Menentukan tarif fotocopy per lembar (tahun 2022)

Jika kamu kesulitan menentukan harga fotocopy per lembar menggunakan mesin fotocopy kyocera m2040dn, maka bacaan ini akan membantumu. Ada banyak aspek dalam menentukan harga pokok produksi (HPP) fotocopy, misalnya kertas, toner, listrik dan biaya perawatan mesin. Selain itu, tenaga dan biaya sewa toko juga masuk hitungan jika kalian menyewa. 

Biaya fotocopy terus mengalami kenaikan, apalagi sekarang harga kertas per satu rim naik sebesar 44.000 rim. Hal ini juga membuat tarif fotocopy naik sedikit demi sedikit.

Berikut ini skema perhitungan biaya fotocopy menggunakan mesin fotocopy Kyocera M2040dn, dengan catatan tanpa ada biaya karyawan, sewa toko dan bisa servis mesin mandiri melalui Youtube. Skema ini juga bisa diterapkan pada mesin fotocopy lain, karena pada dasarnya tidak jauh berbeda. 

  1. Kertas fotocopy A4/F4 70gsm per rim. 
  2. Toner 1 kg (Toner Support, Arrow, dst)
  3. Listrik per bulan (900VA/1300VA)
  4. Pergantian sparepart (Catridge toner, unit drum)
  5. Perawatan mesin 

Tips usaha fotocopy yang paling penting adalah bisa melakukan perbaikan mesin secara mandiri, karena keuntungannya tidak banyak. Servis mesin dapat dilakukan dengan melihat tutorial youtube, karena sudah ada banyak pengguna yang share pengalamannya. 

Menentukan tarif fotocopy per lembar (tahun 2022)

Cara menghitung HPP fotocopy per lembar tahun 2022

Adapun cara perhitungan HPP fotocopy yaitu:

HPP fotocopy = Harga kertas per lembar + harga toner per lembar + harga listrik + harga perawatan (maintanance) + sparepart (Unit drum)

Maka akan diperoleh hasil sebagai berikut:

HPP fotocopy per lembar terbaru
Keterangan: 

  1. Kertas yang digunakan untuk fotocopy yaitu F4/A4 70 gram dengan harga termurah. Biasanya saya membeli kertas merk Maxi 1 dus dengan isi 5 rim. Adapun harga maxi 1 rim untuk folio berkisar Rp. 220.000 dan ukuran A4 sekitar Rp. 182.500,- Harga ini tentu tidak bisa menjadi patokan karena harganya selalu naik. 
  2. Toner 1 kg mampu mencetak hingga 20.000 lembar, harga toner support sekitar 189.000,- + biaya ongkir, kira-kira totalnya 200.000
  3. Listrik biasanya pakai 1300VA, per 500 lembar kira-kira menghabiskan 17. 
  4. Maintanance atau perawatan teknisi, biasanya per 13.000 lembar dengan asumsi biaya 15/lembar
  5. Unit drum termasuk catridge toner, kain pemanas, fuser fil, roll magnet perlu diperhitungkan, dengan asumsi 22/lembar. 

Normalnya pada tahun 2022, harga fotocopy per lembar yaitu Rp. 275,- Agar lebih memperoleh keuntungan, kamu bisa menyediakan usaha pendamping fotocopy seperti pulsa, ppob, alat tulis, penjilidan, presmika dan laminating, serta rental pengetikan. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara menentukan tarif fotocopy per lembar di bulan September 2022. Kamu perlu dengan seksama menentukan tarif fotocopy, agar keuntungan yang didapat sejalan dengan tenaga dan biaya perawatan mesin. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Menentukan tarif fotocopy per lembar (tahun 2022)"