Peralatan Usaha Fotografi di Desa

Apakah kamu tertarik membuka usaha fotografi di desa? Jika Ya, maka artikel ini akan memberikan tips peralatan yang dibutuhkan pertama kali saat kamu buka usaha fotografi. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai peluang usaha bidang fotografi, mari kita lihat simak penjelasan bisnis fotografi. Bisnis fotografi memanfaatkan peralatan gadget untuk mengabadikan setiap momen berharga. Hampir setiap momen, kita selalu menampilkannya di media sosial dengan berbagai gaya. 

Orang berprofesi bidang fotografi ini seringkali disebut fotografer. Fotografer ialah ahli fotografi atau pengusaha bergerak dibidang fotografi. 

Menjadi pengusaha fotografi di desa sangat dimungkinkan, karena jasa fotografi tidak hanya melakukan memotret foto untuk lamar kerja dan ijazah. Tetapi juga untuk mengabadikan momen saat wisuda, pernikahan, keluarga dan acara penting lainnya. 

Peralatan Fotografi

Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha fotografi di desa. 

1. Kamera DSLR 

Kamera DSLR untuk usaha foto desa
BELI SEKARANG!

Kamu bisa membeli kamera DSLR Pemula yang banyak dipakai. Contohnya Canon 1100D atau 1200D. Kamera ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 2jutaan untuk bekasnya. Kamu bisa beli di toko online ataupun langsung ke tempatnya. 

Agar terlihat lebih profesional, kamu juga bisa pakai seri kamera DSLR seri menengah seperti Canon 700D yang sedikit lebih mahal dan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan seri sebelumnya. 

2. Lensa kamera

Gunakan lensa kit bawaan kamera yang biasanya include saat pembelian. Untuk keperluan khusus seperti foto wedding atau foto bokeh kamu bisa padukan dengan lensa Fix Canon F 1.8 STM ataupun Lensa Fix Yungno dengan harga yang berbeda. 

Lensa Kamera DSLR untuk usaha foto desa
BELI SEKARANG!

3. Tripod

Tripod foto digunakan untuk memudahkan pengambilan gambar, dan menstabilkan hasil jepretan DSLR. Tripod bagian penting jika kamu membuka usaha fotografi. Kamu bisa beli tripod sesuai kebutuhan, biasanya pilih kaki tripod yang kokoh untuk menahan berat kamera dan tidak mudah rusak.

Tripod DSLR untuk usaha foto desa
BELI SEKARANG!

4. Godox

Godox atau lampu flash kamera dslr berfungsi untuk menambahkan pencahayaan saat mengambil gambar di tempat redup atau minim cahaya. Hal ini juga memengaruhi kualitas yang dihasilkan saat memotret. Kamu bisa pakai flash tambahan untuk memaksimalkan hasil. 

Flash DSLR untuk usaha foto desa
BELI SEKARANG!

5. Payung Reflektor

Jika kamu memiliki studio indoor atau mengambil gambar di outdor biasanya membutuhkan payung reflektor. Payung reflektor berguna merefleksikan cahaya dari lampu flash sehingga lebih merata dan tidak ada hotspot cahaya.

Payung reflektor untuk usaha foto desa
BELI SEKARANG!

6. Baground Foto

Jika kamu memiliki studio, kamu memerlukan baground foto. Keperluan foto kerja, atau ijazah maka kamu perlu baground kain berwarna merah dan biru. Keperluan wisuda, kamu bisa membeli baground buku, baground wisuda. Baground ini membantu memudahkan untuk pengeditan foto maupun menghasilkan foto yang sesuai kebutuhan. 

baground untuk usaha foto desa
BELI SEKARANG!

Adapun peralatan lain seperti printer foto bisa dilakukan kerjasama dengan pengusaha cetak foto ataupun membeli printer dengan spesifikasi khusus. Sehingga lebih menghemat biaya, meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Demikianlah beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam membuka usaha fotografi di desa. Semoga artikel ini menjadi manfaat bagi kita semua. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Peralatan Usaha Fotografi di Desa"