Aplikasi untuk mengubah audio ke teks (Google Dokumen)

Apakah kamu sudah tahu cara mudah untuk mengubah suara atau audio menjadi tulisan / teks dengan bantuan convert audio to text? Jika belum maka kamu berada pada artikel yang tepat, karena disini saya akan coba menjelaskannya.  

Convert audio to text adalah konversi suara ke teks. Jika kamu mengetik secara manual, maka kamu dapat manfaatkan fitur audio to text tanpa perlu mengetik. 

Dikutip dari Solopos.com, mengubah rekaman suara ke word sangat membantu dalam aktivitas selama pandemi Covid-19. Ia menyebut kuliah, sekolah, rapat, seminar, dan talkshow dilakukan secara online memerlukan aktivitas mencatat, sehingga akan memudahkan jika ada tools pengubah suara menjadi teks word. 

Stanto (2021) menjelaskan beragam platform untuk melakukan covert audio file ke teks. Contohnya Bear File Converter, 360 Converter, Sonix dan Google Docs (Google Dokumen).

Artikel ini secara khusus membahas bagaimana cara Convert audio ke teks dengan Bantuan Google Dokumen laptop/PC dan smartphone android, berikut langkahnya:

Aplikasi untuk mengubah audio ke teks

Convert audio ke teks via Google Dokumen

MENGGUNAKAN LAPTOP

1. Buka tautan Google Docs, klik template RESUME

Template resume dipilih untuk memunculkan menu Tools Voice typing pada Google Docs. Jika kamu memilih + Blank Dokumen (kosong), maka pilihan Voice typing tidak akan muncul. 

pilih resume agar voice typing di google docs muncul

2. Mengaktifikan Voice Typing

Klik menu Alat (Tools) > Dikte (Voice typing). Kamu bisa juga menekan shortcut pada keyboard "Ctrl shift + S". Secara otomatis akan ada icon/gambar microphone di kiri layar lembar kerja Gdocs. 

Memunculkan voice typing di google dokumen

3. Mulai mengubah Suara ke Teks

Tekan icon Microphone pada google dokumen, lalu ucapkan apa yang ingin kamu ketik. Secara otomatis, Suara yang kamu ucapkan akan ditranskrip menjadi teks oleh Google. 

Ubah audio ke teks word dengan google dokumen di laptop

4. Tips ubah suara ke teks di Google Docs. 

Ucapkan tanda baca (. , : dst.) menggunakan pelafalan. Misal (.) ucapkan titik, dan (,) ucapkan koma. 

Mengganti paragraf, kamu bisa lakukan secara manual dengan menekan Enter pada keyboard. Hal ini juga berlaku untuk Backspace, Delete. 

MENGGUNAKAN SMARTPHONE

1. Unduh dan instal Google Docs melalui Play Store di Smartphone Android.

2. Klik blank document, lalu Klik Icon pada Microphone pada keyboard smartphone yang kamu miliki. 

Ubah suara ke teks di android via gdocsUbah suara ke teks dengan google dokumen di android

3. Mulai ucapkan untuk mengubah suara / audio ke teks dengan mudah

Itulah tadi langkah-langkah mengubah suara ke teks menggunakan platform Google dokumen, baik dilakukan dengan Laptop maupun android. 

Sumber:

Mediapustaka.id.(2022). Cara mengubah suara menjadi teks di Google Docs" dalam https://www.mediapustaka.id/2022/06/cara-mengubah-suara-menjadi-teks-di-google-dokumen.html diakses pada 08 Agustus 2022 pukul 06.00 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Aplikasi untuk mengubah audio ke teks (Google Dokumen)"