Menanam Backlink untuk meningkatkan Domain Authority DA

Visibilitas konten blog menjadi salah satu kunci agar trafik dan konten yang dimiliki blog kita dapat dikunjungi dan menjangkau seluruh pembaca. Sebagus apapun konten yang dibuat, apabila blog belum visible di mesin pencari (Google) akan mubadzir.  Agar cepat terlihat oleh Google, blog kita harus memiliki Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tinggi dengan memerhatikan aspek SEO. SEO adalah sistem penilaian google untuk kualitas blog dan konten, semakin bagus skor SEO semakin visible dan mudah dicari oleh Google. 

Agar lebih visible di mata pencarian Google, maka kita dapat lakukan beberapa langkah optimasi blog agar SEO yaitu "Menanam Backlink untuk meningkatkan Domain Authority". Semakin banyak backlink (ekternal-dofollow/nofollow) yang mengarah ke blog kita, secara otomatis akan meningkatkan DA dan PA. DA dan PA blog paling bermanfaat untuk memunculkan artikel dan postingan blog di page one atau halaman hasil pencarian awal Google dan sumber pendapatan (rupiah) dari jasa backlink yang kita tawarkan. 

Bagaimana menanam backlink di blog supaya DA dan PA tinggi? Lihat ringkasan pada infografis dan ulasan lengkap di bawah ini:

infografis cara meningkatkan domain authority

Pentingnya Backlink dan Domain authority

Jika kamu baru membuat blog dan menggunakan domain baru maka DA PA nya belum terbentuk. DA PA adalah sistem penilaian web untuk mengukur kualitas blog yang dikembangkan oleh MOZ, digunakan pula Ahref dan ubbersuggest. Moz merupakan tools untuk mengukur nilai DA PA. Nilai berkisar antara 0-100. Semakin besar, lebih bagus. Jika kamu cek, beberapa situs pendidikan (edu/ac.id), pemerintah (gov), dan berita biasanya memiliki DA PA tinggi. Blog ub ini memiliki DA 67 dan PA 36, cukup bagus dan dikategorikan sebagai blog edu. Semakin bagus DA PA, akan mendukung postingan yang kita upload di blog menjadi page one. 

Contohnya ketika upload dua konten serupa yaitu cara membuat daftar isi A dan cara membuat daftar isi B yang di upload di dua blog berbeda. Konten A lebih banyak pembaca dan memiliki ranking di google lebih baik ketimbang B. Dua faktor yang terlihat karena Blog A memiliki DA 11 dan PA 22 dengan kunjungan 1.000/hari, sedangkan Blog B memiliki DA 6 dan PA 9  dengan kunjungan 10/hari. 

Bandingkan ketika upload di Quora, Kompasiana, Kaskus dan blog sendiri. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing. Saya upload untuk membandingkan 3 konten yang sama yaitu rekomendasi ebook untuk anak di 3 situs pilihan dan blog saya. Hasilnya sebagai berikut:

  1. Kompasiana: Artikel saya mendapatkan 157 kunjungan selama 1 bulan dengan DA PA 83 39
  2. Quora: Artikel saya mendapatkan1.100 kunjungan selama 1 bulan dengan  DA PA 93 43
  3. Kaskus: Artikel saya mendapatkan 511 kunjungan selama 1 bulan dengan  DA PA 77 37
  4. Blog ini: Artikel saya mendapatkan 120 kunjungan selama 4 bulan dengan DA PA 11 22

Meskipun hasil tersebut tidak mencerminkan manfaat DA PA blog berpengaruh terhadap page one dan trafik postingan, maka kiranya kita dapat disimpulkan:

  1. Apabila kamu ingin artikelmu lebih visible kamu bisa cari komunitas pembaca dan platform menulis yang tinggal pakai seperti kompasiana, kaskus, atau quora dengan memerhatika DA PA blog.
  2. Apabila kamu butuh mengembangkan DA PA blog mu, maka ketiga situs tersebut dapat menjadi sumber backlink. 

Cara menanam backlink agar DA dan PA blog meningkat

Cara menaikan domain authority sebenarnya sudah banyak dibahas oleh Pegiat SEO. Menurut pemahaman saya, mereka (tapi tidak semua) menyarankan untuk menanam backlink di situs web 2.0, media sosial, blog walking, web profile, dll. Kamu harus menanam banyak backlink menuju situs web mu karena ketika ingin memanen hasilnya maka kamu dapat peroleh dua hal yaitu DA PA tinggi dan rupiah dari jasa backlink. 

Tidak semua backlink yang kamu tanam menghasilkan DA PA, sebagian pasti ada yang gagal panen (rusak/tidak terindeks google). Berikut lahan sawah yang dapat kamu tanam backlink secara gratis: 

1. Share artikel blog di Web 2.0 

Web 2.0 dipahami sebagai situs untuk menulis artikel, yang biasanya dipakai sebagai web utama ataupun dummy. Aktivitas menanam backlink di web 2.0 biasanya disebut eksternal link. Apabila web eksternal kita terindeks di google dan mengarahkan ke blog kita, kita dapat backlink dan 1 poin untuk DA PA. Backlink ini serupa dengan kita mengutip artikel jurnal dan mencatumkan di daftar pustaka. Apabila saya mengutip penulis A, maka secara otomatis penulis A mendapatkan manfaat seperti tulisannya banyak dikutip, banyak dibaca dan dihargai di dunia akademis. Perlakuan mengutip ini sama di blog, dihargai oleh MOZ (bukan Google) dan tools DA PA lainnya seperti Ahref dan ubbersuggest. 

Selain mendapatkan backlink, cara share artikel ini dapat meningkatkan trafik blogger. Beberapa eksperimen yang saya jalankan seperti share konten di Quora dengan membuat space ruang Ebookgratis.quora.com. Web ini berisi artikel blog yang berisi label panduan praktis, sehingga di upload ulang ke Quora. Selama 1 bulan, saya telah mendapatkan 1.1k pengikut, hasilnya sehari blog saya bisa mendapatkan kunjungan 5-15 pengunjung dari internal link Quora. Tips mendapatkan trafiknya adalah selalu update artikel. 

Berikut daftar situs backlink Web 2.0 yang dapat kamu manfaatkan. Kamu juga bisa manfaatkan situs edu yang kamu peroleh ketika menjadi mahasiswa menjadi backlink. 

  1. https://livejournal.com/
  2. https://mystrikingly.com/
  3. https://www.hipwee.com/
  4. https://quora.com/
  5. https://www.kompasiana.com/
  6. https://www.kaskus.co.id/
  7. https://www.wattpad.com/
  8. https://www.qureta.com/
  9. https://www.idntimes.com/

2. Berkomentar di blogger lain (blogwalking)

Meskipun cara ini sudah agak ditinggalkan, mengomentari dan memberikan apresiasi di blog orang lain yang serumpun dengan blog kita akan dihargai oleh MOZ. Komentar yang terindeks akan menjadi backlink ke website kita. Cara berkomentar untuk mendapatkan backlink antara lain:

Menggunakan 2 model Tier 1, Tier 2, dan Tier 3. Langkahnya kamu singkat domain utama di bit.ly (situs perpendek URL lainnya s.id). Replace sesuai alamat bit.ly dan taruh komentar di situs dengan DA PA blog bagus. 

<a href=" https://bit.ly/3qK1geT"> Visit my blog at masgani </a>

Ganti teks warna merah dengan short url kamu, dan Ganti teks warna biru dengan pesan teks

Membuat internal link domain utama di komentar. Caranya cukup mudah, kamu tingalkan komentar di postingan situs. Pastikan kamu mengisi alamat situs web utama di kolom komentar blog (lihat gambar). 

backlink melalui komentar blog

Berikut daftar situs untuk memperoleh backlink dari komentar blog: 

  1. https://wordpress.oise.utoronto.ca/arc/ar-clycle/#comment-143191
  2. https://cunymathblog.commons.gc.cuny.edu/2012/09/20/polls-observational-studies-and-the-meaning-of-random/  
  3. http://formulaelectric.sko.its.ac.id/blog/wp/2021/08/20/cara-membaca-hasil-cek-turnitin/
  4. http://insurance.kangyusufmn.com/2019/05/cara-mudah-meningkatkan-rpm-adsense.html
  5. https://www.bly.com/blog/general/whats-your-addiction/
  6. https://www.bly.com/blog/success/dream-big-start-small
  7. https://www.lutfin.com/2019/05/membuat-widget-recent-post-responsive-pada-blog.html
  8. http://www.gurumaju.com/2018/07/contoh-proposal-hut-ri.html
  9. https://wordpress.oise.utoronto.ca/arc/ar-clycle/#comment-143191
  10. http://getstartedtodayonline.dreamhosters.com/tell-me-why-i-love-sundays-its-not-what-you-think/#add-comment
  11. https://greatnesia.id/menikmati-keberagaman-tempat-wisata-di-kediri/
  12. https://www.finansialku.com/cara-mengatur-keuangan-mahasiswa-belum-punya-penghasilan-tetap-dan-masih-bergantung-pada-orang-tua/
  13. https://www.cilyainwonderland.id/2010/04/charlies-angels-style-fashion.html?showComment=1636890278157#c3737882535763356313
  14. https://pojokmungil.com/serunya-4-wahana-di-seaworld-ancol/  
  15. https://www.garuda.website/backlink/backlink-pbn/#comment-613 
  16. https://comment.blogcms.jp/livedoor/nwknews/5159108/post
  17. http://sheffield2013.blogs.latrobe.edu.au/2013/06/the-study-tour-has-been-great.html

Adapun tips yang saya berikan ketika melakukan aktivitas blogwalking berkomentar yaitu:
  1. Pastikan DA PA blog lebih tinggi dari yang kita miliki
  2. Menimalisir komentar di blog yang memiliki spam skor tinggi
  3. Jangan membuat spam di komentar, membuat komentar terlalu banyak
  4. Pastikan komen di website yang memiliki tema dan topik sama dengan blog yang kita miliki

3. Membuat web profile 

Website profile blogger dapat kamu manfaatkan sebagai media backlink berkualitas. Kamu hanya perlu mendaftar dan mengisi biografi singkat yang berisi link website mu. Ada banyak sekali web profil yang memiliki DA PA tinggi. Namun beberapa diantaranya sulit diindeks, diindeks di search console namun tidak berpengaruh pada DA PA.

Berikut daftar situs web profile yang dapat kamu manfaatkan dan terbukti cepat terindeks dan menambah poin DA PA di MOZ, kurun waktu 1-2bulan:

  • https://www.mysciencework.com/ (DA 55)
  • https://artistecard.com/ (DA 56)
  • https://www.mycustomer.com/ (DA 64)
Beberapa web profile lainnya untuk backlink sebagai berikut:

  1. https://www.blogger.com/profile/
  2. https://linktr.ee/ (Indeks search console)
  3. https://orcid.org/ (Indeks search console)
  4. https://dribbble.com (Indeks search console)
  5. https://www.linkedin.com/
  6. https://sites.google.com/
  7. https://github.com/
  8. https://issuu.com/
  9. https://myspace.com/
  10. https://medium.com/
  11. https://www.slideshare.net/
  12. https://en.gravatar.com/
  13. https://id.pinterest.com/
  14. https://www.scribd.com/
  15. https://archive.org/
  16. https://disqus.com/
  17. https://www.quora.com/
  18. https://soundcloud.com/
  19. https://ui-ac.academia.edu/
  20. https://www.goodreads.com/ 
  21. https://about.me/
  22. https://dribbble.com/
  23. https://www.behance.net/
  24. https://trello.com/
  25. https://www.wattpad.com/
  26. https://scholar.google.co.id/
  27. https://www.flickr.com/
  28. https://hub.docker.com/
  29. https://ask.fm/
  30. https://anchor.fm/
  31. https://www.zotero.org/
  32. https://dev.to/
  33. https://www.semanticscholar.org/
  34. https://cults3d.com/ 
  35. https://zenodo.org/
  36. https://tawk.to/
  37. http://www.heromachine.com/
  38. https://www.goodfirms.co/ 
  39. https://mstdn.social/ 
  40. https://support.themecatcher.net/
  41. https://trakteer.id/
  42. https://sociabuzz.com/
  43. https://www.indiegogo.com/
  44. https://www.dmca.com/

4. Upload artikel di repositori

Kamu dapat manfaatkan situs upload dokumen (PDF) gratis dan menambahkan tautan menuju websitemu. Ubah artikel ke bentuk PDF, lalu upload ke repositori. Cara ini terbilang sederhana, kamu dapat memanfaatkan beberapa situs repositori berikut secara gratis:
  1. Zenodo 
  2. Academia 
  3. Slideshare 
  4. Researchgate
  5. Isuu

5. Submit URL di Seo Checker

Kamu dapat manfaatkan tools checker seo sehingga mendapatkan backlink dari situs tersebut. Ada beberapa situs yang dapat kamu manfaatkan sebagai berikut:
  1. http://alestat.com/
  2. https://checkhostname.com/
  3. https://www.keyworddifficultycheck.com/
  4. https://www.sitelinks.info/
  5. https://www.siteprice.org/
  6. https://seositecheckup.com/
  7. https://www.siteprice.org/
  8. https://www.sitelinks.info/

Memanen backlink blog

Biasanya menanam dan merawat backlink melalui web 2.0, media sosial, komentar, dan profil membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Setelah satu bulan, kita dapat panen berupa adanya penambahan skor DA PA di MOZ dapat meningkat. 

Agar backlink dapat kita panen, maka kita perlu melakukan crawl dan indexing ataupun dengan melakukan ping agar cepat terindeks. 

Merawat backlink dengan pingfarm dan pingler. Caranya kunjungi situs pingler.com, isikan kategori dan tautan backlink dari web, profil yang kamu buat klik ping! (Lihat gambar). Kamu juga bisa menggunakan pingfarm, copy paste 10 URL lalu ping. 

Merawat backlink dengan pingler

Update peta situs di search console. Kunjungi tautan, pilih Situs tertaut teratas. Disini kamu bisa cek backlink yang sudah terindeks oleh Google yang mengarah ke situs yang kamu miliki. 

Update backlink di search console

Mengecek melalui ekstensi web browser DA PA trial seperti ubbersuggest, dan MOZ. Perhatikan kotak DA PA pada hasil pencarian.

cek DA PA MOZ

Jual backlink

Setelah DA PA blog meningkat, kamu bisa juga buka jasa backlink (jual backlink) berkualitas. Kamu bisa buka harga sesuai pasaran. Biasanya, kamu hanya perlu menambahkan tautan Dofollow yang mengarah ke situs pelangganmu. Artikelnya bisa pakai yang lama, atau membuat baru sesuai Niche, atau topik website pelanggan. 

Saya pernah diajak kerjasama terkait backlink di tautan artikel yang pernah saya buat, yang dihargai 75ribu. Namun, karena saya masih ragu-ragu belum saya lanjutkan. Waktu itu DA PA blog ini masih  9 20. 

Jika kita cari tau, harga jasa backlink sangat beragam, mulai dari 500ribu. Adapun manfaat yang dapat kita peroleh utamanya adalah trafik berlimpah dari situs yang menyediakan backlink, dan pastinya poin DA PA meningkat.

BONUS Backlink redirect Google DA PA 

Selain cara menaikan da pa di atas, kamu juga bisa lakukan backlink melalui redirect Google. Ganti alamat url di bawah ini dengan blog kamu, lalu publikasikan di situs komentar. Pastikan kamu ping dan share konten tersebut agar cepat terindeks dan menambahkan poin DA PA MOZ. 

Berikut daftar URL redirect google untuk menaikan DA PA:

  1. https://cse.google.ac/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  2. https://cse.google.ad/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  3. https://cse.google.ae/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  4. https://cse.google.al/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  5. https://cse.google.am/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id/
  6. https://cse.google.as/url?q=https%3A%2F%2Fganipramudyo.web.id

Selengkapnya terkait daftar URL redirect google untuk menaikan DA PA: klik disini

Beli backlink untuk menaikan DA PA

Kamu bisa manfaatkan beli backlink untuk menaikan DA PA secara instan. Ada banya penyedia backlink yang dapat kamu manfaatkan seperti Rajabacklink. Caranya kamu tinggal buka tautan rajabacklink. Daftar diri lalu pada menu beli backlink, cari niche blog dan DA PA sesuai kebutuhan mu. 

Contoh beli backlink
Contoh beli backlink

RajaBackLink.com

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner.

2 comments for "Menanam Backlink untuk meningkatkan Domain Authority DA"

  1. apakah aman memanfaatkan rederick domain untuk menaikan da pa ? karna beberapa kasus berdampak negatif yaitu turunya rank di mesin pencari

    ReplyDelete

Jika ada pertanyaan, saran, dan kritik membangun, silahkan tulis pada kolom komentar.
Jangan lupa kenalkan diri dulu, minimal nama dan asal daerah.

Salam Literasi