Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal

Pramudyo, G. N., Gani, Z. S. P., Prayogi, I. A., Sari, A. M., Widianah, S., & Trisnawati, Y. (2018). Penerapan EPrint sebagai Repositori Institusi pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 6(l), 12-19.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan perangkat lunak repositori intitusi eprint di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (Perpustakaan UMM) serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan UMM menggunakan dua repositori intitusi yaitu ganesha digital library (GDL) dan Eprint. GDL berisi lokal konten UMM dapat diakses secara fullteks di jaringan lokal perpustakaan, namun tidak masuk pemeringkatan webometric repositori.Sedangkan Eprint digunakan untuk menunjang dan mendongkrak pemeringkatan repository webometric UMM dan hanya berisi deskripsi bibliografi, abstrak dan BAB 1 -3.

Pramudyo, G. N., & Hendrawan, M. R. (2018). Pemilihan Perangkat Lunak Repositori Institusi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Kota Malang (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Brawijaya, Perpustakaan Universitas Negeri Malang, dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang).Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 161-177.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pemilihan perangkat lunak repositori institusi di Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB), Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM), dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), serta membandingkan fitur-fitur perangkat lunak repositori institusi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus multi-situs dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pengunaan dokumen dan materi audio-visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan perangkat lunak di perpustakaan perguruan perlu memperhatikan empat aspek pemilihan perangkat lunak: (1) sesuai dengan keperluan; (2) memiliki izin pemakaian; (3) dukungan teknis, pelatihan, dokumentasi yang relevan serta pemeliharaan; (4) staf yang bertanggung jawab atas pemilihan dan evaluasi perangkat lunak koleksidigital dan layanan terkait untuk memenuhi kebutuhan pemakai atau komunitas. Pemilihan perangkat lunak repositori institusi tidak tepat menyebabkan Perpustakaan UB melakukan migrasi data dari BKG ke Eprints dan Perpustakaan UMM melakukan migrasi manual dari GDL ke Eprints. Perpustakaan perguruan tinggi perlu memerhatikan aspek pemilihan perangkat lunak yang tepat dalam membangun dan mengembangkan repositori institusi serta fitur yang ada di dalamnya

Hendrawan, M. R. & Pramudyo, G. N.,  Penerapan skema metadata Repositori Institusi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Kota Malang, Journal of Documentation and Information Science (JODIS), 3(2), 101-112

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan penerapan skema metadata pada perangkat lunak repositori institusi perpustakaan perguruan tinggi di Kota Malang (Perpustakaan UB, Perpustakaan UM dan Perpustakaan UMM). Kebutuhan repositori institusi Perpustakaan UB ditunjang oleh BKG dan Eprints UB; Perpustakaan UM ditunjang oleh Mulok; serta Perpustakaan UMM ditunjang oleh GDL dan Eprints UMM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penerapan skema metadata pada repositori institusi dilakukan dengan cara analisis jenis skema metadata, atribut inti skema metadata, metadata deskriptif dan kebijakan metadata. Hasil yang diperoleh dari penerapan skema metadata yaitu penggunaan skema metadata terstandar (Dublin Core) dan skema metadata adaptasi (BKG Fields dan GDL Fields). Penggunaan skema metadata standar memudahkan pendeskripsian bibliografis dan menunjang pemeringkatan webometric repositori.

Pramudyo, G. N., Ilmawan, M. R., Azizah, B., Anisah, M., & Deo, Y. (2018). Inovasi Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(1), 29-38. 

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui kegiatan inovatif  yang dilakukan di TBM. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan pengumpulan materi audiovisual. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian dalam bentuk pengabdian masyarakat. Dalam penelitian ini, menjukkan terdapat kegiatan inovatif yang dilakukan TBM seperti bimbingan belajar,diskusi bareng, sholawatan, fotografi, pentas seni, sablon kaos, storybox, mewarnai, ngopi, nonton bareng, senam serta kegiatan lomba agustusan. Penelitian ini ditunjukkan kepada para pembaca yang aktif dalam meningkatkan minat baca serta pengelola TBM agar dapat mengembangkan kegiatan inovatif yang dimiliki.