Cara optimasi blog agar SEO di mata Google

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode optimasi blog agar visible dan menempati peringkat teratas di Google. Agar visible (terlihat) dan mudah dicari oleh pengunjung, para blogger harus rutin melakukan optimasi blog

Ada dua cara dapat dilakukan untuk optimasi yaitu memperbaiki postingan agar SEO dan memakai tools SEO seperti webmaster dan smallseo tools. Tools SEO digunakan untuk memberi nilai dan rekomendasi apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. 

Beberapa tools SEO biasanya menyarankan beberapa perbaikan seperti: 

  1. Judul (Pendek atau Panjang)
  2. Kata kunci (Tidak ada kata kunci di awal paragraf)
  3. Deskripsi (No meta description)
  4. Konten (Jumlah kata < 700 kata, tidak ada caption gambar, internal link dan eksternal)
  5. URL (Broken link (404), Typo URL, no index, belum ada sitemap situs)

Agar lebih memahami cara optimasi SEO blog lihat infografis dan simak ulasan lengkap di bawah ini: 

infografis Cara Optimasi Blog agar SEO

Cara perbaiki blog agar SEO

1. Judul 

Perbaiki judul yang tidak mengandung kata kunci dan gunakan judul long tail keyword agar dapat bersaing dengan kompetitor. Judul harus mengandung kata kunci (keyword) yang memiliki volume pencarian minimal 1k dan bernilai Adsense rupiah. Ketikan "allintitle: judul postingan" di pencarian Google dan pastikan < 63 hasil dengan judul yang sama. 

2. Kata kunci

Berikan kata kunci (keyword) disetiap postingan blog: judul, deskripsi, awal paragraf konten, heading 1 2 3, gambar dan URL. Perhatikan density (kepadatan) keyword. Kombinasikan keyword dengan sinonim, pastikan tidak melakukan keyword stuffing - banyak keyword pada artikel blog justru tidak baik pada SEO. Intensitas keyword yang disarankan tidak lebih dari 10% dari jumlah kata dalam artikel (Jumlah kata x 10%).

Gunakan keyword primer, keyword sekunder, dan keyword tersier untuk kerangka postingan blog. Contohnya sebagai berikut: 

  • Keyword Top level: Laptop   
  • Keyword Level 1: Cas laptop, Baterai laptop
  • Keyword Level 2: Cara perbaiki cas laptop, Menganti baterai laptop

3. Deskripsi

Deskripsi penelusuran belum diberikan sehingga menyebabkan deskripsi teks judul artikel saat ditemukan tidak beraturan dan kurang mendukung SEO. Deskripsi penelusuran dapat diberikan pada kolom Deskripsi penelusuran saat menulis artikel blogger maksimal 150 kata. 

Masukan kata kunci pada deskripsi penelusuran, perbaiki masalah ini satu persatu. Apabila deskripsi tidak muncul, buka Setelan blogger > Tag meta > Aktifkan deskripsi penelusuran (lihat gambar). 

Tag meta aktifkan deskripsi penelusuran blogger

4. Konten

Tambakan beberapa paragraf untuk tiap konten yang memiliki jumlah kata kurang dari 700 kata. Apabila kurang dari 700 kata, akan sulit untuk menembus page one Google. Gunakan word untuk menghitung jumlah kata sebelum di upload blog. 

Pastikan tiap upload gambar diberikan caption, alt teks judul dan deskripsi untuk mempermudah penelusuran Google Gambar. Tambahkan caption yang mengandung kata kunci di tiap gambar. Gunakan resolusi maksimal yang disarankan seperti ukuran 800px X 450px, kompres setiap gambar agar size kecil untuk mempercepat loading blog. 

Pastikan menambahkan konten terkait atau internal-eksternal link pada tiap konten. Tambahkan 2 internal link yang mengarah pada topik terkait, 4 eksternal link menuju blog edu atau kredibel untuk referensi menulis. Tambahkan link do follow/nofollow apabila sesuai dengan konten. Tambahan konten terkait dapat membuat pembaca berlama-lama di blog, sehingga mendatangkan klik iklan. 

5. URL

Pastikan sebelum menerbitkan artikel, periksa URL (permalink) blog. Apabila ada teks terpotong, segera perbaiki dengan cara edit manual. Apabila sudah terlanjur, maka URL tidak bagus akan menurunkan skor SEO. Apabila trafiknya ke postingan sedikit, ganti URL bermasalah tersebut sesuai anjuran yang benar. 

Tools SEO untuk menilai blog

Ada banyak tools gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengecek kesehatan situs dan mengecek SEO blog. Ada tools checker gratis (Google Search Console, Google analytic dan Bing Webmaster) seta berbayar (MOZ, Ubbersuggest, dan Ahref). Ada pula beberapa website yang menawarkan cek skor situs berdasarkan aspek tertentu smallseocheker. 

Simak ulasan lengkap rekomendasi tools SEO untuk menilai blog secara gratis yang dapat kamu gunakan: 

1. Google webmaster

Dikenal juga dengan Google Search Console berfungsi untuk melihat performa blog, jumlah kunjungan, URL yang diindeks (terlihat di hasil pencarian Google), menghapus URL yang rusak, melihat backlink dari website lain yang mengarah ke situs kita dan melihat cakupan error yang terdapat di blog (Lihat gambar). Pastikan kamu telah menyambungkan Search console dengan blog yang kamu buat, tambahkan peta situs (sitemap). 

Google Search Console untuk cek seoGoogle webmaster untuk cek seo

2. Google analytic

Digunakan untuk melihat aktivitas pengunjung di website kita, seperti sumber trafik, jumlah pengunjung aktif (online), rata-rata durasi membaca artikel, perilaku pengguna, dan demografi pengguna (perangkat yang digunakan, web browser yang dipakai, jenis kelamin, usia, dll). Gunakan analytic untuk melihat seberapa betah pengunjung berlama-lama di website yang kamu buat. Pastikan kamu telah menautkan website ke analytic agar dapat memperoleh insight bermanfaat. 

Google analytic untuk cek SEO

3. Bing webmaster

Paling bermanfaat untuk mengecek SEO blogmu. Caranya pilih menu Site Scan > Start new scan. Tunggu hasilnya, lalu cek di SEO Report. Beberapa rekomendasi aspek yang dinilai Bing webmaster sebagai berikut: 

  • Blocked by robots.txt : Gunakan robots.txt yang seo friendly
  • Meta Description tag missing : Solusinya tambahkan meta deskripsi pada tiap postingan 
  • Html size is too long: Solusinya kurangi size gambar
  • Title too long: Solusinya perpendek judul postingan
  • Alt attribute for images is missing : tambahkan alt gambar dengan kata kunci dan caption (lihat gambar)
Bing webmaster untuk cek SEO

4. MOZ

Digunakan untuk mengecek Nilai Domain authority (DA) dan Page Authority (PA) blog. Semakin tinggi, bagus dimata pencarian Google menurut MOZ. MOZ dapat kamu gunakan untuk memantau jumlah backlink domain utama atau postingan blog supaya cepat terindeks (lihat gambar). Kamu harus rajin melakukan membuat backlink untuk menaikkan DA PA Blog.

CEK backlink dengan MOZ

5. Small seo tools 

Memili beragam pilihan tools untuk mengecek SEO seperti skor seo, kecepatan blog, jumlah pengunjung, ranking website, backlink, broken link, keyword, plagiasi, convert gambar, dll. Menggunakan smallseotools secara gratis, kamu akan mendapatkan banyak manfaat secara terbatas. Cek skor blog mu sesuai keperluan, dan perbaiki agar skornya meningkat (lihat gambar).

smallseotools untuk cek skor SEO

Penutup

Melakukan optimasi blog agar SEO membutuhkan waktu dan tenaga, sehingga dapat dilakukan secara bertahap. Gunakan optimasi pada tiap konten dan lakukan pengecekan SEO secara berkala (tiap minggu, 1 bulan, 2 bulan dst.). Apabila dirasa skor SEO cukup bagus, sering perbanyak konten yang berkualitas, hal ini juga berpengaruh pada skor SEO blog mu. Mari tingkatkan literasi blog!

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Post a Comment for "Cara optimasi blog agar SEO di mata Google"