Tutorial copy teks PDF terkunci di Mendeley

Ketika saya sedang asik membaca skripsi (format PDF) sebagai bahan referensi dan akan mengutip salah satu temuannya, tiba-tiba teks PDF tidak bisa di copy. Perasaan kesal, dan emosi karena harus mengetik manual satu-satu.

Lalu, seketika saya mencoba mencari solusi mengatasi PDF yang tidak bisa di salin di Google. Setelah sekian hasil penelusuran, saya menemukan inspirasi yaitu "cara copy teks pdf menggunakan aplikasi Mendeley dijamin 100% berhasil tanpa kegagalan". 

Mendeley sebetulnya adalah aplikasi untuk mengelola dokumen dan referensi penelitian. Akan tetapi memiliki fitur PDF reader yang dapat dimanfaatkan untuk copy paste teks PDF yang terkunci - terprotect - tidak bisa copy. Hasil copy PDF terkunci di Mendeley ke word sangat rapi dan tidak terpotong tiap ganti kalimat. Kebanyakan PDF reader, hasil tempelnya berantakan, namun dengan Mendeley hasil copy sangat rapih.

Tutorial copy teks PDF terkunci di Mendeley

Bagaimana cara agar PDF bisa di copy paste?

Sebetulnya caranya baiknya adalah meminta izin pemilik atau pengelola dokumen (PDF), agar passwordnya dibuka. Namun cara ini tentu sulit dan tidak mudah dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa pakai Tools PDF Crack, namun cara ini belum tentu ampuh. 

Cara mudahnya adalah dengan copy teks PDF dengan Mendeley yang terbukti berhasil. Saya biasa pakai Mendeley untuk copy daftar pustaka skripsi. Daripada menulis ulang, lebih mudah kalau bisa salin tempel di word.

Selengkapnya terkait langkah copy teks PDF di Mendeley, silakan baca di akhir paragraf. 

Mengapa PDF tidak bisa di Copy Paste?

PDF tidak bisa dicopy karena pemilik PDF tidak mengizinkannya. Hal ini dilakukan untuk memperkecil tingkat plagiasi di kalangan akademisi. Misalnya kalau ada skripsi yang bisa dicopy paste, maka dapat memunculkan kecurigaan akan di copy paste semua meskipun sekarang sudah ada tools cek plagiasi:turnitin.

Agar PDF tidak bisa dicopy, kamu bisa atur PDF dengan menggunakan aplikasi PDF Reader. Pilih pengaturan, tambahkan password agar tidak bisa dicopy teks. Cara lain agar tidak mudah dicopy paste adalah mengubah teks PDF ke bentuk JPEG atau gambar. PDF yang berisi teks, diubah ke bentuk PDF gambar sehingga tidak bisa dicopy paste. 

Bagaimana cara copy paste dari PDF ke Word?

Ikuti langkah-langkah penggunaan teks tidak bisa dicopy dengan Mendeley di bawah ini:

  1. Siapkan referensi PDF yang tidak bisa dicopy (Lihat gambar 1)
  2. Kamu instal aplikasi Mendeley di laptop (Windows/Mac/Linux). 
  3. Buka aplikasi dengan daftar akun terlebih dahulu, lalu login dengan memasukan username/email dan password 
  4. Tambahkan file PDF yang tidak bisa dicopy, lalu dobel klik-sehingga muncul E-reader PDF Mendeley (Lihat gambar 2)
  5. Silakan copy paste teks dan konten PDF tersebut ke WORD
  6. Hasilnya PDF bisa dicopy dan hasil paste teks ke word sangat rapi (Lihat gambar 3) 
PDF tidak bisa copy karena secured - diberikan password oleh pemilik
Gambar 1. Contoh PDF tidak bisa dicopy

Gambar 1 menunjukan bahwa teks PDF tersebut tidak bisa dicopy di word karena SECURED tidak diizinkan oleh pemilik (Unduh file PDF tidak bisa copy).

teks tidak bisa copy dapat diatasi dengan mendeley

Gambar 2 menunjukkan bahwa teks PDF bisa dicopy dengan bantuan Aplikasi Mendeley karena sudah ada perintah Copy.

hasil copy pdf tida bisa dicopy di word dengan mendeley

Gambar 3 menunjukkan teks pdf terkunci dapat dicopy di word dengan bantuan aplikasi mendeley.

Sumber: 

Mediapustaka (2022). "Cara mengcopy teks PDF yang tidak bisa dicopy dengan Mendeley" dalam https://www.mediapustaka.id/2022/04/mengatasi-pdf-tidak-bisa-dicopy.html diakses pada 2 Agustus 2022 pukul 04.07 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.