Resensi Novel Hilangnya Tiga Permata Beryl Coronet

Novel “Hilangnya Tiga Permata Beryl Coronet” merupakan salah satu serial yang mengisahkan perjalanan Sherlock Holmes dalam mengungkap pelaku pencuri tiga batu permata “Beryl Coronet”. Novel ini mengisahkan Shelock Holmes dimintai tolong oleh Alexender Holder (pemilik perusahaan perbankan Holder dan stevenson yang merupakan bank swasta terbesar kedua yang berpusat di London) untuk dapat menemukan tiga batu permata yang hilang.

Dalam hal ini Sherlock Holmes dibantu oleh Watson (Seorang Dokter sekaligus teman dekat Sherlock Holmes), lalu Sherlock Holmes meminta keterangan pada Tuan Holder bagaimana bisa tiga bagian permata itu bisa hilang.  Sebelum menceritakan kronolgi  kejadian tuan holder bercerita tentangsituasi di rumahnya, Beliau tinggal bersama arthur putranya, ia adalah seorang yang liar suka melawan dan tidak dapat dipercaya,ia dekat dengan SirGeorge Burnwell, SirGeorge Burnwell adalah orang berwawasan luas yang dapat mempengaruhi arthur, ia juga tidak dapat dipercaya, tapi arthur sering membawanya ke rumah dan satu lagi Mary   keponakannya, dan aku menganggapnya sebagai putrinya, ia sosok wanita yang cerdas bisa melakukan apa saja tapi ia juga pendiam jarang bergaul, tuan holder sangat mempercainya, kemudian tuanh holder menceritakan kronologi sebelum kejadian. 

Beliau menceritakan tentang Permata Beryl Coronet kepada putranya arthur dan keponakannya mary, lalu beliau meberitahukan dimana letak mahkota tersebut berada, kemudian menjelang malam terdengar suara berisik di laci meja tempat penyimpanan mahkota, beliau mendatanginya ternyata arthur memegang kotak mahkota tersebut dan mengambil kotak tersebut dilihatnya ada bagian yang patah dan hilang, beliau menelpon polisi seketika itu mary datang dan pingsan ketika melihat kotak mahkota tersebut berada ditangan arthur, beberapa saat kemudian polisi datang ditempat kejadian dan mencoba untuk mencari bagian mahkota yang hilang, namun sayangnya usaha tersebut tidak membuahkan hasil, kemudian Beliau akhirnya memutuskan untuk menyerahkan putranya kepada polisi agar ia diintrogasi, ketika kutanya putraku tidak menjawab sama sekali. Sherlock Holmes bertanya

Kemudian Sherlock Holmes mulai mencari bukti – bukti mulai dari tempat kejadian (di rumah Holder) setelah lama mencari, akhirnya Sherlock Holmes berhasil menemukan permatanya dan memberikan kepada Tn Holder dan menjelaskan siapa pelakunya sebenarnya adalah mary keponakanmu dan bukan arthur. 

Dalam novel ini  menceritakan kejadian tokoh dalam menguak kasus – kasus yang sulit dipecahkan sehingga pembaca akan dibuat penasaran agar terus membaca karena dalam novel ini banyak petunjuk – petunjuk yang dapat memecahkan kasus tersebut. Sebaliknya jika pembaca tidak teliti atau rajin membaca novel ini, maka dipastikan pembaca akan kebingungan mengenai jalan cerita novel ini. Selain itu novel ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengisi waktu luang karena novel ini sangat menarik untuk dibaca dan juga akan menambah wawasan pembaca dalam menanggapi sebuah kejadian yang bisa saja seperti itu.

Resensi Novel Hilangnya Tiga Permata Beryl Coronet

Deskripsi buku:

  • Resensi Novel   :  Fiksi
  • Judul Novel  : Hilangnya Tiga Permata Beryl Coronet 
  • Pengarang   : Sir Arthur conan Doyle
  • Penerbit   : NARASI (Anggota IKAPI) 
  • Tahun Terbit : cet 1, 2010 
  • Tempat Terbit  : Yogyakarta
  • Kategori   : Novel Klasik 
  • Jumlah halaman  : 136 Hlm; 11x 18 cm

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Resensi Novel Hilangnya Tiga Permata Beryl Coronet"