Apa kelebihan template Bloggingpro?

Apakah kamu sedang mencari template wordpress untuk kebutuhan menulis blog berita? Jika Ya, artikel ini akan membahas secara rinci tentang theme wordpress Bloggingpro. 

Bloggingpro merupakan salah satu template wordpress terbaik dalam negeri karya Gian Mokhammad Ramadhan. Gian adalah pendiri Idtheme dan Kentooz. Baik  Idtheme dan Kentooz digunakan untuk menjual template wordpress. 

Ada setidaknya 9 theme worpdress lain yang juga dibuat dan dikembangkan oleh mas Gian. Theme tersebut termasuk Salespro, wpberita, Superfast, Vidpro, Dlpro, Newkarma, Majalahpro, Galepro, dan Muvipro. 

Template Bloggingpro v1.1.0 di release pertama kali 3 Februari 2020, kini telah berusia hampir 2 tahun. Bloggingpro telah mengalami berbagai perbaikan dari waktu ke waktu. Template ini terakhir diperbarui pada 5 Januari 2022 (Bloggingpro versi  v.1.2.9). 

Terdapat perbaikan dan penambahan fitur-fitur yang dilakukan mas Gian secara berkala. Pengguna Idtheme akan mendapatkan support penuh dari mas Gian, baik berupa instalasi theme di wordpress dan juga dukungan berupa penyampaian kendala theme melalui Whatsapp.  


Lalu apa kelebihan template Bloggingpro dan mengapa kamu wajib memilih dan menggunakannya? Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum pakai Bloggingpro:

  1. Alasan memilih Bloggingpro
  2. Izin pemakaian Bloggingpro
  3. Dukungan teknis Bloggingpro
  4. Fitur template Bloggingpro
  5. Penilaian template Bloggingpro
  6. Kesimpulan dan rekomendasi
template wordpress Bloggingpro untuk niche berita

Pemilihan template Bloggingpro untuk niche berita

1. Alasan memilih template wordpress Bloggingpro

Bloggingpro cocok untuk segala niche berita, kabar terkini dan artikel informatif.  

Fitur paling bermanfaat yaitu memliki lebih dari 9 tempat iklan, mendukung 3 lokasi menu, infinite scroll, split post, dan beranda yang mudah diatur. 

Misalnya, 9 tempat iklan dapat diisi dengan iklan floating left, right, bottom, sampai iklan di tengah paragraf.

Demo theme bloggingpro

2. Izin pemakaian (Lisensi)

Menggunakan Bloggingpro, pengguna wajib membayar lisensi template "Personal/Developer" sekali seumur hidup dan bisa dipakai untuk template blog yang dimiliki (pribadi) secara tak terbatas. Membeli lisensi, kamu akan dapat memanfaatkan segala fitur. Kamu juga bisa mengganti footer copyright dengan nama perusahaanmu. 

Template Bloggingpro bisa kamu beli dengan harga Rp.447.180,-. untuk lisensi personal maksimal untuk 10 domain. Kamu bisa pakai kode diskon "BPRO" agar mendapatkan potongan -5$ (Rp73.307), sehingga pembelian menjadi  Rp366.537,-. 

Jika kamu hanya membutuhkan lisensi 1 domain, kamu bisa mendapatkan dengan harga Rp. 293.230,-

Beli template Bloggingpro (10 domain)

Beli template Bloggingpro (1 domain)

3. Dukungan teknis dan update 

Dukungan teknis sangat penting konfigurasi dan keberlanjutan template worpdress. Tidak semua blogger pemula paham mengenai instalasi, proses setup, instal plugin, dan optimasi. 

Template Bloggingpro menyediakan panduan khusus template: instalasi, setting awal (Lihat panduan di bawah).

Selain panduan, kamu dapat dukungan prioritas melalui whatsapp. Kamu dapat bertanya, keluh kesah mengenai kendala pemasangan template. Kamu secara otomatis akan masuk pada komunitas facebook idtheme untuk berdiskusi seputar template. 

Update template Bloggingpro disediakan pada laman member area di web idtheme. Kamu hanya perlu login dan download template yang telah kamu beli. Template berisi template induk, child, plugin dan demo data. Berikut riwayat pembaruan template Bloggingpro, lihat di bawah:

Changelog:

v.1.2.9 5/1/22

  • Add option to display related post inside content in what paragraph.
  • Add new support for post view counter.
  • Add time video.
  • Add back to top
  • Add video duration custom field
  • Add tiktok, telegram and soundcloud social icon
  • Add telegram share
  • Change font icon with svg
  • Change view plugin default from wp postview with post view counter
  • Recreate amp page
  • Fixed minor bugs
  • Update infinite scroll to version 4.0.1
  • Update tiny slider to version 3.9.4

4. Fitur template

Berikut ini adalah fitur-fitur Template Bloggingpro: 

  1. High CTR Ads place. Bisa memasang script adsense di 9 tempat berbeda
  2. Mendukung 3 lokasi menu
  3. Mendukung module dan headline pilihan
  4. Infinite scroll support
  5. Fixed scroll top navigation, banner dan sidebar
  6. Split post, 1 post dapat terdiri dari beberapa halaman
  7. Demo import sekali klik, dst.

5. Penilaian template Bloggingpro

Penilaian template Bloggingpro dalam pembahasan ini akan dinilai berdasarkan 4 aspek template SEO yaitu: 1) Lighouse (performance, aksebilitas, best practice, SEO); 2) Mobile friendly; 3) Pagespeed insight; dan 4) Schema markup. 

Contoh pengguna Bloggingpro yaitu kabarkota.com dan greenpublisher.id/blog/ untuk mendukung niche blog berita ataupun edukasi. 

Sebagai contoh kasus, saya akan menilai https://www.kabarkota.com/ diterbitkan oleh PT Karima Jaya Media yang menggunakan template Bloggingpro. Berikut hasil lengkap assesmen template Bloggingpro yang berjalan pada blog kabarkota.com:

Aspek Lighthouse

Penilaian template Bloggingpro berdasarkan Lighthouse diperoleh hasil sebagai berikut: 

Score performance di atas memperoleh nilai 84, sangat baik. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan penilaian Lighthouse pada situs demo utama template Bloggingpro yang memiliki Nilai 85 (lihat gambar). Perbedaan ini dapat terjadi karena perbedaan server hosting, kapasitas disk dan load untuk menjalankan website. 

Aspek Mobile friendly

Penilaian Bloggingpro berdasarkan aspek mobile friendly dihasilkan sebagai berikut: 

hasil Mobile friendly bloggingpro

Uji mobile friendly di atas menentukan seberapa mudah pengunjung dapat menggunakan blog ini ketika diakses di perangkat seluler (mobile).

Aspek pagespeed

Penilaian Bloggingpro berdasarkan aspek performance (pagespeed insight), menghasilkan data berikut:

PageSpeed Insights theme bloggingpro

Hasil uji didapat performance dengan skor desktop 82, sedangkan untuk skor mobile: 93. Hasil ini menujukan seberapa baik situs dan template ketika diakses dalam laman desktop/seluler. Semakin tinggi nilai performance, semakin baik di mata Google.

Indikator Skema markup

Penilaian Bloggingpro berdasarkan aspek cek struktur data, sebagai berikut:

hasil Skema markup bloggingpro

Hasil uji struktur data tidak mengalami kesalahan, memiliki atribut terstruktur. 1 item valid terdeteksi di laman homepage.

6. Kesimpulan dan rekomendasi

Memilih template Bloggingpro cocok untuk setiap kalangan blogger pemula / profesional. Segala aspek mulai dari kebutuhan, lisensi, dukungan teknis, dan fitur template wordpress sudah mumpuni. Template ini sesuai untuk kebutuhan blog berita.

Hasil penilaian 4 aspek, dari aspek lighthouse, mobile friendly, skema markup, dan pagespeed hingga skema sudah baik. 

Bagi para blogger yang tidak ingin ribet memilih template, dan memodifikasi secara berlibahan tentu disarankan menggunakan template Bloggingpro. Beli sekarang, klik gambar di bawah ini:

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Apa kelebihan template Bloggingpro?"