Cara mencari ide menulis judul skripsi

Cara mencari ide menulis judul skripsi

Cara mencari ide menulis judul skripsi - Ide menulis skripsi sebenernya tidak sulit untuk dicari, namun diperlukan motivasi untuk membaca dan mengetahui kebaruan dari topik yang akan diangkat dalam skripsi. 

Biasanya topik terbaru yang dibahas di dalam keilmuan sering dibahas dan dijadikan tema dalam forum ilmiah seperti konferensi nasional dan konferensi internasional. 

Dalam konferensi, mereka biasanya membuat pengumuman dan laman konferensi yang berisi tema dan sub tema konferensi sesuai keilmuan. Tema dan sub tema ini yang dapat kamu jadikan sebagai sumber ide dan referensi menulis judul skripsimu. 

Tema dalam konferensi tepat dijadikan sebagai ide menulis, karena biasanya sesuai kebaruan dan mengikuti perkembangan. Kamu bisa pilih salah satu konferensi (nasional/internasional) pilih tema yang sesuai dengan minat menulis skripsimu. 

Sebagai contoh, saya akan berikan gambaran singkat mengenai judul skripsi berkaitan dengan tema "Perpustakaan Digital". Tema ini diangkat sesuai dengan latar belakang dan ketertarikan saya akan tema ini. 

Saya memilih salah satu konferensi nasional yang rutin digelar yaitu Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI). Didalamnya terdapat berbagai tema, sub tema dan topik yang dapat dijadikan referensi untuk menulis judul skripsi. 

Contoh topik yang diangkat dalam KPDI ke-12:

  • Peran perpustakaan digital dalam ekosistem digital dan society 5.0
  • Kompetensi Pustakawan (berbasis SKKNI) dalam ekosistem digital
  • Hak cipta dan pelaksanaan serah simpan karya cetak dan karya rekam untuk menunjang ekosistem digital
  • Perpustakaan digital dalam ekosistem digital berinklusi sosial

Salah satu topik di atas dapat dijadikan topik yang diangkat menjadi skripsi, dan referensi judul. 

Demikian tips mencari ide dalam menulis judul skripsi, kamu juga bisa mencari konferensi lain sejenis sesuai dengan bidang keilmuanmu ya. 

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Cara mencari ide menulis judul skripsi"