Peralatan usaha steam cuci motor: Jangan salah beli!

Apakah kamu tertarik membuka bisnis doorsmeer "Cuci motor"? Jika Ya, maka artikel ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai peralatan apa saja yang digunakan untuk usaha cuci motor bagi para pemula, termasuk bahan, tempat usaha, hingga perhitungan modal usahanya.

Cuci motor merupakan usaha populer yang ditiap daerah pasti ada karena membutuhkan "modal yang tidak terlalu banyak" dan keahlian yang dapat dipelajari secara mandiri. Tarif cuci motor berbeda tiap daerah, ada menawarkan dengan tarif 8.000/cuci motor, 10.000, 12.000 dan sesuai kebutuhan pengusaha. Tarif yang ditawarkan sudah include cuci motor, semir ban, dan silikon body. Bahkan terkadang sudah menggunakan hidrolik motor, namun tidak banyak. 

Nah, bagi kamu para pembaca tertarik memulai dan mengembangkan usaha cuci motor! Simak peralatan dan bahan yang diperlukan, sebagai berikut: 

  1. Mesin steam
  2. Kompresor angin
  3. Tabung snow
  4. Alat pendukung
  5. Bahan cuci motor
  6. Tempat usaha
  7. Rekomendasi paket alat cuci motor komplit

Cuci motor annur

Peralatan cuci motor

1. Mesin steam 

Mesin steam untuk usaha cuci motor biasanya menggunakan mesin steam dan mesin penggerak, atau bisa juga menggunakan mesin steam portable. 

Mesin steam penggerak disel

Mesin steam dengan penggerak terdiri dari mesin steam dengan daya semprot paling umum 20bar untuk cuci motor, dan 30bar untuk cuci mobil. Sementara mesin penggerak steam biasanya menggunakan disel dengan 5,5-6,5 hp (house power). Perawatan mesin steam dan disel yaitu rutin mengganti oli, tergantung pemakaian karena oli sangat awet. Selain itu cuci sering mengecek stempet pada mesin steam. 

Ada berbagai merk mesin steam dan penggerak yang populer, berkualitas, awet dan banyak dipakai oleh pengusaha cuci motor. Biasanya mereka menggunakan mesin steam Sanchin sn-20 atau sanchin 30, dan mesin penggerak Honda 5,5 hp. Kamu tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan mesin steam dan penggerak merk apa saja sesuai kemampuan modal yang kamu miliki dengan spesifikasi minimal mesin steam 20bar dan mesin penggerak 5,5 hp lengkap dengan dudukan, selang semprot, dan stick gun sesuai kebutuha (Biasanya sudah include semua dalam pembelian mesin steam). 

Mesin steam dengan penggerak disel

Mesin steam penggerak dinamo

Mesin steam cuci motor juga dapat menggunakan mesin penggerak dinamo listrik dengan 1 phase atau lebih, dengan daya 750watt. Kelebihan menggunakan dinamo dibanding disel yaitu lebih mudah dalam pengoperasian, dan perawatan mesin. Namun juga memiliki kekurangan jika listrik mati tidak dapat beroperasi. 

Ada berbagai merk dan tipe untuk mesin dinamo, pastikan tenaga dan putaran sesuai dengan mesin steam yang kamu gunakan agar tidak merusak dinamo, atau memberatkan kinerja dinamo. 

Mesin steam dengan penggerak dinamo listrik

Mesin steam portabel dan model lain

Ada beragam jenis mesin steam yang dapat digunakan untuk kebutuhan usaha cuci motor. Beberapa diantaranya yaitu mesin steam portabel menggunakan listrik dengan harga terjangkau. Selain itu, terdapat pula mesin steam 3 in 1, mesin steam, kompresor, dan tabung salju yang menjadi satu. 

Pembelian mesin steam sesuai kebutuhan dan modal yang kamu miliki, jadi pertimbangkan kelebihan dan kekurangan mesin untuk pemakaian jangka panjang. 

Perlengkapan mesin steam

Pastikan membeli selang steam (biasanya 20m) dengan kualitas medium agar tidak mudah pecah saat menyemprotkan air. Pastikan menggunakan stick gun steam sesuai kebutuhan. Beli 2 pasang agar dapat digunakan sebagai cadangan. 

2. Kompresor angin

Kompresor angin digunakan untuk mengisi dan memberi tekanan angin pada tabung Snow (salju). Selain itu, kompresor angin juga dapat digunakan untuk mengeringkan air disela-sela motor, mengisi angin ban, dan menyemprotkan silikon ke body motor. 

Ada dua jenis kompresor angin yaitu kompresor dengan penggerak disen dan dinamo listrik. Kompresor dinamo listrik sangat memudahkan karena dapat mati otomatis apabila tabung angin sudah terisi penuh. 


Adapun perlengkapan kompresor angin biasanya seperti selang angin (pastikan membeli quick coupler agar mudah memasang selang), air duster (semprot angin), dan cop pompa angin (mengisi ban motor).

3. Tabung Snow

Peralatan paling penting lainnya untuk usaha steam motor yaitu tabung snow. Tabung snow (salju) digunakan untuk menyemprotkan sabun agar terlihat seperti foam salju. Kelebihan menggunakan tabung snow yaitu dapat menghemat sabun cuci motor. Ada 2 alat yang populer digunakan yaitu tabung snow dengan bahan stainless, dan bahan besi. Tabung snow bahan stainlees (terbaru) lebih banyak memiliki keunggulan seperti terdapat indikator sabun penuh, ada pembuangan sabun di bawah. 

Kamu juga wajib memiliki kompresor angin untuk mengisi tekanan angin tabung. Pastikan kamu mengisi angin sesuai petunjuk penggunaan tabung snow. Pilih tabung snow yang sudah memiliki standar SNI. Pembelian tabung snow biasanya sudah dilengkapi dengan selang salju dan gun semprot salju. Copot gun semprot salju agar tidak boros sabun ya!. 

Peralatan cuci motor lainnya

Selain 3 alat utama cuci motor seperti mesin steam, kompresor, dan tabung snow kamu juga perlu peralatan pendukung. Adapun peratalan pendukung cuci motor sebagai berikut:

  1. Gentong air (2 buah) berukuran 150 liter untuk menyimpan air dan mengambil air. Instalasi mesin steam membutuhkan tong air
  2. Timba air (2 buah) berukuran 15liter untuk wadah sabun, dan air bersih untuk kanebo, 
  3. Spon cuci motor (175x105x50mm) untuk membersihkan motor
  4. Sikat cuci (kayu) (10.8 x 4.3cm) untuk menyikat ban motor
  5. Kanebo (2 buah) untuk mengeringkan body motor
  6. Kain mikro fiber (3 buah) untuk mengeringkan body motor setelah diberi silikon 

Bahan cuci motor

Jika kamu sudah memiliki peralatan yang mencukupi seperti yang disebutkan di atas, kamu tinggal membeli bahan cuci motor habis pakai seperti sampo cuci motor, silikon body, dan semir ban. Biasanya sampo motor dijual literan atau ada juga yang bermerk. Pilih sabun dan silikon agar hasil maksimal. 

Pastikan memerhatikan kebutuhan mesin seperti oli, bensin, dan stempet agar mesin tetap awet. Servis berkala mesin. 

Tempat usaha cuci motor

Perhatikan lokasi usaha cuci steam, biasanya paling ramai yaitu pinggir jalan. Namun, kamu tentu harus memikirkan biaya sewa, listrik dan air. Kamu juga bisa manfaatkan lahan dirumah mu untuk membuka usaha cuci steam motor. 

Cuci motor tidak memerlukan tempat yang luas, setidaknya 2 motor muat, dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman. 

Contoh tempat usaha cuci motor

Rekomendasi

Membeli alat cuci motor secara terpisah-pisah memiliki kelebihan, bisa mencicil dan memilih barang dengan merk sesuai kebutuhan. Jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa membeli paket alat dan bahan cuci motor. Paket usaha cuci motor sudah termasuk mesin steam, kompresor angin, tabung salju, sabun, silikon, dll. 

Berikut rekomendasi paket usaha cuci motor yang dapat kamu pilih dan beli sesuai kebutuhanmu:

1.Paket Mesin Steam Salju seharga Rp4.800.000. Dapatkan sekarang juga di Shopee! 

Paket usaha cuci motor termurah hanya 4jutaan

Beli sekarang 

2. Mesin steam paket komplit salju seharga Rp5.600.000. Beli sekarang juga di Shopee!

Rekomendasi paket usaha steam lengkap siap pakai

Beli sekarang

Apakah kamu sekarang sudah berminat membuka usaha cuci motor sendiri di tahun 2022?

Gani Nur Pramudyo
Gani Nur Pramudyo Halo saya Gani! Saya blogger yang menginspirasi melalui tulisan, peneliti metadata, dan long-life learner. Keperluan narasumber, silakan hubungi saya.

Post a Comment for "Peralatan usaha steam cuci motor: Jangan salah beli!"