Perhatikan ini sebelum membeli Kyocera M2040dn!

Apakah kamu ingin membeli mesin fotocopy Kyocera M2040dn untuk memulai usaha fotocopy? Jika Ya, maka artikel ini akan memberikan penjabaran rinci mengenai kelebihan, kekurangan dan solusi praktis. 

Kyocera m2040dn memiliki beberapa kelebihan antara lain sudah support fotocopy Legal/F4 lewat kaca utama dan ADF. Kyocera dapat digunakan untuk fotocopy bolak balik langsung (duplex). 

Kyocera memiliki kecepatan cetak 40ppm. Mampu digunakan untuk cetak dokumen melalui perangkat komputer, serta scan dokumen pdf/jpeg size kecil dengan resulusi tinggi. 

Kamu bisa mengatur beberapa menu program fotocopy yang dapat digunakan untuk fotocopy KTP, bolak bali (potrait/landscape), dan buku nikah. 

Kyocera memiliki dua slot penampung kertas, yaitu Cassete 1 dan MP tray. Cassete kyocera mampu menampung hingga 500 lembar, sedangkan untuk tray masih terbatas. Kamu juga bisa menambahkan cassette tray kyocera m2040dn dengan harga berkisar 2,7 jutaan. 

Kyocera memiliki kelebihan yaitu mampu fotocopy legal di kaca utama, duplex, menu program otomatis, dan kecepatan hingga 40 ppm. 

Perhatikan ini sebelum membeli Kyocera M2040dn!

Tips sebelum membeli Kyocera m2040dn

Berikut hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli Kyocera m2040dn. 

1. Tegangan wajib 220v 

Pastikan tegangan listrik di rumah mu 220-240v agar mesin Kyocera dapat berjalan normal dan dapat dioperasikan. Caranya kamu bisa mengukur voltase dengan menggunakan alat AVO meter. Ukur tegangan, biasanya 228V sudah bagus. Kalau listrik rumah belum di atas 220v, silakan perbaiki dulu dengan melapor PLN atau dengan bantuan Instalatir. 

Kamu juga bisa menggunakan Stavolt untuk menyetabilkan voltase listrik menjadi 220v. Gunakan Stavolt automatic dengan teganga 2000va. 

Stavolt untuk kyocera

Apabila tegangan kurang dari 220V maka mesin kyocera akan mengalami error C6000 / C6400 (kurang voltase). Hal ini sesuai penjabaran teknisi Kang Yusuf, ia menyebutkan error  C6000 disebabkan karena kurang daya listrik yang naik turun. 

cek tegangan 220v

2. Gunakan MCB model baru

Apabila masih terjadi error C6000 / C6400 di mesin kyocera m2040 baru, solusinya adalah mengganti sekring lama ke MCB baru (Contoh MCB Sneider 10A). Selanjutnya gunakan kabel tanpa hambatan, dari pusat ke fotocopy sehingga tegangan listrik menjadi stabil.

mcb agar stabil di mesin kyocera

3. Listrik PLN 1300VA

Apabila membuka usaha fotocopy dengan mesin fotocopy kyocera, pastikan menggunakan listrik PLN  1300VA. Apabila buka usaha dirumah dengan listrik 900VA akan sering jeglek karena ada pemakain alat listrik lain. 

Seperti percobaan yang dilakukan Mas JT tentang konsumsi listrik mesin kyocera m2040dn, nyala awal mesin kyocera m2040dn membutuhkan 834watt. Apabila sedang proses fotocopy, membutuhkan listrik 650-715watt dengan voltase stabil 220V. Mas JT menyarankan memakai listrik min 900VA hanya fotocopy saja, baiknya 1300VA.

cek pemakaian daya kyocera

4. Garansi servis

Ketika kamu membeli di toko mesin fotocopy secara langsung, maka kamu akan ditawarkan membeli mesin kyocera m2040dn dengan garansi servis. Garansi servis berbeda dengan garansi mesin/sparepart. Garansi mesin berlaku jika ada part yang rusak maka akan diganti tanpa biaya. Garansi servis hanya berlaku ketika mesin mengalami problem, maka teknisi fotocopy akan membetulkan mesin tanpa ada biaya tambahan. 

Disisi, terkadang garansi servis ini bebas biaya jika mesin di bawa langsung ke toko. Jika teknisi datang ke tempat kita maka akan ada biaya transportasi sesuai jarak kita (sekitar Rp. 20.000). 

Apakah diperlukan garansi servis ketika membeli? Bisa perlu dan tidak sesuai kebutuhan. Klaim garansi servis, maka kamu biasanya akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 500.000,-. Sehingga harga mesin fotocopy kyocera m2040dn Rp. 7.500.000,- + garansi servis Rp.500.000, maka totalnya Rp. 8.000.000,-. Garansi servis kamu perlukan jika kamu masih awam dengan mesin, jika kamu meras mampu memerbaiki sendiri, maka kamu tidak perlu klaim garansi servis. 

5. Komunitas dan forum diskusi Kyocera m2040dn

Sebelum beli mesin fotocopy, baiknya cek dahulu dukungan komunitas pemakai. Apakah sudah banyak dipakai oleh pengusaha-pengusaha, apakah ada master servisnya, tutorial di internet ataupun youtube sudah banyak. Jika aspek tersebut sudah dipenuhi, maka kamu bisa pakai mesin tersebut. 

Mesin fotocopy kyocera m2040dn banyak dipakai oleh umkm, mereka biasanya membuat Vlog di youtube. Ketikan kata kunci kyocera m2040dn maka akan muncul banyak tutorial youtube dari panduan fotocopy hingga servis. Selain itu, kamu bisa Googling, maka akan banyak temuan yang membahas mesin ini. 

Beberapa forum aktif membahas usaha fotocopy dan komunitas fotocopy yang di dalamnya juga terdapat bahasan kyocera. Terdapat juga master kyocera di forum ini. Jika kamu tertari, silakan gabung forum diskusi facebook dengan klik tautan Komunitas fotocopy indonesia dan FORUM USAHA FOTOCOPY. Setidaknya lebih dari 14.8k anggota yang tergabung di dalamnya. 

Komunitas fotocopy kyocera m2040dn

Demikian tips sebelum membeli mesin fotocopy Kyocera m2040dn baru, semoga bermanfaat.  Jika kamu ingin mengunduh buku panduan lengkap cara fotocopy dengan kyocera klik tautan unduh di bawah ini:

Jika kamu tertarik membeli mesin fotocopy kyocera m2040dn dengan harga paling terjangkau klik gambar/tautan di bawah ini: 

Beli mesin fotocopy kyocera m2040dn paling murah

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Perhatikan ini sebelum membeli Kyocera M2040dn!"