Cara menentukan harga jual atk

Jika kamu baru saja memulai usaha alat tulis kantor (atk), mungkin kamu akan dihadapi permasalahan bagaimana cara menentukan harga jual atk agar tidak terlalu mahal dan menguntungkan. Lalu bagaimana cara terbaik untuk menghitung harga jual atk? Simak ulasan lengkap di bawah ini. 

Cara menentukan harga jual atk

Cara menghitung harga atk

Ada beberapa konsep dalam menentukan harga alat tulis, Farhansyah (2021) menyebut menghitung harga jual produk dapat dilakukan dengan cara berikut.

1. Manufactured Retail Price

Penentuan harga sesuai rekomendasi produsen. Harga penjual ecer sudah ditetapkan produsen, sehingga harga ini tidak terlalu jauh beda. Contoh produsen mematok harga jual Rp. 32.000/pack untuk produk buku tulis.

2. Markup pricing

Menentukan harga sesuai preferensi kita sendiri, tidak ada aturan mengikat. Cara ini tergolong sederhana dan dapat dilakukan oleh setiap orang. Contoh kamu membeli Bolpoin 1 lusin  dengan harga pokok Rp. 24.000,- di tempat grosir, lalu kamu jual ke konsumen dengan harga Rp. 30.000-35.000,- sesuai keinginanmu

3. Margin pricing

Menetapkan keuntungan produk sesuai besaran presentase keuntungan tiap produk. Adapun rumusnya yaitu Margin pricing = (harga jual-harga modal)/harga modal. 

4. Keystone pricing

Penjual mematok keuntungan 100% disetiap produk yang mereka jual. Misalnya anda menjual produk tipe x seharga Rp. 6.500,- dengan modal Rp. 3.250,-. Cara ini dianggap kuno, karena sekarang sudah ada alat penghitung. 

5. Value based pricing 

Harga jual setara dengan nilai yang didapatkan oleh konsumen. Biasanya penjual yang memiliki produk kualitas tinggi, akan menjual produk sesuai nilainya. Contohnya produk kualitas tinggi langka, dan sedang populer banyak dibutuhkan. Contoh produk masker, beberapa waktu harga sempat naik. 

Menentukan harga atk dengan markup pricing

Menentukan harga ATK dapat dilakukan menggunakan rumus margin pricing yaitu menentukan keuntungan dengan tingkat presentase. Adapun tutorial menentukan harga atk tersebut, kamu dapat menyimak video tutorial di bawah ini. 

Talentaku mengaplikasikan rumus margin pricing (25%) dalam microsoft excel untuk menjual tiap produk ATK. Kamu dapat unduh rumus perhitungan ATK ini melalui tautan: Tabel harga jual atk.xls

Setelah kamu berhasil unduh tabel excel, kamu hanya perlu masukan harga pokok produk (HPP) Atk ke dalam kolom yang tersedia. Setelah itu, input sesuai daftar atk yang telah kamu beli sebelumnya melalui grosir. 

Tabel harga atk beserta rumusnya

Tersedia kolom barang, harga beli, jumlah, harga satuan, harga + laba (25%), haga jual, dan laba yang didapatkan. 

Apapun metode yang digunakan untuk menentukan harga atk, pilihannya ada ditanganmu. Kamu bebas menentukannya, perhatikan juga kompetitor terdekat dan sekali-kali melakukan riset apakah produk yang kamu jual sesuai harga pasar. 

Demikianlah tips mengenai bagaimana cara menentukan harga atk yang baik dan benar untuk para pengusaha atk. Silakan bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya. 

Referensi:

Farhansyah, J. (2021). "5 Cara Menentukan Harga Jual Produk, Praktikkan Yuk!" dalam https://blog.mokapos.com/cara-menentukan-harga-jual diakses pada 06 September 2022 pukul 05.24 WIB.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Cara menentukan harga jual atk"