Perbandingan Lima Standar Kearsipan

Artikel ini berjudul "Penyeberangan Metadata General International Standard Archival Description, Peraturan Kepala ANRI Nomor 21 Tahun 2011 tentang Standar Elemen Data Arsip Dinamis dan Statis untuk SIKN, ISO 23081 Metadata for Records, Records in Contexts, dan Dublin Core di Persimpangan: Perbandingan Lima Standar Kearsipan" menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus.

Apakah kamu tertarik membaca dan memahami artikel terkait penyeberangan metadata? berikut saya bagikan artikelnya:

Penyeberangan metadata arsip: Perbandingan Lima Standar Kearsipan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan penyeberangan metadata yang diterapkan dan dikembangkan pada SIKN dan JIKN di ANRI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara daring pada Juni-Agustus 2021, dan mengumpulkan dokumen. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metadata yang diterapkan dan dikembangkan tidak terlepas dari perkembangan komunitas internasional seperti ICA dan ISO. Analisis properti metadata menghasilkan persamaan dan perbedaan makna di antara elemen metadata dan deskripsi, penetapan elemen wajib dan opsional, penggunaan multilevel description, profil aplikasi berisi 4 standar keluaran ICA, nilai metadata tidak konsisten, serta kosakata subjek dan tesaurus yang belum diterapkan. Kendala metadata yaitu terbatasnya informasi kearsipan dari SIKN, arsip yang dipanen tidak memberkas hanya item, dan metode impor/ekspor metadata dilakukan secara manual sehingga metadata JIKN tidak up to date. Penyeberangan menghasilkan tabel pemetaan metadata dari ISAD (G), Perka ANRI 21/2011: standar elemen data, ISO 23801: Metadata arsip, dan RiC ke Dublin Core. Pemetaan menunjukkan persamaan antara elemen metadata dan deskripsi yang telah dikembangkan dalam tradisi kearsipan. 

Hasil penelitian menyarankan ANRI untuk mencontoh program Indonesia Onesearch untuk mengembangkan pemanenan metadata pada SIKN dan JIKN. Selain itu, ANRI perlu mengembangkan kosakata terkendali dan melakukan sertifikasi kompetensi untuk mendesain SIKN dan mengoperasikan JIKN. 

Kata Kunci: 

ANRI, JIKN, metadata, penyeberangan metadata, SIKN

Unduh jurnal:

Via Khazanah: Penyeberangan Metadata General International Standard Archival Description [...] 

Via Researchgate: Penyeberangan Metadata General International Standard Archival Description [...]

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Perbandingan Lima Standar Kearsipan"