KAJIAN PENGGUNA DAN EVALUASI INFORMASI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG

Kajian pemakai dan evaluasi informasi merupakan salah satu kegiatan utama dalam manajemen koleksi perpustakaan. Kajian pemakai dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana, mengapa, kapan, dan dimana orang mencari informasi dan menggunakan sumber-sumber informasi.

Informasi yang kita gunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari, dan untuk keperluan lain-lain haruslah kita evaluasi terlebi dahulu, arena belum tentu informasi yang kita temukan itu sesuai dengan kebutuhan kita. Mungkin saja informasinya menyesatkan dan tidak dapat dipercaya atau berasal dari sumber yang tidak kredibel. kemungkinan lain datanya sudah ketinggalan atau sudah tidak up to date sehingga informasinya tidak memiliki nilai lagi. Sebagai contoh bila kita menemukan buku, maka kita harus memeriksa siapa penulisnya, tahun berapa ditulisnya/diterbitkan, dan sekilas tentang apa isinya.

Demikian pula bila kita menemukan sumber informasi di internet, kita harus selalu mengevaluasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Ada beberapa alasan mengapa kita harus berhati-hati dengan sumber informasi dari internet yang begitu luas dari semua cakupan bidang kehidupan yang terbuka, dibuat oleh siapa saja, setiap orang, dan berbagai lapisan masyarakat, lembaga dengan mudah. Untuk itu kelayakan informasi yang didapat harus kita ketahui dengan jelas dan dapat dipertanggung-jawabkan.

1.2.RUMUSAN MASALAH

1.2.1. Jelaskan pengertian Kajian Pengguna dan evaluasi informasi ?

1.2.2. Jelaskan tujuan, fungsi dan manfaat Kajian Pengguna dan evaluasi informasi ?

1.2.2.1.Jelaskan fungsi informasi dalam aktivitas organisasi informasi?

1.2.3. Jelaskan metode Kajian Pengguna dan evaluasi informasi ?

1.3.TUJUAN

1.3.1. Memahami pengertian Kajian Pengguna dan evaluasi informasi.

1.3.2. Memahami tujuan, fungsi dan manfaat Kajian Pengguna dan evaluasi informasi.

1.3.2.1.Memahami fungsi informasi dalam aktivitas organisasi informasi

1.3.3. Memahami metode Kajian Pengguna dan evaluasi informasi.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1.Definisi Kajian Pengguna dan evaluasi informasi

2.1.1. Definisi Kajian Pengguna

ANALISIS INFORMASI

Analisis informasi terjadi pada waktu menguraikan informasi yang terdapat dalam dokumen yang berhubungan dengan subjek tertentu. Maka dalam satu bank data mensuplai data pada pelayanan analisis informasi menunjukkan dokumen dengan data yang memiliki kategori yang berbeda beda. Untuk menelusur dokumen yang betul-betul berhubungan dengan subjek yang lebih rinci.

Kajian pemakai

Dalam penggunaan informasi tercakup semua pembahasan tentang dokumen primer, sekunder dan tersier, teknik temu balik informasi Serta media dan fasilitas yang digunakan untuk mecapai tujuan bersama penggunaan informasi seefisien mungkin. Kebutuhan informasi merupakan masalah signifikan dalam sistem manusia untuk belajar.

Maka kebutuhan informasi adalah informasi yang digunakan seseorang untuk pekerjaan, penelitian, kepuasan rohaniah, pendidikan dan lain-lain. penggunaan informasi merupakan perilaku dan data dikumpulkan menyangkut suatu kebutuhan seorang pemakai. Di perpustakaan kegunaan kajian pemakai untuk mengatasi masalah yang dihadapi untuk memnuhi kebutuhan informasi pengguna

2.1.2. Definisi evaluasi informasi

2.1.1.1. Berikut ini fungsi informasi dalam suatu organisasi informasi :

1. Manajemen operasional informasi

2. Penyiapan data/informasi untuk orang lain

3. Analisis data/informasi untuk orang lain

4. Menelusur untuk orang lain

5. Fungsi operasional informasi lainnya

6. Analisis sistem informasi

7. Penelitian dan pengembangan informasi

8. Pendidikan dan pengembangan informasi

9. Pendidikan/pelatihan pekerja informasi

2.2.Tujuan Kajian Pengguna dan evaluasi informasi

2.2.1. Tujuan Kajian Pengguna

Kajian pemakai dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana, mengapa, kapan dan dimana orang mencari informasi. Kajian pemakai ini dapat dilakukan secara informal, seperti observasi melalui koran dengan memperhatikan berita tentang kegiatan dan kejadian setempat (untuk perpustakaan umum), atau membaca terbitan-terbitan fakultas (di perpustakaan umum), atau membaca terbitan-terbitan fakultas (di perpustakan perguruan tinggi). Kajian ini juga dapat dilakukan secara formal yaitu dengan mengadakan penelitian yang menghaslkan suatu profil masyarakat. Selanjutnya, menurut yulia, dkk. (1993) kajian formal diperlukan karena berikut ini.

1. Cara informal sering menghasilkan gambaran subjektif karena terbatas pada apa yang diobsesikan oleh satu orang atau kelompok orang tertentu sehingga belum menggambarkan secara keseluruhan.

2. Penelitian formal lebih sistematis dan dapat menghasilkan gambran yang lebih menyeluruh dan masyarakat sehingga pustakawan dapat menempatkan apa yang mereka telah ketahui dalm rangka yang lebh luas dan memungkinkan untuk mengidentifikasi kelompok yang belum terlayani dengan baik.

3. Untuk mepertanggung jawabkan layanan dan koleksi yang akan dikembangkan dan alokasi dana perpustakaan, diperlukan data yang objektif dan akurat.

2.2.2. Tujuan evaluasi informasi

Secara umum, kriteria dalam melakukan evaluasi dibagi ke dalam 3 bagian utama. Informasi lengkap akan tertulis di masing-masing jenis evaluasi. Pada sumber tercetak dan non tercetak memiliki beberapa kesamaan dalam hal mengevaluasi satu karya. Tujuan dari evaluasi informasi tersebut sebagai berikut.

1. Kepengarangan (Authorship), mengecek kredibilitas dari dari pengarang atau organisasi dari karya yang akan dibaca.

2. Kesesuaian (Relevance), kesesuaian dibutuhkan untuk mengetahui tingkat relevansi dengan topik yang akan ditulis. Meskipun informasi memiliki kualitas sangat baik tetapi tidak relevan dengan rencana tulisan yang akan dibuat tetap tidak dikategorikan relevan.

3. Kekinian (Currency), kekinian sangat dibutuhkan untuk lebih mengetahui perkembangan satu ilmu. Ini penting karena dengan melihat kekinian maka satu ilmu akan diketahui seberapa jauh tingkat perkembangannnya.

2.3.Metode Kajian Pengguna dan evaluasi informasi

2.3.1. Metode kajian pengguna

Walaupun kajian pemakai ini bermanfaat bagi perpustaakan, namun untuk melakukannya memerlukan waktu serta biaya. Karenanya, apabila kita ingin melakukan kajian pemakai, hendaknya direncanakan secara matang supaya hasilnya benar-benar bermanfaat bagi perpustakaan. beberapa yang harus dipertimbangkan adalah sebagai berikut.

1. Pelaku kajian pemakai

Kajian pemakai dapat dilakukan oleh baik pustakawan maupun oleh pihak ketiga atau kombinasi keduanya. Melakukan sendiri kajian pemakai ini sering kurang akurat karena pustakawan umumnya kurang berpengalaman dalam melakukan kajian sehingga hasilnya dapat bias. Apabila dilakukan oleh pihak ketiga tentu memelukan biaya. Hal yang paling baik adalah dikerjakan oleh pihak ketiga, namun ada keterlibatan dari pustakawan sehingga ada proses pembelajaran bagi pustakawan. Pada saatnya kajian pemkai ini dapat dilakukan sendiri oleh pustakawan.

2. Informasi yang diajarkan dalam menyusun kajian pemakai

Walaupun tujuan masing-masing jenis perpustakaan berbeda namun beberapa data untuk kajian pemakai relatif sama yaitu historis, geografis, transport, administratif, politik, demografi, ekonomi, komunikasi dan media massa, organisasi sosial dan pendidikan, lembaga kebudayaan dan fasilitas rekreasi, perpustakaan dan unit informasi lain dalam wilayah administrasi yang sama.

3. Metode yang digunakan untuk mengumpulakan data dalam rangka melakukan kajian pemakai

a. Memelajari laporan, sumber-sumber data statistik, direktori, peta, data yang telah dikumpulkan oleh organisasi dan lembaga lain, arsip surat kabar dan survei lain.

b. Melakukan wawancara secara informal dengan tokoh masyarakat dan orang lain dan mengetahui banyak hal tentang masyarakat tersebut.

c. melakukan wawancara formal dengan anggota masyarakat atau penyebaran kuesioner kepada pemakai atau non pemakai.

d. Observasi terencana.

4. Kegunaan kajian pemakai dilakukan

Data yang telah terkumpul dianalisis sehingga perpustakaan dapat memutuskan mana fakta-fakta yang penting yang digunakan dalam mengatasi perpustakaan yang dihadapi. Misalnya, bacaan apa yang diminati oleh pemakai, kelompok masyarakat mana yang belum terlayani.

2.3.2. Metode evaluasi informasi

2.3.2.1. Evaluasi Sumber Informasi Tercetak

· Pengarang (Author)

o Anda dapat mengetahui latar belakang penulis, seperti pendidikan, posisi saat ini dll.?

o Apakah penulis berkualitas (qualified) memiliki otoritas untuk menulis untuk menulis pada satu topik tertentu?

· Tanggal penerbitan (Date of publication)

o Kapan buku atau artikel tersebut diterbitkan?

o Apakah tanggal tercantum sesuai dengan topik yang akan ditulis?

· Penerbit (Publisher)

o Apakah anda mengenal dengan baik penerbitnya?

o Apakah penerbit sudah terbiasa dalam menerbitkan karya-karya ilmiah, seperti Oxford University Press; UI Press dll.?

· Judul jurnal (Title of Journal)

o Apakah jenis Jurnal dikategorikan ilmiah, popular atau perdangangan?

o Apakah jurnal masuk kategori jurnal ilmiah?

· Pembaca yang dituju (Intended audience)

o Apakah karya tersebut ditujukan untuk kelompok pembaca tertentu?

o Apakah karya tersebut dikategorikan karya umum yang bisa dibaca oleh masyarakat umum?

· Objektifitas (Objectivity / Bias)

o Apakah karya tersebut objektif berdasarkan kajian ilmiah atau penelitian?

o Apakah data yang ditampilkan merupakan data factual, bukan propaganda atau pendapat umum?

· Isi (Content)

o Apakah isi diperoleh dari sumber pertama (primary sources) atau sekunder (secondary sources)?

o Apakah karya tersebut masuk dalam sumber pertama di bidangnya?

· Tinjauan (Reviews)

o Apakah terdapat tinjauan terhadap karya-karya tersebut, contoh artikel jurnal dan buku dll. ?

o Apakah karya tersebut sudah ditinjau dari sudut pandang yang berbeda, seperti sudut pandang ahli di bidang lain.?

2.3.2.2. Evaluasi Sumber Informasi Non Tercetak

· Pengarang atau organisasi (Author or Organization)

o Adakah karya lainnya dari penulis tersebut?, Jika ya, apakah penulis sudah jelas identitasnya?

o Apakah penulis mempunyai kapabilatas untuk menulis di topic tersebut?

o Apakah penulis berafiliasi dengan universitas dan organisasi tertentu?

o Adakah karya-karya penuls di sitasi oleh penulis lainnya?

o Apakah sumber-sumber tersebut mewakili kelompok, organisasi, kelembagaan, korporasi atau badan lembaga lainnya?

o Adakah sarana berkomunikasi lebih lanjut (kontak) dengan penulis dan atau organisasi tersebut?

· Ketepatan (Accuracy)

o Apakah sumber informasi tersebut sudah di edit atau di kaji sebelum dipublikasikan?

o Apakah informasi yang faktual sudah diverifikasi dengan sumber-sumber yang terpecaya?

o Apakah sudah jelas siapa yang bertanggungjawab terhadap ketepatan informasi tersebut?

o Apakah data dalam bentuk grafik, diagram sudah jelas sumber informasinya?

· Kekinian (Currency)

o Adakah tanggal kapan karya tersebut dibuat atau diterbitkan?

o Sudah jelaskan kapan sumber tersebut terakhir diperbaharui, direvisi atau di edit?

o Adakah indikasi jika materi tersebut sering diperbarui atau secara konsisten selalu menampilkan informasi terkini?

o Adakah links ke wesites yang terbaru?

· Objektif (Objectivity)

o Apakah halaman situs bebas iklan atau promosi?

o Apakah halaman yang ditampilkan bias atau mengandung banyak perspektif?

o Adakah kejelasan tentang sudut pandang lain dari subjek tersebut di masa yang akan dating?

o Apakah mengandung bahasa yang provokatif?

· Cakupan (Coverage)

o Apakah sumber informasi tersebut selalu terbaru dari karya lainnya dan mendukung karya lain yang anda baca sebelumnya?

o Apakah sumber informasi mencakup topik yang komprehensif atau hanya meninjau dari satu aspek saja?

o Apakah sumber online tersebut sudah baik atau masih dalam penataan (under construction)?

o Jika sumber online memiliki sumber tercetak, apakah bentuk tercetak sesuai dengan informasi di website, atau hanya ada di situs saja tanpa bentuk tercetak?

 

BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Memasuki era informasi menuntut kita untuk mampu mendapatkan, mengolah, dan menggunakan informasi sesuai dengan yang kita butuhkan. Namun kesesuaian, kebenaran, dan kekinian suatu informasi menjadi poin penting yang sering kita lupakan. Karena itu perlunya dilakukan kajian pengguna dan evaluasi informasi, khususnya perpustakaan yang memiliki peran untuk menyalurkan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Kajian pengguna dan evaluasi informasi dilakukan agar dapat membuat informasi sampai tepat sasaran dan memiliki keandalan. Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan dalam melakukan kajian informasi dan evaluasi informasi.

3.2 SARAN

  • Bagi pemustaka,sebaiknya terlebih dahulu mengkaji dan mengevaluasi informasi yang didapatkan sebelum digunakan untuk kebutuhan penelitian, bahan literatur
  • Bagi Perpustakaan, sebaiknya perpustakaan mengelola informasi sebaik mungkin sehingga tidak terjadi, informasi yang kurang tepat bagi pemustaka

 

DAFTAR PUSTAKA

Chan, L.M.1999. A Guide to the Library of Congress Classification Fifth Edition. Englewood-Colorado: Libraries Unlimited,INC.

Chan, L. M. 2005.Library of Congress ubject Headings. United State of Amerika: Greenwood Publishing Group,Inc

Diftman, H. & Jane Hardy. 2007. Learn Library of Congress Classification. North American : Totalrecall Publications, Inc.

Library of Congress. History of the library, (Online), (https:// www. loc.gov/about/history-of—the-library/), diakses pada 30 September 2015.

Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fadlolei, Odo.2007. Perpustakaan di Amerika Serikat:Library of Congress. Bandung:STBA YAPARI

 

MANAJEMEN KOLEKSI

KAJIAN PENGGUNA DAN EVALUASI INFORMASI

Makalah

Disusun untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Manajemen Koleksi

Dosen Pengampu: AnitaTri Widyawati,SS., MA.

Oleh

Kelompok 3

Gani Nur Pramudyo 145030700111006

Feisal Dermawan 145030700111007

Ismail Alim Prayogi 145030701111012

Ahmad Ikhsan 145030701111014

Ari Setiawan 145030701111008

 

image

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN

OKTOBER 2015

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkah dan rahmatNya kita diberi kesehatan, kemudahan, dan kelancaran. Penulis juga bersyukur karena dengan berkat dan rahmatNya pula, penyusun diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan makalah dengan judul Kajian pemakai dan evaluasi informasi.

Penyusun mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pengampu mata kuliah manajemen koleksi ibu (AnitaTri Widyawati,SS., MA) yang telah memberikan tugas ini kepada kami, mengingat pentingnya Kajian pemakai dan evaluasi informasi bagi perpustakaan, pustakawan dan pemustaka.

Makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penyusn harapkan demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi penyusun dan pembaca.

 

Malang, 18 Oktober 2015

Penyusun

 

KELOMPOK 3

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................... i

DAFTAR ISI.............................................................................................................. ii

BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................... 1

1.1 Latar Belakang....................................................................................................... 1

1.2 Rumusan Masalah .................................................................................................. 1

1.3 Tujuan .................................................................................................................... 2

BAB II ISI.................................................................................................................. 3

2.1. Pengertian kajian pemakai dan evaluasi informasi................................................ 3

BAB III   PENUTUP................................................................................................. 15

3.1 Kesimpulan............................................................................................................. 15

3.2 Saran ...................................................................................................................... 15

DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 16

Deskripsi

Matakuliah : Manajemen Koleksi
Dosen Pengampu : Anita Tri Widyawati,SS.,MA
Judul :
Kajian Pengguna dan Evaluasi Informasi
Disusun oleh : Gani Nur Pramudyo 145030700111006, Feisal Dermawan 145030700111007, Ismail Alim Prayogi 145030701111012, Ahmad Ikhsan 145030701111014, Ari Setiawan 145030701111008
Dibuat pada : 18 Oktober 2016
Direvisi pada : -
Diposting pada : 31 Mei 2017
Dimuat juga pada : -
Download : -

Tentang Penulis: Gani Nur Pramudyo merupakan Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB 2014.Penulis aktif menjadi student employee PJ layanan pengguna di Fadel Muhammad Resource Center FIA UB

Share this

Related Posts