitu memperkaya backlink dan meningkatkan authority blog kamu-agar lebih friendly ketika ditelusur pencarian. Scribd memiliki Domain Authority dan Page Authority tinggi yaitu: DA: 94 PA:55.

publikasi naskah scribd gratis

2. Academia.edu

Kamu dapat menerbitkan paper, draft paper, buku, pre-print, disertasi, silabus, artikel, laporan, studi kasus, kelas, ppt konferensi, ringkasan riset, dan media beragam format pada Academia edu secara gratis. 

Academia edu memiliki basis pengguna dengan total akses 1,675,615/bulan, memiliki DA: 93 PA:43. 

upload naskah academia edu

3. Issuu.com

Kamu dapat mempublikasikan buku, portofolio, dan presentasi di ISUU. Isuu mendukung berbagai format seperti .pdf, .ppt, .rtf, .doc, dan .docx. Isuu memiliki DA: 95 PA:83  dan total pengunjung 357,996/bulan. 

publikasi naskah isuu gratis

4. Slideshare

Slideshare dapat mempublikasikan presentasi, infographic, dokumen atau, video. Slideshare mendukung format doc, pdf, dan video. Slideshare memiliki DA: 95 PA:75, dengan total kunjungan hingga 1,965,725/bulan.

upload naskah slideshare

5. Researchgate

Researchgate dapat upload artikel, buku, draft paper, presentasi, poster konferensi, data, metode dan projek lainnya dengan beragam format secara gratis. Researchgate memiliki jumlah kunjungan 2,151,297/bulan dengan skor DA: 94 PA:76

researchgate utk upload naskah

6. Zenodo

Kamu dapat publikasi riset, poster, presentasi, dataset, gambar, video/audio, software, lesson, physical object, dll di zeonod. Zenodo memiliki DA: 68 PA:63 dengan total kunjungan hingga 32,495/bulan. 

zenodo utk upload naskah

Demikianlah penjelasan mengan 5 situs untuk publikasi naskah secara gratis. Kamu dapat manfaatkan situs scribd, academia, researchgate,  zenodo, isuu, dan slideshare sesuai kebutuhan. Silakan bagikan jika bermanfaat!

Sumber: 

Mediapustaka. (2022). "6 Situs publikasi dokumen gratis dan langsung terbit" dalam https://www.mediapustaka.id/2022/03/6-situs-publikasi-dokumen-gratis-dan.html diakses pada 29 Juli 2022 pukul 02.00 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.