Dari DIBACA Pustakawan ke e-Pustaka

Sumber informasi untuk Pustakawan dari DIBACA MY.ID

Berawal dari Webinar Asistensi Sekolah dengan tajuk "Perpustakaan Online yang diselenggarakan oleh Studi Klub Sejarah Universitas Indonesia (SKS UI) pada 28 Agustus 2021". Saya memiliki ide dan gagasan terkait direktori bacaan untuk pelajar yang berisi tautan akses ke perpustakaan digital dan portal belajar. 

Pada waktu itu saya menyampaikan materi berjudul "Memanfaatkan perpustakaan digital untuk mendukung pembelajaran siswa". Sumber informasi di internet sangat beragam dan dapat dimanfaatkan secara gratis.

Ketika saya mulai menelusur untuk membuat materi, ternyata banyak sekali sumber informasi yang tersedia dalam perpustakaan digital, portal belajar, sumber sejarah dan melalui mesin pencari edukasi dan portal satu pintu, baik yang dikembangkan Luar Negeri dan Dalam Negeri. 

Lalu, ide muncul ketika saya menemukan dan membaca sldirectory.com. Direktori ini dikembangkan oleh Linda Bertland, seorang pensiunan pustakawan sekolah. Ia mengembangkan situs yang ia beri nama "Resources for librarian". Direktori ini menyediakan akses ke informasi untuk pustakawan, guru, orang tua dan siswa. 

DIBACA: Sumber informasi untuk Pustakawan

Mengadopsi sldirectory.com, DIBACA: Sumber informasi untuk Pustakawan dibuat dan dikembangkan.

Pembuatan direktori dianggap perlu, situs ini menyediakan sumber informasi untuk pustakawan, namun dimanfaatkan pula untuk pembelajar dan pengajar.

Kerangka dan fokus sumber informasi yang akan dikembangkan disitus ini termasuk:

  • Akses informasi berisi akses ke bacaan anak, database open access, mesin pencari, perpustakaan digital dan portal belajar 
  • Perpustakaan digital berisi akses ke e-resources perpusnas, Ipusnas, Perpustakaan dikbud, Rumah belajar, iJakarta, arxiv.org, Alexandria Digital Library, Jstor, Google Book, Million Book Project, Open DOAR, National Science Digital Library, Haithi Trust, Digital Public of Americana dan europeana
  • Panduan akses termasuk panduan ke sumber dan panduan mengelola referensi
  • Teknologi berupa aplikasi otomasi, aplikasi perpustakaan digital, tools pendukung
  • Pendidikan dan pekerjaan berisi program pendidikan untuk studi lanjut, beasiswa belajar, pendanaan riset, pekerjaan ddi perpustakaan, dan pengembangan profesional melalui webinar, wokrshop, seminar yang dapat diikuti secara gratis

Diharapkan melalui pengembangan situs ini pengguna dapat menemukan sumber yang tepat sesuai kebutuhan, mendapatkan edukasi penelusuran sumber, dan berkontribusi untuk menambahkan direktori. 

Dari DIBACA Pustakawan ke e-Pustaka 

Dalam perkembanganya, awalnya situs dibaca dapat diakses melalui https://www.dibaca.my.id/. Dibaca berisi berbagai konten terkait kepustakaan dan kepustakawanan, sehingga tujuan awalnya belum tercapai. Oleh karenanya, domain berganti dan dilebur ke https://www.mediapustaka.id/epustaka sebagai bagian dari mediapustaka.id. 

Harapannya e-Pustaka dapat menjadi direktori akses pustaka elektronik dan panduan bagi pustakawan, guru dan masyarakat dalam mengakses sumber pustaka elektronik dan sumber belajar lainnya.

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Dari DIBACA Pustakawan ke e-Pustaka "