3 Aplikasi resume otomatis (Automatic summarization )

Automatic summarization (perangkuman teks) merupakan proses memperpendek satu set data (teks, gambar, dan video) secara komputasi, untuk membuat subset yang mewakili informasi paling penting atau relevan dalam konten asli. 

Pendekatan perangkuman teks bisa digunakan untuk merangkum teks seperti jurnal atau bab buku secara cepat dan instan. Teks panjang akan menjadi pendek dan ringkas (Zamzam, 2019). Aplikasi menghasilkan ringkasan yang biasanya meng-highlight inti paragraf pada setiap artikel.

Aplikasi perangkuman teks sangat membantu, akan tetapi perlu diingat bahwa saat mendapat tugas atau artikel sama, maka kemiripan hasil bisa terjadi. Kemiripan ini dapat dicek dengan menggunakan aplikasi Turnitin. 

3 aplikasi perangkuman teks ini dapat dimanfaatkan oleh siapapun terutama bagi kamu yang ingin mencoba, sebagai berikut:

Text Summarization

Buka textsummarization.net - Copy-paste paragraf yang mau diringkas ke kotak yang tersedia Pilih jumlah kalimat yang diinginkan, misal 5 paragraf kamu bisa mendapat 6 kalimat dst. klik summarize now.

Aplikasi resume otomatis Text Summarization

Resoomer

Buka resoomer.com - Copy-paste paragraf yang mau diringkas ke kotak yang tersedia - klik resoomer secara otomatis akan diringkas Tools ini menampilkan text reduce misal dari 637 kata menjadi 259 kata.

Aplikasi resume otomatis Resoomer

Esummarizer

Buka esummarizer.com - Copy-paste paragraf ke kotak yang tersedia Pilih jumlah kalimat klik Summarize Simpan hasilnya.

Aplikasi resume otomatis Esummarizer

Referensi:

Wikipedia. (2021). "Automatic summarization" dalam  https://en.wikipedia.org/wiki/Automatic_summarization diakses pada 28 Juli 2021

Zamzam, M. A. (2019). Sistem automatic Text Summarization menggunakan Algoritma Textrank (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "3 Aplikasi resume otomatis (Automatic summarization )"