Bagaimana cara melakukan parafrase ?

Jika kamu sedang mencari bacaan mengenai apa itu parafrase, maka artikel ini akan memberikan penjelasan ringkas dan jelas. 

Parafrase (parafrasa) merupakan metode meringkas dan menulis ulang poin penting pada artikel/ makalah. Menggunakan parafrase sama halnya mengutip ide orang lain dengan mencantumkan sumber utama. 

Parafrase dilakukan dengan cara menulis ulang sesuai pemahaman kita. Menulis kutipan dalam parafrase dilakukan untuk menghargai ide pengarang. Parafrase paling bermanfaat untuk mengurangi skor plagiasi, dan membuat teks artikel menjadi unik.

Bagaimana cara melakukan parafrase

Apa itu parafrase?

Parafrase berarti mengungkapkan makna penulis dengan menggunakan kata-kata berbeda (sendiri) sesuai pemahaman kita (Yasa, 2021). Parafrase mengambarkan sesuatu tanpa mengutip secara tepat, memberikan deskripsi lebih umum sebagai gantinya. 

Parafrase dapat berarti menyajikan ulang tulisan / konten orang lain dengan kata-kata sendiri tanpa mengubah maknanya  (Brian, 2022).

Apa manfaat parafrase?

Adapun manfaat melakukan parafrase teks dalam penulisan jurnal sebagai berikut:

Menghindari tindakan plagiarisme. Plagiarime merupakan tindakan menyalin sebagian atau keseluruhan teks tanpa menyebutkan sumber utama. Tindakan plagiasi dapat dikenali dengan mengecek naskah dengan Aplikasi Turnitin. Turnitin berfungsi mengecek tingkat kemiripan naskah dengan dokumen yang telah terbit di internet seperti website, jurnal PDF, buku, dsb.

Kalimat panjang menjadi pendek. Menyalin ide utama, lalu menerjemahkan sesuai apa yang kita pahami. Tidak semua teks dalam paragraf kita salin, cukup ide utama sesuai konteks karya ilmiah yang dibuat. 

Paragraf sulit dipahami, menjadi mudah dicerna. Penulisan ulang, meringkas sebagian dan menyingkat teks membuat penulisan karya kita mudah dibaca oleh pembaca. 

Bagaimana cara melakukan parafrase ?

Melakukan parafrase dapat dilakukan ketika menulis jurnal, atau ketika karya kita memiliki tingkat plagiasi tinggi setelah di cek turnitin. Menulis parafrase dikerjakan dengan dua cara yaitu secara manual dan otomatis. 

Parafrase manual dilakukan dengan merangkum poin penting, menyederhanakan dan meringkas ditambahkan kutipan dan referensi asli. 

Parafrase otomatis menggunakan tools (aplikasi) parafrase hasil dari bot / machine. Contohnya seperti SEO Magnifier, Spinner.id, Paraphrasing Tool, Prepostseo, Paraphrase-online, Article Rewriter, Best spinner com, dan Quillbot.

Aplikasi parafrase otomatis tidak hanya dapat digunakan untuk memparafase jurnal, namun juga parafrase teks skripsi, tesis, disertasi, makalah, buku dan karya ilmiah. 

Berikut ini beberapa cara melakukan parafrase dengan cara standar, bantuan aplikasi dan mengakali kata/kalimat.  

Cara parafrase standar 

Kamu hanya perlu membaca ulang teks, pahami lalu tuliskan sesuai gaya bahasamu sendiri. Lazimnya kamu hanya perlu mengurangi jumlah kata. Misal ada 500 kata dengan tingkat plagiasi 50%, maka kamu perlu mengurangi 160 kata agar bebas parafrase (tersisa 90 kata). 

Teks asli: Cuacanya hujan, jadi Doni memutuskan untuk mengemas payung dan jaket anti air. Meskipun awannya tebal, berita mengatakan akan cerah pada sore hari, jadi Doni membawa kacamata hitam favoritnya. 

Hasil parafrase: Doni memakai payung dan jaket parasit karena hari ini hujan, dan dia juga membawa kacamata kalau cuaca cerah.

Menggunakan Smodin

Buka tautan Smodin, copy teks yang akan diparafrase ke dalam lembar kerja smodin. Klik Re-Write (Lihat gambar). Kamu juga dapat manfaatkan fitur check plagiarism dari Smodin. 

Sayang versi gratis smodin ini hanya terbatas untuk 1.000 kata. Jika kamu ingin fitur premium dengan fasilitas re-write unlimited, maka kamu dapat membeli paket premium seharga Rp. 40.000/bulan. 

hasil parafrase smodin

Mengganti spasi dengan huruf (Turnitin Hack)

Kekurangan cara hack turnitin ini adalah paragraf menjadi tidak teratur dan sulit diatur. Namun, dengan cara hack ini, skor kamu dijamin 0% tanpa plagiasi, karena dalam satu kalimat, paragraf akan terbaca satu kata meskipun sangat panjang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka naskah di Microsoft Word
  • Tekan CTRL + H
  • Masukan spasi pada kolom find what, dan huruf x pada kolom replace with, tekan more atur font color: White, klik ok dan Replace All

hack turnitin

Pastikan format menjadi Font Color Baground 1, lihat hasilnya di bawah:

hasil hack parafrase turnitin

Untuk menghapus spasi x, ulangi langkah di atas. Ingat gunakan huruf X bukan lainnya. Karena lebih mudah menggunakan X - jarang dipakai dalam kata. Apabila menggunakan huruf R Y, dsb. Akan sulit mengembalikannya. 

Penutup

Demikian penjelasan mengenai definisi, manfaat, teknik dan contoh parafrase yang dapat kami jelaskan dan rangkum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasanmu seputar parafrase. Jika ada pertanyaan dan masukan silakan tulis komentar.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara melakukan parafrase ?"