Analisis Framing Pemberitaan Pemusnahan Arsip pada Media Online Kanal Kalimantan dan Koran Banjar

Artikel ini berjudul "Analisis Framing Pemberitaan Pemusnahan Arsip pada Media Online Kanal Kalimantan dan Koran Banjar" menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian analisis framing.

Apakah kamu tertarik membaca dan memahami artikel terkait framing? berikut saya bagikan artikelnya:

Analisis Framing Pemberitaan Pemusnahan Arsip pada Media Online Kanal Kalimantan dan Koran Banjar

Abstrak

Berita merupakan hasil konstruksi atas realitas. Opini tidak dapat dihilangkan ketika meliput berita karena wartawan melihat perspektif dan pertimbangan subjektif (nilai, dan etika). Keberpihakan wartawan tidak dapat dipisahkan dari proses peliputan dan pelaporan suatu peristiwa. Selain itu, khalayak mempunyai interpretasi sendiri yang bisa jadi bebeda dari pembuat berita. 

Artikel ini bertujuan menggungkap fakta-fakta, permasalahan dan pandangan media dalam teks berita tentang pemusnahan arsip. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis framing. Framing adalah strategi atau cara wartawan mengkonstruksi dan memproses wacana peristiwa untuk disajikan ke khalayak. 

Subjek penelitian ini adalah berita terkait pemusnahan yang diambil dari kanalkalimantan.com dengan judul “26.585 Arsip Tahun 1973-1987 Biro Kepegawaian Setwilda Kalsel Dimusnahkan” dan banjarbaru.com dengan judul “26.585 Berkas Arsip Dimusnahkan Karena Ini dan”. 

Kedua berita diterbitkan secara online pada Rabu, 22 April 2020. Tahapan analisis dalam penelitian ini mengikuti model analasis framing Pan & Kosicki (1993) yang dimulai dari mengidentifikasi cara wartawan menyusun fakta (syntactical structures), cara wartawan menyajikan berita (script structures), cara wartawan menulis fakta (thematic structure), dan cara wartawan menekankan fakta (rhetorical structures). Unit analisis merujuk kata atau frasa dalam kalimat, leksikon, grafis, metaphor dan pengandaian yang berada di dalam teks berita. 

Temuan menunjukan media menggiring khalayak untuk mengetahui pencapaian Dispersip Kalsel dalam pelaksanaan pemusnahan. Klaim legal, label penilaian, saksi dan foto pendukung menjadi poin penting dalam mengarahkan khalayak. 

Kata Kunci: 

Analisis framing; teks berita; wacana

Unduh jurnal:

Via Libtech: Analisis Framing Pemberitaan Pemusnahan Arsip [...] 

Via Researchgate: Analisis Framing Pemberitaan Pemusnahan Arsip [...]

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Analisis Framing Pemberitaan Pemusnahan Arsip pada Media Online Kanal Kalimantan dan Koran Banjar"