Khan Academy - Pusat sumber belajar gratis

khan academy -Kursus, pelajaran, dan latihan online gratis

Salman Amin Khan (Sal Khan) adalah seorang pendidik Amerika dan pendiri Khan Academy. Khan Academy dibuat pada tahun 2005, memiliki misi untuk memberikan pendidikan kelas dunia secara gratis kepada siapa pun, di mana saja. Awalnya  Khan Academy digunakan untuk membantu keponakannya, berkembang menjadi  platform pendidikan daring gratis dan organisasi yang telah menghasilkan lebih dari 6.500 pelajaran video yang mengajarkan spektrum mata pelajaran akademik yang luas. 

Khan Academy menawarkan soal-soal latihan, video instruksional, dan dashboard pembelajaran personal yang memungkinkan pelajar untuk belajar mandiri di dalam maupun di luar kelas. Khan Academy utamanya mengatasi persoalan mata pelajaran matematika, sains, pemrograman komputer, sejarah, sejarah seni, ekonomi, dan banyak lagi.

Khan academy juga menyediakan beberapa keunggulan, sebagai berikut:

  • Dasbor guru berisi rangkuman hasil kelas secara keseluruhan dan juga rincian profil siswa.
  • Kelas berskala global jutaan siswa dari seluruh dunia, masing-masing mempunyai cerita yang unik, belajar dengan caranya masing-masing di Khan Academy setiap hari. 
  • Sumber-sumber belajar diterjemahkan ke lebih dari 36 bahasa, selain bahasa Spanyol, Prancis, dan Portugis Brasil.
  • Semua orang bisa belajar apa saja secara gratis. 
  • khan academy bersifat nonprofit 
  • Tidak menampilkan iklan atau menawarkan langganan, mereka mendukung berbagai komunitas untuk berkontribusi individual 

ID Khan Academy (berbahasa Indonesia) mendukung pembelajaran matematika untuk kelas 1-6 SD. Media pembelajaranberupa video penjelasan materi  matematika. Lihat contoh gambar berikut:

unit menghitung khan academy

Contoh belajar menghitung benda 2, berisi pelajaran menghitung untuk SD kelas 1. 

Belajar menghitung di Khan Academy

Mengakses dan memanfaatkan Khan Academy, pengguna dapat mengunjungi tautan https://id.khanacademy.org/. Mendaftar, dapat dilakukan dengan memilih tab Daftar.

daftar di khan academy

Muncul tampilan daftar, pilih sesuai peran : Pelajar - Guru - Orang Tua. Contoh, disini saya memilih peran guru, gunakan pendaftaran via gmail, ataupun lainnya. 

Setelah terdaftar, maka akan diarahkan ke beranda. Terdapat beberapa pilihan menu seperti kelas, siswa dan sumber belajar. 

Beranda khan academy

Membuat kelas, pengguna jufa dapat membuat baru atau mengimpor kelas dari Google Classroom sebagai media pembelajaran daring.  

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Sedang belajar Ilmu Kearsipan di FIB UI (S2). Untuk keperluan narasumber silakan hubungi saya, saya akan berusaha menyanggupinya.