Hari ke-7 pendapatan adsense blogger tahun 2021

ganipramudyo.web.id - Adsense blogger blog ini baru disetujui oleh Google Adsense (GA) pada 27 Juni 2021, setelah beberapa kali mengalami kegagalan karena beberapa faktor. Sebelum disetujui oleh GA, saya telah melakukan beberapa perbaikan cukup signifikan termasuk mengganti template. Pergantian template dijalankan agar terlihat lebih simpel dan elegan, dan memudahkan navigasi. Saya mengajukan ulang blog ini ke adsense, dan akhirnya diterima untuk mengikuti program GA. Setelah hari ke-7 pendapatan blog ini meningkat daripada tidak didaftarkan sama sekali.

Beberapa perubahan yang saya kerjakan sebelum diterima GA dan selama saya diterima GA, sebagai berikut:


Perbaikan sebelum diterima GA

Mengganti Template 

Awalnya, saya hanya memiliki keinginan untuk mengganti tema dan kategori blog ini. Blog ini sebelumnya menggunakan template LinkMagz berganti menjadi EvoMagz. Evomagz saya pilih karena beberapa alasan termasuk desain elegan dan simpel sesuai karakteristik blog dan sesuai beberapa aspek pemilihan template blogger. Setelah saya membeli dan menggunakan template EvoMagz, saya merapikan navigasi termasuk menu-menu yang tersedia dilaman utama, widget, dan beberapa penyesuaian tataletak blog. Pengaturan template Evomagz dapat dilakukan secara mandiri dengan melihat panduan yang telah tersedia dalam pembelian. 

Memperbaiki Taksonomi (kategori)

Setelah selesai dengan template, saya beralih merapikan kategori blog saya. Mulanya saya mencontoh dan mengadaptasi blog peneliti yaitu David Lankes. Setelah berjalannya waktu, blog ini saya kategorikan ulang sesuai karakteristik blog ini yaitu "Blog personal masa kini, berisi catatan ilmu perpustakaan dan informasi, Beasiswa LPDP dan hasil karya". Oleh karena itu, saya mencoba untuk mengkategorikan sesuai konten yang telah ada sebelumnya dan menghapus beberapa kategori yang tidak relevan, mengulang kategori (kategori sama dengan penamaan berbeda). Banyak kategori yang telah saya hapus, seperti publikasi, presentasi, riview tempat wisata, puisi dan artikel SMA. Akhirnya saya telah menetapkan beberapa kategori sesuai dengan karakteristik blog dan akan diperbarui kembali lihat gambar dibawah.

Menghapus konten yang tidak relevan

Beberapa konten yang tidak relevan dalam blog ini saya hapus, seperti puisi, riview tempat wisata, makalah SMA yang pernah saya buat dan beberapa konten lain. Konten ini sengaja saya hapus (dari blog) karena view terlalu sedikit, konten kurang relevan dan agar lebih memiliki ciri khas berbeda dengan blog lain. Cirikhas ini memudahkan pembaca untuk melihat apa saja isi dari blog ini (Lihat daftar isi). Memilih konten yang ditulis dan dipublikasikan blog membuat pembaca dapat mengenali karakteri blog (penulis), bidang apa yang ditekuni dan keahlian yang dimiliki melalui representasi blog yang ditulis.

Memperbarui struktur postingan

Postingan pertama blog ini yaitu tanggal 19 November 2016 menjadi langkah awal saya menulis blog ini. Total saat ini terdapat 186 postingan yang telah terbit dengan berbagai ragam kategori. Pada saat menulis blog, waktu itu saya belum banyak membaca dan paham terkait struktur postingan blog. Alhasil, postingan lama ketika itu memakai live writer, copy paste (copas) dari Microsoft Office Word (word), pengubahan font dan heading yang tidak konsisten menyebabkan stuktur tulisan dalam postingan menjadi kacau. Beberapa tulisan seperti tidak ada jarak antar paragraf dan representasi HTML menjadi kacau sehingga terlihat kurang rapi ketika dibaca dan merugikan peringkat SEO Google. Setelah saya mempelajari cara membuat postingan SEO Blog, menulis postingan yang benar adalah menggunakan lembar postingan blog yang tersedia atau menggunakan office word caranya di konversi ke notepad (Copas artikel word ke notepad lalu pindah ke blog) agar struktur yang sudah ada dalam blog tidak kacau.

Perbaikan yang lakukan di atas ternyata berdampak pada penerimaan blog ini di GA. Beberapa proes saya jalani sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Tidak lantas selesai setelah mengikuti GA, blog ini terus diperbaiki, hingga sekarang (baca juga: perjalanan blog ini)

Perbaikan selama diterima GA

Penataan tata letak dan Iklan

Setelah GA diterima oleh pihak Google, trial dan error saya lakukan termasuk penempatan kode iklan manual dan otomatis. Saya otak-atik, apakah menggunakan keduanya atau hanya satu jenis iklan saja. Kemudia saya putuskan untuk memilih keduanya. Awalnya iklan otomatis terlihat sangat kaca di blog, harusnya iklan setelah paragraf bisa secara otomatis ditaruh ditempat didalam artikel. Tidak hanyak 2-3 iklan dalam artikel melainkan bisa lebih dari 5. Oleh karena, saya mencoba melakukan pembatasan iklan, dengan memilih metode manual. Selain itu, iklan yang ditampilkan juga ada beberapa yang mengandung konten sensitif sehingga saya blokir dan berikan iklan yang sesuai dengan karakteristik bloh. Meskipun iklan yang tidak relevan mungkin bisa muncul, maka saya akan lakukan perbaikan-perbaikan dengan memblokir iklan melalui tautan. 

Gambar postingan

Beberapa gambar postingan ini memiliki ukuran yang tidak teratur dan bahkan memiliki size yang cukup besar sehingga kurang baik dalam performa blog. Ukuran standar unggah gambar dalam postingan sebaiknya 600*320 pixel sehingga menghasilkan size (kb) kecil sesuai saran dan panduan gambar blog secara umum. Perbaikan gambar postingan ini akan menjadi prioritas seiiring berjalannya waktu. 

Penambahan halaman

Beberapa penambahan halaman dalam blog ini yaitu privacy policy dan terms & conditions. Syarat utama blog didaftarkan adsense yaitu memiliki laman kontak, tentang, disclaimer, privacy policy. Meskipun dalam praktiknya, blog ini tidak memiliki privacy policy namun bisa lolos mengikuti GA. Akan tetapi saya juga tambahkan pula, laman yang belum ada. Penambahan laman dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan https://www.privacypolicyonline.com/, laman generator membuat disclaimer, privacy policy dan  terms & conditions. 

Pendapatan adsense hari ke-7

Pendapatan GA saya setelah hari ke-7 total telah mencapai Rp. 9.382,89 naik >999% dari sebelumnya tidak pernah mengikuti GA. Rata-rata perhari saya telah menghasilkan uang Rp. 1.000,- untuk konten yang telah saya buat di blog ini. (lihat gambar di bawah)

Statistik adsense blog ganipramudyo.web.id

Adapun total view blog ini pada bulan juni merujuk statistik Blogger.com yaitu sebesar 20.782 view, dengan rata-rata perhari mencapai 692 view. Sementara merujuk Google Search Console, total ada 13.200 klik, 171.000 tanyangan dan menempati rata-rata urutan 8 besar teratas di Sistem Pencarian Google atau halaman pertama setelah menekan kata kunci.

  • Tayangan merujuk seberapa sering pengguna melihat link ke situs di Google. Bergantung pada jenis hasilnya, link mungkin perlu di-scroll atau diluaskan hingga terlihat. 
  • Klik merujuk seberapa sering seseorang mengklik link dari Google ke situs Anda. 
  • Posisi (rata-rata) merujuk posisi peringkat relatif situs di Google, dengan 1 sebagai posisi teratas, 2 sebagai posisi berikutnya, dan seterusnya.
Statistik pengunjung blog via search console
Pendapatan yang belum stabil ini tentu akan meningkat seiring ketekunan dan konsistensi menulis artikel-artikel berkualitas. Merujuk penjabaran tufifudin "AdSense Indonesia mensyaratkan minimum penghasilan 1.300.000 baru kemudian saldo akan masuk ke rekening. Apabila blog telah mencapai 1000 view per hari, maka  akan menghasilkan 230.000. Sehingga, perlu waktu sekitar 6 bulan untuk saldo cair". Ia menganjurkan agar trafik blog terus terjaga dan mengusahakan terus meningkat.

Kesimpulan

Beberapa langkah perbaikan dapat dijalankan agar blog diterima oleh GA sehingga nantinya akan menghasilkan pendapatan tambahan. Beberapa pendapatan atau sumber penghasilan selain GA, seperti menjual jasa dan produk di blog, promosi di blog, mengikuti afiliasi, dan honor sebagai pembicara atau narasumber yang akan dibahas di dalam artikel terpisah dapat menjadi solusi dan alternatif yang dapat digunakan atau bahan dikombinasikan. 

Akhirnya, artikel ini masih banyak kekurangan sehingga perlu dibenahi dan dikembangkan sehingga bermanfaat dan menginspirasi pembaca. Kritik dan saran yang membangun tentu akan senang hati diterima penulis. Kesalahan atau kekurangan  dalam penulisan artikel ini, tentu saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Salah satu quote dalam artikel ini yang saya buat :

Menulis blog adalah salah satu cara agar penulis dapat terus eksis dan menginspirasi pembaca. - Pramudyo -

Referensi

Tufiddin.2020 "Berapa Pendapatan AdSense Blog 1000 View Per Hari?" dalam https://tufiddin.com/berapa-pendapatan-adsense-1000-view-per-hari/ diakses pada 6 Juli 2021 pukul 14.36 WIB

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.

4 komentar untuk "Hari ke-7 pendapatan adsense blogger tahun 2021"

  1. Salam kenal sesama blogger, kunjungi juga alamat website saya ya, https://mathematic.my.id

    BalasHapus
  2. bermanfaat @ relatif.id

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, saran, dan kritik membangun, silahkan tulis pada kolom komentar.
Jangan lupa kenalkan diri dulu, minimal nama dan asal daerah.

Salam Literasi